Strategi Terbaru Instagram 2023 – Instagram marketing adalah salah satu teknik marketing yang sekarang ini banyak digunakan oleh para pebisnis. Hal ini wajar mengingat Instagram memiliki banyak data statistik yang potensial menguntungkan. Beberapa di antara banyak data statistik tersebut adalah;
- Instagram memiliki jumlah pengguna aktif di seluruh dunia mencapai 12.8 miliar untuk bulanan, dan harian mencapai 500 juta pengguna.
- Instagram adalah situs website nomor 7 yang paling banyak dikunjungi di dunia.
- Pengguna Instagram pada umumnya menghabiskan waktu sekitar 53 menit per hari. Sekitar 70% menonton stories videos setiap hari.
- 63% pengguna membuka Instagram setidaknya sekali sehari.
- Indonesia adalah negara keempat yang warga negaranya paling banyak menggunakan Instagram, setelah India, Amerika Serikat dan juga Brazil.
Belum lagi fakta bahwa Instagram sekarang ini sedang giat-giatnya melakukan berbagai perubahan.
Ya, ada banyak perubahan serta penambahan fitur yang mereka lakukan. Beberapa di antara fitur-fitur baru tersebut sudah MinTiv kupas pada link artikel di bawah ini, lengkap dengan cara mengoptimalkannya;
Baca Juga: Daftar Fitur Terbaru Instagram Lengkap dengan Cara Mengoptimalkannya
Berkaitan dengan cara mengoptimalkan fitur Instagram, maka kita juga akan berbicara tentang strategi konten terbaik. Nah, berikut ini adalah 5 Strategi Konten Instagram Terbaru 2023 yang dapat Anda jadikan referensi.
Penjelasan mengenai kelima strategi ini MinTiv sesuaikan dengan algoritma terbaru Instagram. Jadi simak baik-baik ya!.
5 Strategi Konten Instagram Terbaru 2023
1. Manfaatkan Channel
Yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur terbaru Instagram yang dirilis pada Februari lalu, yakni Channel.
Fitur ini memudahkan pengguna Instagram untuk melakukan pesan berantai ke banyak followers.
Adanya fitur ini tentunya dapat membantu Anda lebih mudah menyebarkan pesan promosi pada mereka yang sudah menjadi followers Anda.
Anda bisa menggunakan Channel untuk meningkatkan customer loyalty. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan fitur Channel ini adalah
- Memilih nama channel yang unik. Libatkan kontributor lain melalui fitur tambahan di dalamnya yakni fitur Kolaborator.
- Manfaatkan fitur tambahan lain seperti polling untuk membuat survey konten. Manfaatkan itu untuk mencari tahu konten jenis apa yang disukai oleh banyak audiens Anda.
2. Manfaatkan Threads
Kedua adalah dengan memanfaatkan Threads.
Meskipun Threads terlalu besar untuk bisa dikatakan sebagai fitur Instagram, alias lebih layak disebut aplikasi medsos baru, tapi itu tidaklah masalah. Anda bisa memanfaatkan Threads ini dengan menjalankan berbagai teknik yang di ada Instagram.
Anda bisa gunakan Threads ini untuk menyebarkan opini terbaru berkaitan dengan niche bisnis yang dijalankan. Ya, Anda bisa memanfaatkan Threads ini untuk membangun brand perception Anda.
3. Jalankan Reels dengan Teknik Read Caption
Ketiga adalah dengan menjalankan konten Reels dengan teknik Read Caption.
Ya, Anda pastinya sudah sering melihat konten video yang hanya memberikan Anda hook copywriting selama 3 detik dengan durasi keseluruhan 15 detik atau lebih, contoh “5 Strategi Instagram yang Gak Banget Dijalankan”, tapi isi konten lengkapnya dijelaskan di bagian caption.
Teknik seperti ini akan memberikan konten Anda jumlah views yang maksimal. Di mana konten video bisa terus ditonton saat audiens fokus membaca caption.
