Contoh Konten Instagram – Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh pebisnis untuk strategi marketing. Sebagai bagian dari tools marketing, Instagram memiliki banyak manfaat.
Terutama dalam hal menjangkau pasar dari kalangan anak muda, generasi Z dan juga millenial. Ya, hal ini wajar mengingat data pengguna Instagram di tahun 2023 yang didominasi oleh remaja dan dewasa muda.
Rincian datanya adalah;
- 30.7% pengguna Instagram masuk ke dalam kelompok usia 18-24 tahun.
- 30.3% pengguna Instagram masuk ke dalam kelompok usia 25-34 tahun.
- 15.7% pengguna Instagram masuk ke dalam kelompok usia 35-44 tahun.
Sejak dikembangkan pertama kali oleh Michael Krieger dan juga Kevin Systrom tahun 2010, Instagram sekarang memang telah mengalami banyak perubahan. Perubahan tersebut dapat kita lihat dengan jelas melalui bergesernya tren foto atau gambar, menjadi lebih variatif dengan hadirnya Reels.
Tak bisa dipungkiri juga bahwa keberhasilan video marketing pendek dari TikTok mempengaruhi bergesernya tren Instagram ini.
Meskipun sempat kalah start, nyatanya Instagram sekarang tetap lebih powerful ketimbang TikTok. Bahkan inovasi fitur yang diberikan oleh Instagram di tahun 2023 ini, lebih banyak dari inovasi fitur TikTok.
Dimulai dari fitur Notes, Threads, Channel, Audio Trending, Meta Verified, dan lain-lain. Melalui CEO baru Adam Mosseri, Instagram telah mampu kembali bersaing di pasar media sosial, terkhusus di segmen video marketing.
Sumber Data Reportal mengatakan bahwa Instagram adalah media sosial terpopuler di Indonesia nomor 4. Hanya kalah dari WhatsApp, YouTube, dan juga Facebook. Tidak heran jika banyak dari pebisnis Indonesia yang memanfaatkan Instagram ini untuk kegiatan brand awarenessnya.
Salah satu kunci penting untuk bisa meningkatkan brand awareness ini adalah dengan merencanakan konten Instagram yang dapat mengundang banyak engagements. Tentu saja ini bukanlah perkara yang mudah.
Contoh Konten Instagram yang Datangkan Banyak Engagements
Tapi tenang, di sini MinTiv akan membantu Anda untuk mendapatkannya dengan memberikan beberapa contoh konten Instagram yang ampuh undang banyak engagements. Penasaran seperti apa saja contoh konten Instagram tersebut?.
1. Konten Hasil Pemikiran Lateral
Yang pertama adalah dengan menjalankan banyak konten dari hasil pemikiran lateral. Lateral sendiri adalah cara berpikir menggunakan sudut pandang yang lebih luas dan terkadang keluar dari sudut pandang umumnya.
Gampangnya, cara berpikir ini melibatkan 2 topik yang berbeda namun dibuat seakan-akan berkesinambungan. Contohnya seperti gambar di atas, di mana MinTiv mengaitkan poin kepribadian dengan metode-metode SEO.
Baca Juga: Daftar Fitur Terbaru Instagram dan Cara Mengoptimalkannya
Contoh lainnya dapat Anda lihat pada konten di bawah ini. Di mana tim Creativism melakukan kreasi konten pada kliennya menggunakan konsep pemikiran lateral.
2. Meme Kekinian
Kedua adalah memanfaatkan meme kekinian untuk menjadi bahan konten. Ya, jangan pernah lupakan kodrat dari Instagram sebagai media sosial. Di mana orang-orang yang menggunakannya bertujuan untuk mendapatkan hiburan.
Nah, sebisa mungkin untuk libatkan poin hiburan itu untuk jadi bahan konten. Anda bisa menggunakannya untuk mengarahkan audiens mengerti brand Anda. Contohnya seperti video di atas ini.
3. Mengandung Kontroversi
Berikutnya adalah contoh konten Instagram yang mengandung kontroversi. Poin kontroversi konten ini dapat Anda tampilkan pada bagian headline. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan menggunakannya. Usahakan juga menuliskan headline tersebut sebaik mungkin agar tidak bertabrakan dengan caption. Teknik seperti ini banyak digunakan oleh akun-akun media berita nasional.
4. Mind Blowing Konten
Keempat adalah dengan menjalankan konten mind blowing. Hampir mirip dengan contoh konten Instagram yang kedua, hanya saja konten ini memerlukan sedikit effort. Di mana Anda harus dapat menuliskan skrip video dengan baik, melakukan angle pengambilan video yang pas, dan memiliki ekspresi yang luwes tidak kaku.
Anda bisa menjalankan contoh konten ini dengan memanfaatkan jasa dari influencer.
5. Tips dan Trik
Kelima adalah contoh konten tips dan trik. Anda bisa melihat contoh konten di atas, di mana @metadigital.az memberikan keterangan lengkap tentang penggunaan sebuah website. Konten seperti ini sendiri sangat ampuh digunakan sebagai scroll stopper.
Audiens akan sangat tertarik untuk menonton video Anda sampai selesai, dan kemungkinan besar akan melakukan interaksi seperti like atau komentar. Interaksi yang paling sering didapatkan dari contoh konten ini sendiri adalah interaksi save post.
6. Rekomendasi
Terakhir adalah konten rekomendasi.
Hampir mirip dengan sebelumnya, hanya saja prosesnya tidak seribet itu. Yang Anda perlukan hanyalah riset terkait topik apa yang mau dijadikan konten, dan kemudian memilahnya menjadi poin-poin penting. Poin-poin penting tersebut kemudian ditampilkan dalam bentuk list teks.
Anda bahkan bisa memuat keterangan lebih lengkap di bagian caption, seperti yang dilakukan oleh @windadinanti di atas.
Inilah 6 contoh konten Instagram yang ampuh datangkan banyak engagements. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Instagram Terbaik, hubungi Creativism.
Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Instagram Terbaik 2023!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.