Daftar Fitur Terbaru Instagram – Tanggal 6 Juli 2023 menjadi hari yang bersejarah bagi jagat media sosial. Aplikasi media sosial baru bernama Threads resmi diluncurkan. Aplikasi ini bahkan sudah mendapatkan jumlah pengguna lebih dari 30 juta, kurang dari 24 jam.
Meskipun begitu, hadirnya Threads juga disertai beberapa kontroversi. Satu di antara banyak kontroversi tersebut adalah tampilannya yang terbilang mirip dengan Twitter. Beberapa ahli media sosial bahkan mengatakan bahwa Threads akan menjadi Threat untuk Twitter.
Ya, seperti yang kita tahu, Twitter yang sekarang dinahkodai Elon Musk memiliki banyak aturan baru. Di antaranya limit harian dan juga melarang penggunanya untuk menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.
Aturan-aturan inilah yang banyak dirasa oleh netizen berlebihan. Kita tentu tahu bahwa media sosial adalah tempat spesial untuk kita dapat berekspresi tanpa batas. Celah inilah yang dimanfaatkan oleh Mark Zuckerberg melalui proyek Threads miliknya.
Uniknya Threads dapat dengan mudah terintegrasi dengan Instagram.
Dapat dikatakan bahwa Threads adalah bagian dari Instagram, meskipun memang keduanya memiliki basis konten multimedia yang berbeda. Instagram memiliki basis konten multimedia yang beragam, sedangkan Threads fokus pada teks.
Kehadiran ini seolah menjadi puncak perubahan demi perubahan yang diberikan oleh Mark Zuckerberg, atau lebih tepatnya Adam Mosseri sebagai CEO Instagram, anak perusahaan dari Meta Platforms .Inc, milik Mark.
Ya, sejak pandemi Covid-19 lalu, Instagram terus melakukan perubahan serta penambahan fitur.
Perubahan dan penambahan fitur tersebut dilakukan agar dapat bertahan ditengah gempuran TikTok, media sosial yang saat ini merajai pasar generasi 2000-an.
Baca Juga: Strategi Instagram yang Wajib Anda Hindari
Lalu apa saja daftar fitur terbaru Instagram terbaru tersebut?, MinTiv akan membahas beberapa di antara banyak fitur baru tersebut di dalam artikel ini secara terperinci. Jadi simak baik-baik ya!.
Daftar Fitur Terbaru Instagram dan Cara Mengoptimalkannya!
1. Reels dan Remix
Yang pertama tentu saja adalah Reels. Reels adalah fitur baru Instagram yang sudah dirilis sejak tahun 2020, terkhusus di Amerika dan beberapa negara lain.
Sedangkan di Indonesia sendiri, Reels baru dirilis pada Juni 2021. Dapat dikatakan bahwa Reels adalah senjata utama Instagram untuk dapat melawan algoritma video pendek TikTok.
Bahkan Instagram berani mengambil langkah lebih jauh dalam mempraktekkan teknik ATM (Amati Tiru Modifikasinya) dengan merilis fitur tambahan khusus Reels seperti Remix dan Add Stickers to Reels.
Terbaru mereka bahkan merilis fitur tambahan khusus untuk Reels seperti templates dan edit video. Tentu saja inovasi yang dilakukan oleh Instagram ini memberikan pebisnis lebih banyak ruang untuk melakukan content marketingnya.
Cara Mengoptimalkan Konten Reels
- Usahakan untuk membuat 3 detik video pertama dengan hook copywriting menarik.
- Gunakan teknik Read Caption untuk mendapatkan jumlah views yang maksimal.
- Selingkan dengan teknik video looping.
- Pilihlah sound yang sesuai dengan niche konten, memilih sound dengan tanda panah ke atas bisa jadi pilihan.
- Gunakan fitur remix dengan selingan konten original milik Anda.
2. Add Topics
Kedua berkaitan juga dengan Reels, adalah fitur Add Topics. Fitur ini awalnya digunakan untuk menggantikan peran hashtag di dalam konten. Fungsinya sama, yakni untuk mempermudah audiens menemukan konten sejenis berdasarkan niche tertentu.
Penggunaan Topics ini memang masih terbatas pada konten Reels saja, tapi dengan fitur ini, caption di konten jadi lebih tampak rapi.
Cara Mengoptimalkan Konten Fitur Add Topics
- Cari 3 topik yang relevan atau memiliki keterikatan kuat dengan konten.
3. Channel
Ketiga adalah Channel. Fitur yang satu ini Instagram buat untuk memudahkan audiensnya mengirimkan pesan berantai ke banyak followers. Dapat dikatakan ini adalah cara terbaik Anda menjalankan broadcast message. Fitur ini sendiri baru dirilis pada Juni 2023.
Cara Mengoptimalkan Fitur Channel
- Pastikan Anda memilih nama channel yang unik.
- Jadikan channel ini sebagai cara Anda untuk meningkatkan customer loyalty. Semisal hanya membagikan informasi “penuh daging” kepada audiens channel saja.