4. Jalankan Reels dengan Teknik Video Looping
Keempat adalah dengan menjalankan reels dengan teknik video looping. Teknik ini sebenarnya sudah viral sejak tahun lalu, dan umumnya dilakukan dengan mengaitkan bagian awal video sama dengan bagian akhir video.
Kunci penting untuk menjalankannya adalah dengan menggunakan script teks yang tepat serta durasi yang tidak terlalu panjang.
Agar lebih mudah memahaminya, lihat contoh konten di atas ini. Gunakan aplikasi tambahan seperti CapCut atau VN untuk mempermudah pekerjaan Anda.
5. Jalankan Reels dengan Efek Typing Teks
Yang terakhir adalah dengan menjalankan Reels menggunakan efek typing teks. Teknik ini hampir mirip dengan teknik Read Caption. Hanya saja caption konten dituliskan langsung pada bagian video Reels dan diberikan efek typing.
Tujuannya agar audiens tetap bisa fokus pada konten video Reels Anda, dari awal hingga akhir.
Bersamaan dengan strategi nomor 3, pemberian Reels dengan efek typing teks ini sangat cocok untuk Anda yang tetap ingin eksis di IG tanpa harus memperlihatkan muka.
Baca Juga: Ide Konten Tanpa Harus Menunjukkan Muka Tapi Menarik Banyak Viewer
Inilah penjelasan lengkap mengenai referensi 5 strategi terbaru Instagram di tahun 2023. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Konten Instagram Terbaik, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Strategi Terbaru Instagram 2023 […]
Jujur aku masih belum pakai threads, mau ikutan FOMO tapi masih belum yakin bisa mengoptimalkan fitur ini, jadi aku tunda. Padahal sebetulnya bisa mendukung bisnis ya kalo dimanfaatkan dengan tepat. Aku rasa ini juga bisa membantu kita menyampaikan opini ke followers tanpa harus posting foto/video, jadi lebih mudah. Walaupun masih jadi pro & kontra juga… Tapi kayaknya nggak ada salahnya untuk dicoba…
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Ya, benar, kita bisa menyampaikan pesan bisnis kita pada audiens tanpa harus menampilkan foto muka ataupun video. Tapi itu butuh kekuatan lebih di bagian teks atau copywriting
Emang makin mantap aja strategi IG sekarang. Memudahkan buat nyari konten sekaligus ujian banget kalo udah buka IG bisa kebablasan waktu nulis. Hahaha.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
IG sekarang telah banyak berubah, sudah saatnya pebisnis memanfaatkan peluang yang tercipta dari perubahan yang dilakukan pihak IG ini.
Mencoba Threads pada saat launching. Ternyata mirip Twitter. Seperti dugaan semula, sakarang jadi berita bahwa Threads sudah nyungsep, hiks
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Ada banyak faktor yang mendasari mengapa Threads belum bisa sebagus Twitter. Yang paling besar adalah minimnya kreasi pada fitur yang ditampilkan dan audiens yang masih terpecah di Instagram.
Pengguyna Instagram itu banyak sekali ya, peluang banget untuk menjalankan Instagram marketing. Adapun Threads, masih sangat baru tetapi tidak ada salahnya mulai dieksplorasi buat bisnis.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Ya, sebagai pebisnis kita perlu melakukan riset terhadap Threads ini. Apakah menguntungkan atau malah tidak sama sekali
Wah, ilmu yang sangat bermanfaat. Kebetulan saya baru come back ke IG lagi, karena ternyata bikin video tidak seribet yang saya bayangkan.
Makasih tipsnya. Harus dicoba nih
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Share informasi ini ke teman-teman yang lain, agar mereka tahu apa yang kamu tahu!
Aku belum nyobain fitur Threads, entahlah belum yakin bisa memaksimalkannya tapi aku udah baca-baca soal Threads, mungkin nanti lihat perkembangan dulu apalagi memori smartphone juga ngak mendukung aplikasi terlalu banyak. Tapi kalau ide soal konten terutama Reels, aku suka dan ingin mencoba juga.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Nah soal ide konten reels ini bisa dibuat melalui aplikasi CapCut atau VN. Bahkan bisa juga melalui Canva,