Cara Paid Promote Instagram – Instagram adalah sosial medianya anak-anak muda. Pernyataan ini didukung fakta dari data Katadata.co.id yang menyebutkan sebesar 33.90 juta penduduk Indonesia berumur 18-24 tahun menggunakan Instagram. Bahkan untuk dewasa yakni mulai dari umur 25-34 menjadi rata umur-umur pengguna Instagram terbanyak nomor 2. Rerata umur pengguna Instagram yang dibilang berada di usia emas, menjadikan sosial media ini salah satu tools marketing yang efektif untuk kembangkan bisnis.
Ada banyak strategi Instagram marketing yang bisa Anda gunakan, dan salah satunya adalah dengan menggunakan paid promote. Paid promote sendiri adalah strategi marketing yang mengharuskan Anda untuk membayar orang lain melakukan promosi. Strategi ini identik dilakukan kepada mereka yang menjadi influencer, meskipun pada kenyataan paid promote berbeda jauh dengan jasa influencer.
MinTiv sendiri telah merangkum secara lengkap apa itu Influencer Marketing pada bahasan tersendiri.
Anda bisa membacanya pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Influencer Marketing, Jenis, dan Cara Menjalankannya?
Adapun pengaplikasian Paid Promote sendiri memang banyak dilakukan pada sosial media Instagram. Tetapi bukan tidak mungkin paid promote dilakukan juga pada sosial media lain seperti Twitter dan juga Facebook. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari paid promote ini dan cara tepat untuk menjalankannya?.
Kelebihan dan Kekurangan Paid Promote
Setelah mengetahui arti dari paid promote, maka saatnya tahu tentang kelebihan dan kekurangan paid promote ini. Silahkan simak-baik, agar Anda bisa menentukan strategi marketing yang pas, apakah menggunakan jasa influencer atau menjalankan strategi paid promote.
Pesan Sekarang: Jasa Konten TikTok Lengkap dengan Talent
Kelebihan
- Umumnya Memiliki Biaya yang Murah. Ya akun Instagram yang menawarkan paid promote biasanya mematok harga yang murah. Hal ini wajar, karena sistem paid promote pada umumnya hanya menggunakan sistem repost dari materi iklan Anda sebelumnya. Mereka melakukan sharing di feed, reels, ataupun di stories.
- Biaya Murah, Jangkauan Luas. Kelebihan kedua yang dimiliki oleh sistem paid promote adalah jangkauan yang luas dengan biaya relatif tidak terlalu mahal.
- Sistem Kerja yang Tidak Ribet. Kelebihan ketiga adalah paid promote tidak memiliki sistem kerja yang ribet pada umumnya. Anda hanya perlu melakukan negosiasi harga yang tepat untuk akun yang lakukan paid promote.
Kekurangan
- Tidak semua akun Instagram bersedia memasang iklan Anda selamanya di feed. Ya, ada juga memasang tarif tertentu untuk durasi waktu sekian bulan.
- Iklan Anda bisa saja tenggelam. Biasanya akun Instagram yang melakukan paid promote adalah akun yang aktif posting. Hal inilah yang menjadikan konten iklan Anda tenggelam.
- Akun yang melakukan open PP, biasanya malas mengecek sumber dari klien mereka. Tidak semua, tetapi akun yang malas melakukan pengecekkan seperti ini, tentunya akan sangat berpengaruh pada kredibilitas bisnis Anda. Terlebih jika Anda sudah memilih akun Instagram tersebut untuk PP.
10 Cara Paid Promote Instagram
1. Memperbaiki Akun Instagram
Hal yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki akun Instagram Anda lebih kredibel dan profesional. Anda bisa mulai dengan banyak meletakkan informasi penting seperti kontak yang mudah dihubungi pada bagian bio di instagram.
Tampilan feed dan reels yang dipenuhi dengan konten-konten berkualitas tentunya akan menambah nilai kredibilitas akun Instagram Anda. Untuk masalah yang satu ini, Anda perlu mempelajari banyak hal, seperti desain yang berkualitas dan proporsional, copywriting, editing video dan lain-lain.
Apabila ingin solusi yang lebih praktis, hemat dan juga tidak ribet, maka Anda bisa memilih Jasa Konten Instagram Terbaik dari Creativism.id. Memilih mereka akan jauh lebih hemat biaya ketimbang harus merekrut karyawan baru. Anda bisa memesan jasa mereka melalui link di bawah ini;
Pesan Sekarang: Jasa Konten Instagram Terpercaya, Wajib Dipesan!
2. Mengetahui Target Market dari Instagram Marketing Anda
Kedua adalah dengan mengetahui target market dari Instagram marketing yang Anda lakukan. Penentuan tujuan ini tentunya akan memudahkan Anda untuk melakukan perencanaan marketing, termasuk untuk keperluan paid promote ini. Anda akan jadi lebih mudah menentukan buyer persona yang tepat untuk tujuan Anda.
Tidak hanya itu, langkah-langkah Anda untuk menetapkan KPI (Key Performance Indicators) juga akan ikut terbantu.
Baca Juga: Apa itu KPI Instagram?
