Pengertian KOL Management – Key Opinion Leader atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai seseorang yang opininya dapat dijadikan sebagai patokan orang lain, atau opininya yang dapat memimpin massa tertentu. Istilah ini semakin di dunia marketing terlebih lagi setelah pasar influencer marketing banyak diminati pebisnis.
Tidak heran mengapa banyak pebisnis yang ingin melakukan KOL management. Lalu apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan KOL management?. MinTiv akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini.
Pengertian KOL Management
Setelah kita mengetahui arti dari KOL, maka kita tentunya akan lebih mudah memahami arti dari KOL Management. KOL Management menurut Activecampaign, adalah cara perusahaan membentuk pemasaran mereka melalui KOL agar audiens tertarik dengan brand mereka.
Secara garis besar manajemen KOL meliputi siklus identifikasi, pemetaan, perencanaan, dan pada akhir pelaksanaan oleh KOL. Setiap langkah di dalam siklus KOL management ini saling berkaitan satu sama lain.
KOL management memiliki banyak peran penting. 3 di antara peran tersebut adalah;
Peran Penting KOL Management
1. Mengetahui Siapa Audiens KOL
Peran pertama adalah untuk mengetahui dengan siapa mereka akan memilih Key Opinion Leader. Mempelajari apakah audiens KOL tersebut sesuai dan relevan dengan target pasar yang dituju oleh bisnis ata tidak. Setelah mendapatkan siapa saja yang menjadi audiens KOL yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah memilih mana yang paling terbaik.
2. Mengetahui Jumlah Followers daripada KOL
Yang kedua adalah berperan untuk mengetahui seberapa banyak jumlah followers yang dimiliki KOL. Memang jumlah followers tidak menjamin engagement rate yang didapatkan, tetapi jumlah followers bisa mempengaruhi brand awareness yang dilakukan oleh pebisnis. Semakin banyak followers yang dimiliki oleh KOL, maka peluang untuk mendapatkan engagement rate bisa lebih besar. Satu lagi, KOL yang sudah mendapatkan followers yang begitu banyak pastinya tidak akan mengalami masalah ketika harus melakukan word of mouth marketing (reviews produk atau jasa Anda) dengan baik.
3. Mengetahui Engagement Rate daripada KOL
Yang terakhir adalah berperan untuk mengetahui engagement rate yang dimiliki oleh KOL. Engagement rate dapat dilihat melalui banyak aplikasi kalkulator engagement rate, ataupun dengan meminta langsung rate card daripada KOL.
Penting bagi Anda untuk mengetahui rate card dari KOL sebelum memutuskan untuk bekerjasama.
Manfaat & Kelebihan KOL Management Pada Bisnis
Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari KOL management. MinTiv akan menjelaskan 5 manfaat dari sejuta manfaat yang bisa didapatkan dari KOL management. Simak penjelasannya baik-baik!.
Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakan Jasa Kelola TikTok
1. Meningkatkan Brand Image
Yang pertama adalah KOL management akan memudahkan Anda untuk lakukan marketing berbasis brand image. Terlebih lagi jika produk atau layanan Anda digunakan oleh KOL ternama.
Image brand Anda tentunya akan mudah dikenal oleh audiens market, dan pada akhirnya strategi word of mouth bisa berjalan dengan lancar.
2. Manajemen Marketing Lebih Terstruktur
Manfaat atau kelebihan dari KOL management kedua adalah manajemen marketing yang lebih terstruktur. Hal ini wajar, karena dengan adanya manajemen, Anda jadi tahu dengan KOL siapa Anda akan bekerja sama, materi seperti apa yang akan dibawakan untuk kampanye, prospek lead yang akan atau kemungkinan didapatkan, dan waktu posting terbaik.
3. Manajemen Jadwal Pelaksanaan Lebih Rapi
Efek domino dari sebelumnya, manajemen yang baik tentunya akan memudahkan Anda untuk menata jadwal pelaksanaan atau posting yang lebih rapi dan tertarget.
4. Dapat Meningkatkan Konversi Penjualan
Inilah manfaat yang paling diincar oleh banyak pebisnis. Namun fokus utama untuk menjalankan KOL management secara umum adalah untuk meningkatkan brand image. Bahkan untuk KOL atau influencer kelas wahid saja tidak menjamin bahwa brand yang dipromosikan akan mendapatkan banyak konversi atau lead.
Walaupun begitu, lead pasti akan didapatkan meski jumlahnya bisa banyak ataupun sedikit
5. Mendapatkan Data-Data Baru Terkait Buyer Persona yang Lebih Luas
Yang terakhir adalah Anda bisa mendapatkan data-data penting terkait buyer persona bisnis Anda. Data-data seperti ini sangatlah penting, terlebih bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis berkelanjutan.
Kekurangan Strategi KOL Management
Secara garis besar, kelemahan KOL management terletak pada cara memilih KOL itu sendiri. Apabila Anda memilih KOL yang bermasalah dan berpotensi mengalami masalah, maka nama baik brand Anda bisa ikut tercemar. Untuk perhatikan baik-baik influencer yang Anda pilih.
Apabila Anda tidak yakin menjalankan strategi ini, tetapi ingin sekali menjalankannya, Anda bisa menghubungi agen Digital Marketing Creativism.id. Agen digital marketing ini menyediakan Jasa KOL Terpercaya, untuk pebisnis yang ingin jalankan strategi content marketing memanfaatkan influencer.
Pesan Sekarang: Jasa KOL Management Terpercaya, Talent Terbaik Sudah Dipilihkan!
Inilah penjelasan lengkap tentang pengertian KOL management, apabila Anda tertarik untuk bekerja sama langsung dengan Creativism.id, Anda bisa menghubungi nomor 62812-2222-7920.
[…] Baca Juga: Pengertian KOL Management dan Fungsinya Pada Bisnis […]
[…] adalah dengan menggunakan jasa KOL (Key Opinion Leader) atau […]