Istilah di Instagram Insight – Salah satu syarat untuk dapat menjalankan Instagram marketing dengan baik mengerti tentang istilah yang ada di Instagram Insight. Apa itu Instagram Insight?. Sesuai dengan namanya, Instagram insight, akan memberikan Anda pandangan yang lebih mendalam terhadap strategi Instagram marketing yang sebelumnya sudah dijalankan.
Anda akan mendapatkan kumpulan data statistik, meliputi angka, grafik dan lain-lain. Kumpulan data ini bisa disebut juga dengan matriks. Instagram insight sendiri dapat Anda akses ketika mengganti mode Instagram Anda ke profil bisnis atau profesional kreator. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini;
- Login akun Instagram Anda terlebih dahulu
- Buka profil Anda, lalu masuk ke menu settings melalui tombol garis tiga yang ada di pojok kanan atas Instagram.
- Pilih pengaturan, lalu masuk kedalam sub menu Akun.
- Di dalam submenu tersebut Anda bisa memilih untuk mengubah jenis Akun. Anda bisa memilih jenis akun yang Anda inginkan.
- Setelah itu pilih kategori yang Anda inginkan, dan lengkapi informasi yang ada. Mulai dari bio, ataupun menyambungkan dengan alamat FansPage Facebook.
Setelah proses selesai, barulah Anda bisa menggunakan fitur Instagram Insight seperti yang ada di bawah ini;
Di dalam Insight sendiri ada banyak istilah yang bisa Anda pelajari, mulai dari yang familiar hingga yang kurang familiar sekalipun. Untuk dapat memahaminya dengan mudah, kita perlu membaginya menjadi 3 bagian yakni Activity, Contents, dan Audience.
MinTiv akan menjelaskan 3 bagian dan berbagai istilah-istilah yang ada di 3 bagian tersebut untuk Anda, jadi simak artikel ini sampai habis ya..
1. Istilah di Instagram Insight Bagian Activity
Yang pertama adalah Activity, bagian ini sendiri terdiri 2 bagian yakni Interactions, Discovery.
Interactions
Sesuai dengan pengertiannya, interactions memiliki arti interaksi, yang menggambarkan matriks-matriks seperti like, saves, shares pada postingan Instagram. Default dari visualisasi data ini adalah 7 hari, artinya Anda akan mendapatkan persentase dari akun yang melakukan interaksi selama 7 hari tersebut. Contoh seperti gambar di atas.
Adapun data-data yang disajikan pada bagian ini adalah
Discovery
Selanjutnya adalah discovery sebuah data yang ditampilkan dan berhubungan erat dengan strategi marketing menggunakan Ads, seperti Reach dan Impression. Di sini, Anda bisa mulai melakukan analisis perbandingan antara jumlah pengunjung akun dengan jumlah akun impresi dalam bentuk rasio.
Reach adalah istilah untuk berapa banyak akun Instagram yang melihat terjangkau dengan konten Anda. Sedangkan impression adalah jumlah untuk berapa kali konten Anda dilihat oleh pengguna.
2. Istilah di Instagram Insight Bagian Content
Selanjutnya adalah bagian content. Bagian ini lebih menekankan pada analisis konten yang telah Anda unggah. Bagian ini sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian yakni Feed Posts, Stories, dan juga Promotions.
Feed Posts
Yang pertama adalah feed posts. Analisis ini mengacu pada performa konten pada saat akun Instagram telah berubah menjadi akun bisnis maupun profesional. Penyusunan visualisasi informasi daripada analisis ini juga mudah dipahami di mana konten yang performanya baik, akan ditampilkan pada bagian teratas.
Berikut ini beberapa matriks yang ada di feed posts.
Stories
Sama seperti bagian sebelumnya, hanya saja yang diteliti oleh mesin analisa Instagram adalah bagian stories. Adapun matriks yang ada adalah;
Promotions
Yang terakhir adalah promotions. Sesuai dengan namanya bagian ini akan menampilkan matriks-matriks yang berhubungan dengan promosi, seperti;
3. Istilah di Instagram Insight Bagian Audience
Terakhir adalah Audience. Bagian ini menginformasikan tentang karakter, dan latar belakang audiens Instagram marketing Anda. Data yang ada di bagian ini terbilang detail, dimulai dari gender, audiens dari negara mana yang sering melihat konten Anda, waktu yang paling atraktif konten Anda mendapatkan interaksi, dan lain-lain.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa saja istilah yang ada di Instagram Insight. Apabila Anda ingin menjalankan Instagram marketing, maka Anda wajib mempelajari istilah-istilah yang ada di atas. Memang tidak mudah, tetapi harus Anda lakukan.
Baca Juga: Daftar Fitur Terbaru Instagram 2023
Apabila Anda ingin mendapatkan solusi yang jitu untuk jalankan Instagram marketing lebih efektif, karena harus menjalankan bisnis sekaligus, Anda bisa gunakan jasa dari Creativism.id. Ada Jasa Kelola Instagram yang disediakan oleh Creativism.id. Info lengkapnya bisa Anda dapatkan pada link di bawah ini;
Pesan Sekarang: Jasa Kelola Instagram Terbaik, Gratis Konsultasi, Dapatkan Diskon!
Anda juga dapat menghubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa Saja Istilah di Instagram Insight dan Maknanya? […]
[…] Baca Juga: Istilah di Instagram Insights yang Wajib Diketahui Instagram Marketers […]