- Gunakan fitur tambahan yakni kolaborasi agar akun mitra atau Instagram Anda yang lain dapat mengirimkan pesan di dalam channel.
- Gunakan fitur tambahan polling untuk membuat survey konten. Manfaatkan itu untuk mencari tahu konten jenis apa yang disukai oleh banyak audiens Anda.
4. Add Music to Post
Keempat adalah memanfaatkan fitur Add Music To Post. Fitur ini sebenarnya hadir hampir bersamaan dengan Reels. Ditujukan agar konten feed juga bisa lebih menghibur dengan adanya musik di dalamnya.
Cara Mengoptimalkan Fitur Music To Post
- Pilihlah sound yang sesuai dengan niche konten, memilih sound dengan tanda panah ke atas bisa jadi pilihan.
5. Pencapaian
Kelima adalah pencapaian. Sebenarnya fitur ini lebih ditujukan kepada Anda yang bertindak sebagai influencer atau content creator dan juga bagian dari pembaruan fitur Insight Instagram.
Darinya Anda dapat mengetahui performa konten Reels secara keseluruhan. Mulai dari pencapaian Creative Streak, Penemu Tren, Penayangan, Community Builder dan Kolaborator.
Jika performa pada 5 bagian ini bagus, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan notifikasi langsung dari Instagram untuk ikut program monetize.
6. Unduh Reels
Selanjutnya adalah fitur Unduh. Seperti namanya, fitur ini ditujukan untuk mempermudah audiens mendownload video yang diinginkan. Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendownload konten Instagram yang ada.
Katakan selamat tinggal pada cara lama, yakni copy link konten, taruh di website pengunduh, dan mulai untuk mengunduh.
Cara Mengoptimalkan Fitur Unduh Reels
- Anda bisa menggunakan fitur ini untuk melakukan teknik repost konten.
7. Fitur Before & After
Ketujuh adalah fitur Before & After.
Fitur ini sebenarnya adalah bagian dari Stiker Instagram Stories. Anda bisa menggunakan ini untuk menampilkan gambar sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Entah itu sebelum dan sesudah make up atau hal-hal lain yang berikan perbedaan yang teramat jelas.
Cara Mengoptimalkan Fitur Before & After
- Gunakan gambar dengan kualitas yang tinggi.
- Berikan tambahan teks yang menjelaskan proses before dan after tersebut.
- Menambahkan sedikit gif pada konten story tersebut bisa Anda coba.
8. Notes
Selanjutnya adalah Notes. Fitur ini dapat Anda akses melalui menu Direct Messages. Fungsinya sebenarnya ditujukan untuk memberikan pesan kepada audiens, apakah Anda bisa dihubungi atau tidak dalam waktu 1×24 jam. Hanya saja pesan yang diberikan tentunya tidak sebatas itu ya.
Ingat saja konsep bahwa media sosial itu adalah tempat bebas berekspresi. Melalui notes, Anda juga dapat menambahkan lagu atau musik kesukaan Anda.
Cara Mengoptimalkan Fitur Notes
- Berikan catatan penting yang benar-benar informatif dan bermanfaat untuk audiens Anda.
- Memaksimalkan limit 60 karakter yang diberikan.
- Pilihlah lagu atau musik yang menggambarkan nuansa niche konten Anda.
9. Threads
Terakhir, tentu saja adalah Threads. Penjelasan mengenai Threads ini sudah MinTiv bahas di awal artikel. Anda bisa membacanya ulang di sana. Kita anggap saja bahwa Threads ini adalah fitur dari Instagram.
Cara Mengoptimalkan Fitur Threads
- Anda bisa menggunakan Threads untuk memancing audiens beralih ke konten Instagram. Semisal di Threads Anda posting konten slide terdepan dari microblog Instagram bertemakan strategi Instagram.
Anggap saja slide pertama konten Threads tersebut memiliki headline seperti ini “5 Strategi Instagram Sederhana Tapi Ampuh Tingkatkan Engagements”. Lalu di bagian caption Anda tuliskan Call to Action yang dapat mengarahkan audiens ke konten microblog Instagram. Seperti; “Ulasan lebih lengkap baca di konten terbaru Instagram kami ya!”.
- Adopsi strategi Instagram lainnya, lalu jalankan di Threads.
Inilah penjelasan rinci mengenai daftar fitur terbaru Instagram serta cara mengoptimalkannya. Apabila Anda memerlukan Jasa Pembuatan Konten Instagram Terbaik, hubungi Creativism.
Baca Juga: 5 Strategi Instagram Sederhana Tapi Ampuh Tingkatkan Engagements
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Daftar Fitur Terbaru Instagram 2023 […]
[…] Baca Juga: Daftar Fitur Terbaru Instagram Lengkap dengan Cara Mengoptimalkannya […]
[…] Baca Juga: Daftar Fitur Terbaru Instagram dan Cara Mengoptimalkannya […]
[…] Baca Juga: Daftar Fitur Terbaru Instagram dan Cara Mengoptimalkannya […]