Cara Membuat Meta Description – Apa yang pertama kali membuat Anda tertarik untuk membuka konten website ketika Anda hendak mencari suatu informasi di halaman Google?. Sebagian besar dari Anda mungkin akan menjawab bahwa judul menarik yang bisa menarik perhatian Anda. Memang benar, judul sering membuat kita cepat untuk melakukan klik terhadap konten tertentu.
Sayangnya judul saja tidak cukup untuk kita tertarik. Karena faktanya banyak hal yang website yang menggunakan elemen penting di dalam konten ini dengan teknik yang tidak wajar, alias clickbait. Clickbait sendiri judul yang dirancang sangat menarik dan terkadang cenderung tidak relevan dengan isi konten. Tentu saja, teknik bukanlah teknik yang pas untuk diterapkan di dalam SEO karena bisa menaikkan persentase bounce rate.
Selain judul yang menarik dan pastinya relevan, ada satu elemen lagi yang sebenarnya bisa membuat pengunjung tertarik dengan konten website tersebut. Elemen itu adalah meta description SEO.
Sumber: Google.com
Berikut ini, MinTiv akan menjelaskan secara singkat dan padat tentang apa itu Meta Description dan fungsinya. Tak lupa juga MinTiv akan berbagi 6 cara membuat meta description SEO yang menarik. Jadi simak artikel ini sampai habis ya..
Apa itu Meta Description?
Meta Description adalah deskripsi singkat tentang konten Anda. Deskripsi singkat ini muncul tepat di bawah judul, dan terdiri dari 141 karakter. Karena singkat deskripsi yang biasanya muncul bersifat informatif, dan juga sebagai salah satu cara optimasi on-page SEO. Ya Meta Description adalah salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan performa website dan traffic-nya.
Berikut ini adalah beberapa contoh Meta Description;
Sumber: Google.com
Google.com
Sumber: Google.com
Anda bisa melihatnya dengan sendiri dengan mengetikkan kata kunci “Mitos SEO Lengkap, Rekomendasi Jasa Sosial Media, dan juga Jual Beli Motor Bekas” di pencarian Google untuk melihat hasilnya. Setelah mengetahui pengertian beserta dengan contohnya, Anda pastinya bertanya-tanya, apa sih manfaat Meta Description ini?.
3 Manfaat Meta Description
Secara umum, manfaat dari meta description dapat kita klasifikasikan menjadi 3 manfaat utama. 3 manfaat utama itu adalah menarik perhatian pengunjung, meningkatkan relevansi konten, dan juga meningkatkan persentase konversi. Berikut ini adalah penjelasannya;
1. Menarik Perhatian Pengunjung
Sumber: Google.com
Memang benar kalau judul masih menjadi elemen terbaik yang bisa diandalkan untuk menarik perhatian pengunjung. Terlebih lagi dengan teknik clickbait, jumlah klik dan traffic yang didapatkan bisa lebih banyak lagi. Sayangnya teknik ini bisa terus-terusan diandalkan, apa lagi jika konten website yang Anda berikan tidak sesuai dengan judul yang telah dituliskan.
Orang yang mencari informasi di Google pastinya ingin mencari informasi tertentu yang mampu menjawab permasalahan, rasa penasaran, dan solusi untuk masalah tersebut. Nah, dengan menuliskan meta description, Anda secara tidak langsung membantu pengunjung untuk lakukan filtering konten yang berkualitas.
Selain itu, meta description juga akan membantu meningkatkan CTR (Click-through rate) dari search engine. Semisalnya ketika Anda menuliskan kata “Daftar Website Belajar Copywriting” di pencarian Google, maka Anda pastinya menginginkan konten yang menjelaskan banyak daftar website rekomendasi dengan berbagai niche.
2. Meningkatkan Relevansi Konten
Sumber: Google.com
Manfaat kedua yang akan Anda dapatkan adalah tingkat relevansi konten Anda dengan keyword semakin tinggi. Contohnya seperti konten dengan keyword Teknik Copywriting Selain AIDA dari Creativism yang mendapatkan peringkat 1 halaman Google.
