Cara Meningkatkan Engagements Instagram – Instagram adalah salah satu media sosial terpopuler di dunia. Dengan rata-rata audiens yang lebih dewasa ketimbang audiens TikTok, menjadikannya sebagai media sosial yang efektif untuk kegiatan Business to Business.
Sebagian besar pengguna Instagram adalah mereka yang berumur di atas 25-44 tahun. Instagram memiliki banyak kelebihan dibandingkan TikTok, terutama jika menyesuaikan penggunanya.
Ya, interface yang dimiliki oleh Instagram lebih bersahabat untuk generasi sebelum generasi Z ketimbang TikTok.
Belum lagi fakta bahwa Instagram menyediakan banyak pilihan kepada pebisnis untuk melakukan branding dari berbagai jenis konten. Anda dapat memilih untuk menjalankan content marketing nya melalui feed, reels, story, dan juga live.
Inovasi yang terus diberikan oleh Instagram melalui CEO Adam Mosseri juga menjadikan strategi content marketing Anda di Instagram makin beragam. Inovasi-inovasi yang diberikan dalam berbagai bentuk fitur baru tersebut, menjadikan Instagram mulai bisa mengejar ketertinggalannya dari TikTok.
Baca Juga: Cara Menjalankan Strategi WhatsApp Blast
CEO Adam Mosseri sangat mengerti bahwa salah satu cara untuk mengembangkan bisnis di Instagram adalah memaksimalkan engagements yang didapatkan.
Engagements yang didapatkan ini bisa Anda lihat dengan jelas melalui metrik jumlah views, like, komentar, dan juga share.
Nah, berikut ini MinTiv ingin berbagi 5 tips jitu kepada Anda, bagaimana caranya meningkatkan engagements Instagram menyesuaikan fitur terbaru yang Instagram berikan.
Penasaran apa saja 5 tips jitu tersebut?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Cara Meningkatkan Engagements Instagram Terbaru
1. Menerapkan Strategi 302
Yang pertama adalah dengan menerapkan strategi 302.
Strategi diperkenalkan oleh internet marketer ternama Indonesia, Niko Julius. Strategi ini mengharuskan Anda untuk mengunjungi 30 postingan sehari dan meninggalkan 2 interaksi di tiap 30 postingan tersebut.
Interaksi yang diberikan adalah like dan komen.
Agar lebih mudah, Anda bisa membuat daftar 30 akun per harinya yang ingin Anda berikan like dan komentar. Jangan lupa untuk memilih 30 akun yang sudah memiliki cukup customer base. Jumlah followers yang dimiliki oleh akun tersebut bisa jadi pertimbangan besar Anda.
2. Memberikan Komentar Pada Konten yang Viral
Kedua adalah dengan memberikan komentar pada konten yang viral.
Komentar yang diberikan tentunya harus menyesuaikan isi konten tersebut. Bahkan Anda bisa sedikit lakukan improvisasi dengan memberikan komentar yang mengundang gelak tawa audiens.
Apakah konten viral yang Anda berikan komentar tersebut harus relevan dengan niche konten Anda?.
Jawabannya tidak. Terpenting adalah konten viral tersebut tidak mengandung hal-hal negatif. Strategi seperti ini bahkan sering digunakan oleh akun-akun besar seperti Tokopedia, Flip, Batam News Online, dan bahkan Microsoft.
Strategi ini bisa Anda terapkan juga pada media sosial lainnya seperti TikTok.
3. Memaksimalkan Fitur Channel
Ketiga adalah memaksimalkan fitur channel.
Fitur ini sudah dirilis oleh Instagram pada Februari 2023 kemarin.
Fitur ini memudahkan pengguna akun untuk mengirimkan pesan broadcast ke semua followersnya. Ini adalah cara terbaik bagi Anda untuk tetap menjaga followers yang ada, agar tetap following akun Instagram.
Anda bisa menggunakan fitur ini untuk share informasi khusus kepada anggota channel. Langkah ini bisa Anda terapkan untuk bangun customer base yang kuat dan juga relationship market yang baik.
Di dalam fitur ini, Anda bisa gunakan polling, dan terbaru bisa mengajak akun lain untuk berkolaborasi atau mengirimkan pesan.
