Faktor Penting SEO Website – Untuk dapat memenangkan persaingan dengan website pesaing di jajaran halaman pertama Google., Ada banyak faktor penting yang harus Anda perhatikan. Faktor-faktor inilah yang kemudian akan menjadi senjata terbaik bagi Anda dalam memenangkan persaingan tersebut. Lalu apa saja faktor-faktor tersebut?.
MinTiv akan menjelaskan setidaknya 10 faktor penting SEO Website yang wajib dimaksimalkan oleh Anda. Hampir semua faktor ini berkaitan erat dengan strategi On-Page SEO. 10 faktor tersebut adalah;
1. Domain yang Tepat
Faktor pertama yang penting untuk Anda maksimalkan adalah pemilihan domain. Domain adalah nama website yang biasanya diakhiri dengan ekstensi .com, .id, co.id, .org, dan lain-lain. Pemilihan domain ini haruslah benar-benar menggambarkan sisi bisnis Anda. Setiap akhiran domain, seperti .com, id, dan juga .org memiliki makna yang berbeda-beda.
Semisal .com yang biasa digunakan untuk keperluan komersial, id yang menandakan domain Indonesia, dan org. yang menandakan organisasi. Anda bisa lengkap apa saja nama-nama ekstensi domain pada link ini.
Lalu apakah pemilihan ekstensi sangat mempengaruhi alur bisnis Anda?, semisal ketika Anda memilih domain dengan ekstensi .org, itu artinya Anda dilarang untuk melakukan kegiatan komersial di dalam website?.
Tidak demikian, karena faktanya akhiran ekstensi dan maknanya jarang diperhatikan. Artinya website yang memiliki ekstensi .org boleh saja melakukan kegiatan komersial, dan begitu juga dengan .com.
Setelah menentukan nama dan akhiran ekstensi yang tepat, memulai proses brand awareness Anda. Pastikan untuk tidak menggunakan domain gratisan, dan jika memilih TLD (Top Level Domain) hindari menggunakan domain yang kurang familiar, seperti xyz, site, info, atau online. Domain .com, id, co.id, dan org biasanya menjadi incaran banyak pebisnis.
2. Keywords
Faktor penting SEO Website berikutnya adalah keywords. Ya, tak bisa dipungkiri Anda perlu keyword yang dioptimalkan dan sesuai dengan niche bisnis Anda. Semisal jika Anda adalah pebisnis di bidang penyedia jasa mesin, maka Anda bisa memaksimalkan segala macam keyword yang berhubungan dengan mesin.
Relevansi keyword serta konten yang Anda tuliskan tentunya akan menambah kepercayaan pelanggan ketika mengunjungi website Anda. Beda ceritanya jika Anda malah menuliskan konten-konten dengan keyword yang berhubungan dengan kesehatan, padahal niche website Anda adalah bisnis mesin. Bedakan antara website bisnis yang umumnya punya satu fokus niche dan blog yang kebanyakan gado-gado (berisikan banyak tema konten).
Pelajari jenis-jenis keywords terlebih dahulu agar Anda bisa memahami dengan mudah pemilihan keywords yang tepat. Jangan lupa untuk menghindari berbagai macam kesalahan ketika melakukan research keywords.
Baca juga: 10 Kesalahan Keyword Research SEO yang Tidak Disadari Sering Dilakukan
3. Konten Artikel
Pastinya Anda pernah mendengar slogan “Content is King” bukan?.
Meskipun kurang tepat, tapi faktanya dengan kontenlah sebuah website dapat dikenal. Ya, konten yang dimaksud di dalam website adalah artikel. Artikel yang menarik, dan juga menjadi solusi permasalahan bagi pencarinya adalah berlian yang sempurna.
Tetapi untuk dapat menuliskan artikel yang menarik sekaligus dapat memenangkan persaingan SEO di halaman 1 Google, tidaklah mudah. Konten Anda benar-benar harus memiliki kriteria bacaan yang mudah dipahami, dan memenuhi standar analisa SEO.