Tepat pada hasil pencarian tersebut, Creativism meletakkan keyword tadi di dalam meta description. Peletakkan seperti ini akan menjadikan konten tersebut memiliki nilai relevansi yang tinggi pada algoritma Google. Selain tentunya konten yang diberikan juga berkualitas.
3. Meningkatkan Persentase Konversi
Sumber: Google.com
Selanjutnya adalah meningkatkan persentase konversi. Meta description tidak hanya bisa digunakan untuk SEO, tapi juga strategi PPC (Pay per Click) seperti Google Ads, Facebook & Instagram Ads. Kata-kata yang bersifat call to action pada konten website tanpa gunakan strategi PPC juga bisa meningkatkan konversi. Salah satu contoh kata-kata tersebut adalah Hubungi, Pesan, dan lain-lain.
6 Cara Membuat Meta Description SEO
Setelah mengetahui pengertian dan juga manfaat dari meta description, maka saatnya Anda mengetahui bagaimana cara untuk membuatnya. MinTiv akan membagikan 6 tips untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Berikut adalah penjelasan lengkapnya;
1. Gunakan Google Preview Yoast SEO
Yang pertama adalah dengan menggunakan Google Preview. Google Preview sendiri adalah tools yang memudahkan Anda untuk melihat tampilan konten Anda ketika tampil di dalam sebuah pencarian. Contohnya seperti gambar di bawah ini..
Sumber: Google.com
Apabila Anda menggunakan CMS (Content Management System), maka Anda bisa dengan mudah menggunakan fitur ini melalui Yoast SEO. Ya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstall-nya di CMS Anda semisal WordPress. Alternatif lainnya, Anda bisa saja menggunakan Google SERP Simualtor.
Baca juga: 10 SEO Tools Gratis untuk Tingkatkan Pengunjung Website
2. Gunakan Kata Kunci di dalam Meta Description
Kedua adalah dengan menggunakan kata kunci di dalam meta description. Teknik ini digunakan untuk memperbesar nilai relevansi konten website dengan keyword yang menjadi tujuan Anda. Anda bisa melihat contoh ini pada banyak artikel Creativism yang mengisi pos halaman 1 Google.
Sumber: Google.com
3. Menggunakan Kalimat Aktif dan Sesuai SPOK
Sumber: Google.com
Selanjutnya adalah dengan menggunakan kalimat aktif. Contohnya seperti gambar di atas. Kalimat aktif sendiri adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan sesuatu. Dalam dipahami bahwa subjek pada gambar di atas adalah agen jasa digital marketing, yang melakukan optimasi website.
Pastikan juga bahwa kalimat yang Anda pilih pas dan tidak membuat pengunjung harus membacanya berulang kali. Contohnya seperti gambar di bawah ini;
Sumber: Google.com
4. Tampilkan Fitur Produk atau Jasa Anda
Sumber: Google.com
Karena teks yang bisa dimuat untuk Meta Description hanya sedikit Anda bisa masukkan keterangan fitur dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.
5. Jangan Lupakan Call to Action
Sumber: Google.com
Kelima adalah dengan menggunakan kalimat-kalimat yang mengandung sifat Call to Action. Contohnya saja seperti;
- “Cek info lengkap di sini”
- “Gratis konsultasi segera”
- “Cek harganya di sini”
Dan lain-lain.
6. Gunakan Nama Wilayah dalam Meta Description
Sumber: Google.com
Yang terakhir adalah dengan menggunakan nama wilayah di dalam meta description, seperti pada contoh di atas.
Itulah 6 cara ampuh untuk membuat meta description menjadi lebih menarik. Apabila Anda membutuhkan jasa SEO profesional yang sudah ahli untuk lakukan berbagai macam optimasi termasuk di bagian meta, Anda bisa menghubungi Creativism.id.
Anda bisa menghubungi mereka di nomor 62812-2222-7920. Semoga artikel ini dapat bermanfaat :).
[…] Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Meta Description […]
[…] Kedua, adalah jumlah traffic potensial akan meningkat. Hal ini jelas, karena konten-konten yang berada di halaman 1 Google jelas akan mengundang klik dari pengunjung Google. Yang perlu Anda lakukan demi mendapatkan klik tersebut adalah mengoptimalkan penggunaan judul dan juga meta description. […]
[…] Baca Juga: Manfaat Meta Description untuk Konten Website […]