Cara Meningkatkan Engagement Instagram – Salah satu metrik penting penanda keberhasilan Instagram Marketing adalah engagement rate yang meningkat. Ya, dilansir dari Oberlo, engagement rate adalah metrik dasar yang digunakan dalam dunia marketing untuk mengukur seberapa besar reaksi audiens.
Jika kita coba mengaitkannya dengan Instagram, maka engagement rate adalah metrik yang berguna untuk mengukur seberapa besar reaksi pengguna Instagram pada distribusi content marketing Anda. Engagement rate sendiri dapat terlihat dengan jelas melalui jumlah likes, comment, shares, views, saved dan juga repost.
Lalu bagaimana caranya agar instagram marketing yang Anda jalankan mendapatkan peningkatan engagement rate?. Di sini MinTiv akan memberikan Anda 10 cara agar Anda dapat meningkatkan engagement rate dengan mudah. Jadi simak baik-baik artikel ini sampai habis ya!.
Cara Meningkatkan Engagement Instagram
1. Desain Konten Menarik
Yang pertama adalah dengan memberikan desain konten yang menarik. Ya, karena Instagram adalah sosial media yang mengandalkan feed untuk berbagi foto atau gambar, maka tidak mungkin Anda bisa mengabaikan poin penting ini. Anda butuh pemahaman yang kuat terdapat desain konten yang proporsional, mengandung emosi di dalamnya, dan juga mengajak audiens untuk memberikan reaksi mereka (CTA).
Bukan hanya soal pemilihan warna dan juga layouting, teks juga sama pentingnya. Umumnya mereka yang mendapatkan engagement rate tinggi hasil dari post konten berbentuk gambar desain, disebabkan karena adanya teks yang menarik. Bahkan beberapa akun Instagram benar-benar hanya mengandalkan teks untuk konten mereka.
Contoh seperti gambar di atas. Meskipun dominan teks, tetapi efek emosi yang dibawa dari teks tersebut berhasil memancing audiens untuk memberikan komentar.
2. Memaksimalkan Reels
Ya, Instagram yang sekarang bukanlah Instagram yang dulu. Sekarang, Anda bisa lebih mudah mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas menggunakan Reels. Adapun fitur Reels dari Instagram ini sendiri ditujukan untuk meramaikan persaingan video marketing antar sosial media, terutama dengan rivalnya yakni TikTok.
Baca Juga: 5 Aplikasi Terbaik untuk Video Editing Reels dan TikTok
Bila Anda menganggap bahwa video marketing adalah sesuatu yang rumit, dan butuh waktu yang lama, maka Anda pasti belum mengenal aplikasi CapCut. Dengan CapCut, Anda bisa sepuasnya mengedit video marketing Anda dengan efek-efek yang sebelumnya hanya bisa diakses dari aplikasi video editing versi desktop. Di sana Anda juga bisa menemukan berbagai template video siap pakai.
Beberapa kreator konten bahkan hanya menggunakan konten berjenis video untuk instagram marketing mereka, contohnya seperti gambar di atas.
3. Share Post di Story
View this post on Instagram
A post shared by Daniela • IG Strategy & Social Media Marketing (@elasmarketingservices)
Ketiga adalah dengan share post di story. Hal ini penting agar akun bisnis Anda selalu terlihat aktif. Adanya banyak fitur, emoji, yang ada di story Instagram jelas akan memudahkan Anda untuk berkreasi sebebas mungkin. Bahkan tak jarang, banyak konversi terjadi dari story Instagram yang didesain khusus.
4. Menggunakan Fitur Terbaru Instagram
Seperti yang kita ketahui bersama, Instagram di awal-awal November 2022 kemarin, sempat down. Hal ini MinTiv rasa wajar, karena dalam 6 bulan terakhir, Instagram selalu memberikan perubahan di banyak fitur mereka. Mulai dari menambahkan fitur Add Topics, fitur Add Music untuk Posts, fitur remix, fitur Avatar, dan lain-lain.
Terbaru, mereka bahkan akan menyiapkan fitur grid profile yang bisa dipindah sesuka hati, creator marketplace, dan Reels IG monetization yang sudah diuji coba di Amerika. Ikut memeriahkan akun dengan menggunakan berbagai fitur terbaru dari Instagram tentunya akan memudahkan akun Anda ditemukan oleh audiens market.