3. Tambahkan Bio Anda dengan Link Produk/Jasa yang Ditawarkan.
Cara yang ketiga adalah dengan menempatkan di bio Instagram Anda, link menuju landing page produk ataupun jasa Anda. Agar nanti ketika Anda sudah menjalankan paid promote pada akun instagram terpilih, audiens yang tertarik bisa dengan mudah mencari info tentang produk melalui referensi yang disematkan pada akun Anda.
Untuk membuat landing page yang menarik perhatian pelanggan sendiri, Anda perlu banyak mempelajari poin-poin penting. Mulai dari layouting, desain, dan juga copywriting yang menarik. Jika Anda pusing mempelajari itu semua, Anda bisa memesan jasa landing page dari agen digital marketing terpercaya Creativism, pada link di bawah ini;
Pesan Sekarang: Jasa Landing Page Terpercaya Lengkap dengan Info Harga
4. Memilih Akun untuk PP Terpercaya & Kredibel
Cara yang keempat adalah dengan memilih akun Paid Promote yang terpercaya dan kredibel. Dari mana Anda dapat mengetahui hal tersebut?. Tentu saja Anda dapat mengetahui hal tersebut meneliti isi konten yang ditampilkan. Apakah akun tersebut sering mendapatkan komentar negatif ataupun tidak.
Anda juga dapat melihat perubahan nama akun Instagram tersebut, melalui fitur About This Account. Akun PP yang terpercaya biasanya memiliki perubahan nama akun atau username yang sedikit atau tidak sama sekali.
5. Memilih Akun PP yang Memiliki Niche Relevan
Setelah memastikan bahwa akun pilihan Anda untuk pp aman, maka selanjutnya adalah mengusahakan bahwa akun terpilih tersebut memiliki niche yang relevan. Meskipun kebanyakan pebisnis jarang memperhatikan hal ini, bukan berarti Anda harus mengikuti langkah yang sama.
Memilih akun pp yang punya niche yang relevan tentunya akan menambah kepercayaan audiens. Untuk cara yang kelima ini, Anda bisa saja sedikit lakukan kompromi dengan diri Anda sendiri jika memang tidak menemukan akun untuk pp yang memiliki niche sejenis.
6. Perhatikan Akun yang Sudah Dipromosikan oleh Jasa PP
Selanjutnya adalah dengan memperhatikan akun yang telah dipromosikan. Ya, inilah salah satu pentingnya cek & ricek. Akun yang melakukan pp biasanya malas untuk melakukan cek & ricek terhadap akun yang dipromosikan. Terkesan tidak peduli. Untuk, Anda bisa mengecek lebih dulu akun pp yang dipilih, mengecek tentang detail akun-akun yang sudah dipromosikan sebelumnya.
Mulai dari bisnis yang ditawarkan, tampilan akun, dan juga testimoni dari pelanggan akun tersebut.
7. Share Materi Iklan yang Sudah Matang (Materi Iklan, Copywriting, Hashtag)
Selanjutnya adalah dengan membagikan materi iklan yang sudah matang. Ya, jasa pp, biasanya hanya akan menerima mentah-mentah materi iklan dari Anda untuk kemudian di share di feed mereka. Untuk itu. Anda perlu lakukan yang namanya persiapan yang matang.
Persiapan tersebut meliputi materi iklan, berupa desain, copywriting, caption, dan juga hashtag. Anda perlu mempersiapkan itu semua terlebih dahulu, jauh dari kata typo dan juga desain kurang proporsional.
8. Usahakan untuk Menggunakan Video
Nomor 8 adalah mengusahakan untuk sharing materi iklan berbentuk video. Bukan tanpa alasan, salah satu tujuan untuk paid promote adalah memperluas jangkauan audiens. Memilih video terutama reels tentu akan mempermudah Anda untuk mendapatkan hal tersebut.
Ya, kita semua tahu bahwa konten video lebih menarik ketimbang konten feed, tapi bukan berarti konten feed tidak bisa digunakan untuk dapatkan audiens yang lebih luas.
9. Meminta Insight Data Penyedia Jasa PP
Cara paid promote Instagram yang kesembilan adalah dengan meminta insight data penyedia jasa PP. Ya, data-data tersebut bisa menjadi dasar pengambilan keputusan untuk Anda, apakah akan lanjut ke proses transaksi atau tidak. Jika akun Instagram yang Anda pilih tidak mau memberikan datanya tersebut, Anda beralih pada akun Instagram yang lain.
10. Selektif dalam Harga
Yang terakhir adalah selektif dalam memilih harga. Utamakan untuk tidak hanya terpaku pada jumlah followers yang dimiliki akun yang akan dipilih, tapi juga pertimbangkan poin penting lain. Seperti mempertimbangkan engagement yang akan didapatkan, dari share, likes dan juga comment. Anda perlu itu semua, sebelum akhirnya memutuskan untuk jadi memilih ataupun tidak.
Inilah tips keren sebelum Anda memilih jasa paid promote yang ada di Instagram. Apabila Anda ingin melakukan optimasi lebih terhadap akun Instagram bisnis Anda, Anda bisa menghubungi Creativism.id di nomor 62812-2222-7920.