Pesan Segera: Jasa Penulis Artikel SEO Berkualitas
4. Meta Description
Keempat adalah meta description. Deskripsi singkat tentang konten Anda. Deskripsi singkat ini muncul tepat di bawah judul, dan terdiri dari 141 karakter. Karena singkat deskripsi yang biasanya muncul bersifat informatif, dan juga sebagai salah satu cara optimasi on-page SEO. Deskripsi singkat ini bermanfaat untuk menarik perhatian pengunjung, meningkatkan relevansi konten, dan persentase konversi.
MinTiv telah memberikan penjelasan panjang mengenai apa itu Meta Description, beserta cara untuk membuatnya. Anda bisa membacanya pada artikel di bawah ini;
Baca juga: 6 Cara Membuat Meta Description yang Menarik
5. Tags
Selanjutnya adalah tags. Tags adalah tema-tema yang biasanya berhubungan dengan isi konten artikel. Apabila Anda menggunakan CMS WordPress, maka Anda akan dengan mudah membuat tags ini. Anda bisa melihat bagian bawah artikel ini untuk melihat contoh tags.
Pastikan juga untuk selalu memberikan tags yang relevan dengan isi konten.
6. Judul
Selanjutnya adalah judul. Ya pemilihan judul yang menarik dan relevan dengan keyword akan menambahkan kekuatan website SEO Anda. Judul sendiri sudah diwakilkan dengan heading 1, atau jika Anda menggunakan platform Blogger, maka sudah diwakilkan dengan Major Heading.
Untuk itu hindari penggunaan Heading 1 ataupun Major Heading di dalam artikel. Anda bisa gunakan Heading 2 dan Heading 3 jika menggunakan WordPress. Jika di Blogger Anda bisa gunakan Heading dan Subheading. Sama seperti judul Anda menggunakan keyword tersebut di bagian subjudul.
7. Url (Uniform Resource Locator)
Selanjutnya adalah URL (Uniform Resource Locator). Gunakan url yang dipersingkat dan mudah dipahami. Anda bisa saja membuat url lebih praktis dengan hanya memuat kata kunci yang digunakan pada konten artikel. Semisal ketika Anda menuliskan artikel tentang 15 Rekomendasi Mesin Potong Rambut Terbaik yang Wajib Barber Ketahui, dan url-nya adalah https://namadomain/rekomendasi-mesin-potong-rambut.
Selain itu, Anda juga bisa mengatur permalink settings atau url permanen sesuai dengan nama, untuk memperpendek url. Jadi url Anda tidak akan lagi menempatkan bulan, hari di dalam url. Inilah kelebihan menggunakan WordPress dibanding Blogger. Karena di Blogger tidak peratuan khusus untuk permalink seperti ini.
Atau jikapun ada, Anda harus mengotak atik template dan memberikan redirect untuk link post artikel Anda. Inilah perbandingan url yang menggunakan WordPress (sudah mengatur permalink) dengan Blogspot.
8. Alt dan Description Gambar
Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan alt dan description gambar. Ya, semua bagian yang digunakan di dalam artikel harus dapat Anda maksimalkan. Jangan pernah tidak mengisi alt dan juga description pada gambar. Alt adalah teks yang tidak akan muncul dan dapat dilihat oleh pengunjung tetapi dapat dibaca mesin crawling Google.
Keterangan pada Alt inilah yang kemudian dapat membantu mesin crawling memahami apakah konten gambar yang Anda gunakan relevan sehingga layak mendapatkan nilai SEO lebih. Hal yang juga berlaku untuk description gambar.
9. Internal Link dan External Link
Selanjutnya adalah internal link dan external link. Internal link adalah link di dalam konten artikel yang menuju konten artikel lainnya pada website Anda. Sedangkan external link adalah link di dalam konten artikel yang menuju konten artikel lain pada website yang berbeda.
