Strategi Pemasaran Instagram Terbaik – Instagram marketing adalah salah satu jenis marketing channel yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Hal ini wajar mengingat Instagram marketing mampu memberikan pebisnis banyak keuntungan. Instagram sebagai media sosial memiliki banyak data yang potensi menguntungkan pebisnis.
Beberapa di antara banyak data tersebut adalah;
- Jumlah pengguna aktif bulanan Instagram mencapai angka 1.28 miliar. Untuk hariannya mencapai 500 juta pengguna.
- Gambar Instagram memiliki persentase yang tinggi untuk kategori keterlibatan audiens.
- Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengguna Instagram adalah 53 menit per hari.
- Instagram adalah media sosial kedua yang paling banyak diunduh di dunia.
- Indonesia menempati urutan keempat sebagai negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia. Per bulan April 2023 saja, sudah capai angka 109.33 juta jiwa.
Perkembangan Instagram yang begitu signifikan ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena banyaknya inovasi fitur yang mereka berikan. Melalui CEO Adam Mosseri, Instagram di tahun ini saja sudah mengeluarkan banyak fitur-fitur terbaru. Seperti fitur Notes, Channel, Audio Trending, Threads, Edit Reels, Gifts, dll.
Hadirnya beragam fitur terbaru tersebut memberikan banyak pilihan bagi pebisnis untuk jalankan content marketing jauh lebih variatif. Yang pada akhirnya dapat membantu audiens market melewati funnel marketing Anda, lebih mudah.
Baca Juga: Cara Memaksimalkan Fitur Pin Post Instagram
Sayangnya, untuk bisa menjalankan Instagram marketing bukanlah perkara yang mudah. Anda diharuskan untuk paham 4 bagian penting, yang 4 bagian itu adalah;
- Proses desain feed yang rapi dan juga menarik, dengan kata lain ilmu content planning.
- Menguasai desain konten untuk feed ataupun editing photo.
- Video editing untuk Reels.
- Pengelolaan konten dan engage akun yang baik. Dapat dilihat dari bagaimana Anda menuliskan copy untuk caption konten dan juga share stories.
Mempelajari keempat poin penting di atas, jelas bukan perkara yang mudah. Tapi tenang, di sini MinTiv akan memberikan 5 strategi pemasaran Instagram terbaik.
5 Strategi Instagram Marketing Terbaik 2023
Ke-5 tips ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Penasaran apa saja?. Simak baik baik artikel ini ya!.
1. Memperbanyak Konten Microblog Instagram
Strategi yang pertama adalah memperbanyak konten microblog Instagram.
Microblog sendiri adalah konten yang membahas topik yang dalam, tetapi dengan pembawaan yang lebih santai. Konten microblog berpusat pada bagaimana cara Anda menampilkan poin-poin penting serta menarik untuk disampaikan.
Baca Juga: Contoh Konten Microblog Instagram yang Ramai Engagement
Terdapat 4 manfaat utama dari konten jenis ini, dan 4 manfaat itu adalah;
- Audiens lebih mudah mengerti konten Anda.
- Dapat digunakan sebagai storytelling bisnis.
- Efektif digunakan untuk dapatkan jangkauan audiens yang lebih luas.
- Sangat ampuh digunakan sebagai Call to Action menuju konten website artikel.
2. Memanfaatkan Konten Reels Meme
Strategi yang kedua adalah dengan memanfaatkan konten reels meme. Strategi seperti ini sangat ampuh mengundang engage dari pengguna Instagram. Terlebih lagi jika konten reels meme tersebut disesuaikan dengan tren terkini di kalangan anak muda.
Ya wajar, karena kebanyakan pengguna Instagram sekarang ini, berasal dari mereka yang merupakan generasi Z atau milenial. Tapi ingat, jangan terlalu terpaku menggunakan tren meme yang lagi viral, apalagi jika itu bisa melukai nama baik bisnis Anda.
3. Strategi Komentar
Ketiga adalah dengan memberikan komentar. Sebenarnya, ini adalah bagian dari strategi 302 Instagram. Sebuah strategi yang mengharuskan Anda untuk mengunjungi 30 akun di niche konten sejenis, dan memberikan 2 interaksi. Yakni like dan juga komentar.
Nah, Anda bisa melakukannya via hashtag yang digunakan di dalam konten. Pilih 5 konten teratas yang muncul di pencarian dari tiap hashtag yang Anda gunakan.
Untuk komentar yang Anda berikan sendiri, usahakan komentar yang unik. Bukan hanya sekedar memberikan gif, emoji dan lain-lain. Meskipun sederhana, faktanya strategi seperti ini sudah banyak diterapkan oleh akun-akun besar seperti Tokopedia dan juga Shopee.
Hindari penggunaan strategi komentar seperti gambar di atas. Anda pasti sudah sering menemukan strategi konyol seperti ini bukan?. Strategi seperti ini malah akan menjatuhkan nama bisnis Anda di mata audiens.
4. Sharing Pengalaman Pengguna Jasa atau Produk Anda
Keempat adalah dengan sharing pengalaman pengguna jasa atau produk Anda. Anda bisa melakukan dengan menjadikannya sebagai materi utama konten di feed, reels, ataupun stories.
Untuk stories, agar terlihat natural, Anda bisa langsung share pengalaman pengguna jasa atau produk Anda menggunakan bahasa yang apa adanya.
5. Menggunakan Fitur Kolaborasi
Terakhir, adalah dengan memanfaatkan fitur kolaborasi. Anda bisa memanfaatkan fitur yang satu ini pada bagian Channel ataupun post feed/Reels. Fitur kolaborasi seperti ini sangat bermanfaat untuk bantu akun Anda mendapatkan lebih banyak engage dan jangkauan yang lebih luas.
Terlebih jika akun yang Anda ajak kerjasama memiliki niche konten yang sama atau relevan. Itu akan sangat membantu bisnis Anda mendapatkan peningkatan brand awareness atau trust di segmen market yang tepat.
Inilah penjelasan lengkap tentang 5 strategi pemasaran Instagram terbaik. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Instagram Terbaik, hubungi Creativism.
Baca Juga: Contoh Konten Instagram yang Menarik Perhatian Banyak Audiens
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.