5. Melakukan Interaksi dengan Audiens
Berikutnya adalah dengan melakukan interaksi dengan audiens. Interaksi balik ini bisa Anda lakukan seperti melakukan repost konten dari akun yang merepost konten Anda di story. Membalas komentar di kolom komentar postingan Anda dan lain-lain.
6. Paid Promote
Berikutnya, berkaitan dengan dana.
Anda mungkin sudah berpikir untuk menggunakan langsung Jasa Influencer, tapi sebelum itu Anda bisa menggunakan opsi paid promote.
Paid promote sendiri berbeda dengan influencer marketing. Perbedaanya terletak pada siapa yang mengelola akun tersebut, harga yang diberikan, prosedur kerja yang tidak ribet.
Akun yang menawarkan jasa paid promote, umumnya bukanlah influencer ternama dan juga berjenis akun informasi/dagelan/hiburan artis. Harga yang ditawarkan pun juga lebih murah, dengan prosedur yang mudah, di mana Anda hanya perlu share foto dan teks yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
7. Promosi Akun Anda Bersama Influencer
Berikutnya adalah dengan menggunakan jasa influencer. Anda pastinya sudah mengetahui perbedaan antara influencer dengan jasa PP (Paid Promote). Influencer atau Key Opinion Leader memang efektif untuk menghasilkan konversi ketimbang PP, hanya saja dana yang diperlukan biasanya lebih mahal.
Terlebih lagi marketers yang tidak memahami tingakatan atau jenis influencer dan meremehkan dampak dari influencer yang secara jumlah followers kecil.
Padahal taktik brand awareness menggunakan influencer dengan followers kecil, banyak digunakan perusahaan-perusahaan besar, contohnya seperti AQUA, Oreo, dan lain-lain.
8. Melakukan Konten Giveaway
Di nomor 8, masih berkaitan dengan dana. Bedanya di sini, Anda seperti “harus membayar” seseorang untuk memberikan reaksi mereka. Yaps, itu adalah “kata kasar” daripada teknik giveaway. Memang giveaway sangat ampuh untuk meningkatkan engagements, terlebih hadiah yang diberikan benar-benar menggiurkan.
Bagian tersulit dari strategi ini, adalah mempertahankan audiens yang ada agar mereka tetap memberikan komentar like, follow meski sudah tidak diadakan lagi giveaway.
9. Menautkan Akun Instagram ke Sosial Media Lainnya
Berikutnya adalah dengan menautkan akun Instagram ke sosial media lainnya. Yaps, cara seperti ini, selain bisa memperluas jangkauan Anda, juga efektif untuk meningkatkan brand awareness yang dimiliki oleh akun Instagram bisnis Anda.
10. Berkolaborasi dengan Jasa Agency Digital Marketing
Yaps, Agency Digital Marketing pastinya mengerti dengan baik perkembangan algoritma Instagram. Mereka juga pastinya memiliki manajemen tim yang baik untuk keperluan konten, mulai dari konten feed desain gambar/ilustrasi, reels, copywriting dan penjadwalan, hingga pengelolaan admin sosial media.
Terlebih agency digital marketing biasanya memiliki tools digital marketing premium yang memudahkan akun Instagram bisnis untuk lebih cepat berkembang. Sayangnya, untuk menemukan agency digital marketing seperti ini, tidaklah mudah.
Beberapa pebisnis bahkan harus merasakan kecewa terlebih dahulu setelah memesan jasa ini pada agency digital marketing. Lalu di mana Anda bisa mendapatkan jasa agency digital marketing terbaik untuk Jasa Kelola Instagram Anda?.
Jawabannya adalah Creativism.id. Agency digital marketing berpengalaman, yang telah mengurus banyak Instagram bisnis milik klien. Mereka juga mendapatkan testimoni yang baik dari klien-klien mereka. Hubungi mereka segera di nomor 081 22222 7920.
Inilah 10 cara meningkatkan engagement Instagram yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.
[…] Baca Juga: Cara Meningkatkan Engagement Instagram Lengkap […]