Sama seperti 8 teknik sebelumnya, apabila Anda menautkan link yang relevan dengan isi konten maka itu akan menambah kenyamanan pembaca. Pengunjung tentunya akan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam website Anda, dan pada akhirnya bounce rate dapat menurun.
10. Kecepatan Akses Website
Yang terakhir adalah mengecek kecepatan akses website. Anda bisa melakukan pengecekkan akses website ini melalui Google PageSpeed Insights, seperti yang MinTiv lakukan pada website Creativism.id. Pastikan juga bahwa gambar dan konten-konten yang ada di dalam website telah di kompress. Jangan lupakan juga plugin LiteSpeed untuk meringankan kinerja website.
Pastikan bahwa website dapat diakses 2-3 detik, dan lebih dari itu, pengunjung Anda akan merasa jengkel dan segera meninggalkan website Anda.
Inilah 10 faktor penting SEO Website. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan jasa optimasi website, maka Anda dapat menghubungi Creativism, Agen Digital Marketing Terbaik. Anda bisa menghubungi mereka di nomor 62812-2222-7920
[…] Baca juga: 10 Faktor-Faktor Penting SEO Website […]
Poin2nya sangat membantu buatku yang masih kurang ilmu dalam hal blogging. Nice sharing Min.
Btw, itu di poin delapan apakah memang “jangan pernah untuk mengisi alt dan deskripsi pada gambar?”
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Terima kasih juga sudah membaca artikelnya, untuk bagian itu yang benarnya adalah Jangan Pernah Tidak Mengisi Alt….
Wah bener-bener saya baca sampai habis, bermanfaat banget kak, kebetulan banget saya sedang mendalami SEO untuk meningkatkan kualitas blog saya, sangat bermanfaat apalagi sekarangs aya sedang mencoba belajar wordpress juga
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Silahkan kunjungi terus blog ini untuk dapatkan info SEO menarik lainnya.
Wah, lengkap bangat ini kak. SEO “basic” yang esensial. Sangat praktis buat yang sangat mempertimbangkan ini dalam postingannya.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Semua materi tentang basic SEO, hingga tingkat advance akan dibahas di sini 🙂
Untuk sebuah blog atau website yang berkualitas, memang dibutuhkan ilmu SEO yang baik. Poin terakhir yang berhubungan dengan kecepatan ternyata mempengaruhi trafik dan SEO juga ya kak
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Iya benar, usahakan agar website agar diload sempurna dalam 3 detik pertama..
Semakin lama waktu loadingnya, maka pengunjung bisa lari dari website.
Penting banget inii aku share dan simpen….pengen banget bisa belajar tentang ceo
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Silahkan kunjungi blog Creativism untuk informasi SEO menarik lainnya
Kebetulan aku sedang target naikin DA. Pas baca artikel ini langsung aku save. Terimakasih sharingnya, Kak.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Untuk pembahasan mengenai tips menaikkan DA website, sudah MinTiv bahas pada artikel sebelumnya.
Bisa dicari di dalam blog Creativism ini. Semoga bermanfaat.
Jujur aku masih awam banget dengan SEO tapi harus tetep semangat belajarnya soalnya SEO penting banget untuk website kita. Makasih sharingnya kak 😃
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Sama sama, silahkan kunjungi terus blog ini untuk info menarik penuh daging lainnya tentang SEO.
Bener banget nih tipsnya. Kesalahanku banyak kalau gini, manage artikel yang lama aja jarang. Kecepatan loading blog? Apalagi. Harus banyak banyak baca blog lagi nih
Apalagi soal artikel dibawah judul itu berpengaruh banget ya di halaman google. So selama ini aku nggak pernah perhatiin bagian itu
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Benar, apalagi untuk yang menjalankan web marketing. Melakukan SEO itu wajib, dan untuk bisa berhasil harus paham minimal faktor-faktor umum peningkat daripada SEO