4. Tag Artis atau Content Creator di Konten Anda
Keempat adalah dengan memberikan kredit kepada sumber postingan berasal, baik itu dari artis ataupun dari Content Creator. Atau Anda bisa memberikan tag pada postingan Anda.
Selain digunakan untuk menghindari masalah copyright, cara ini efektif untuk memancing akun yang ditag untuk share kembali postingan tersebut. Syukur-syukur jika konten Anda bisa dishare kembali oleh akun yang sudah memiliki jangkauan audiens yang luas.
5. Membuat Giveaway Terselubung
“Giveaway terselubung” maksudnya MinTiv?.
Biasanya pebisnis akan melakukan desain konten khusus untuk mengumumkan bahwa mereka akan melakukan giveaway. Cara seperti ini mengharuskan Anda untuk makan waktu lebih banyak, terutama dari sisi proses desain konten giveaway.
Mulai dari proses desain pengumuman giveaway, dan juga pengumuman pemenang giveaway. Desain kontan yang dihasilkan dan juga diupload pada baris feed tersebut bisa saja mengganggu taste dari desain feed Anda secara keseluruhan.
Oleh sebab itu Anda bisa mengadakan giveaway tanpa harus memusingkan proses desain kontennya.
Bagaimana caranya?, manfaatkan fitur channel Instagram yang ada. Anda bisa membuat pengumuman konten giveaway di sana, lengkap dengan penjelasan cara pelaksanaannya.
Teknik ini terinspirasi dari salah satu content creator ternama dari Kalimantan yang sering mengeluh akunnya tidak kunjung mendapatkan centang biru dari pihak Instagram. Siapa dia?. Tanya MinTiv di kolom komentar.
Inilah 5 tips jitu bagaimana caranya meningkatkan engagements Instagram terbaru 2023. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Instagram Terbaik, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
Terima kasih ilmunya. Terkadang saya sematkan postingan lama yang masih rendah engagement nya supaya kembali tinggi dan banyak yang like,
Terima kasih telah berkunjung ke blog MinTiv.
Yaps semoga cara-cara ini dapat membantu..
Instagram memang memiliki segmen pasar yang berbeda, kadang suka lag setelah scroll tiktok pindah ke IG, aku paling suka konten di IG tentang desain rumah…videonya bagus-bagus dan inspiratif terus algoritma IG konsisten sekali suka tema tertentu maka konsisten yang muncul di beranda Reels konten tersebut. Kalau di Tiktok memang lebih random, tapi dua platform media sosial ini sama baiknya kok.
Terima kasih telah berkunjung ke blog MinTiv.
Yaps, kedua media sosial ini memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung tujuan dari marketing plan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Iya, teknik-teknik di atas memang sedikit banyak membantu meningkatkan interaksi pemilik akun dengan pengunjung. Namun, memang mesti sabar dan tidak selalu berhasil sih. Bagaimanapun juga niche, kebermanfaatan konten yang kita buat, dan konsistensi jadi penentu utama.
Terima kasih telah berkunjung ke blog MinTiv.
Memang benar, kunci pertamanya adalah berani untuk mencoba, dan fokus untuk selalu berikan konten berkualitas.
Saya suka banget nih like di video viral dan klo ada konten yang cocok saya ikut komen juga. Mungkin followers saya nambah dari situ juga kali ya. Klo buat channel gitu lebih cocok untuk punya toko online gitu kali ya
Terima kasih telah berkunjung ke blog MinTiv.
Fitur channel sebenarnya digunakan untuk mudahkan kita kirimkan pesan ke banyak followers. Tapi jika ditujukan untuk promosi toko online juga bisa.
Saya belum melakukan semuanya nih, duh berarti banyak PRnya ya untuk meningkatkan engagement instagram, terima kasih ya kak tipsnya, akan dicoba bertahap
Terima kasih telah berkunjung ke blog MinTiv.
Yaps semoga cara-cara ini dapat membantu..
Duh selama ini saya ke mana saja nggak pernah tahu cara-cara yang seperti ini. Terima kasih banyak ya dan share