Cara Optimasi Blog Marketing – Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Terlebih lagi era digital memudahkan pebisnis untuk memilih marketing channels yang beragam.
Anda dapat memaksimalkan social media marketing, telemarketing, digital advertising dan juga web marketing. Apapun pilihan Anda, pastinya akan membantu tumbuh kembang bisnis jadi lebih pesat dengan terbantu mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas dan juga tertarget.
Terkhusus yang terakhir, yakni web marketing, strategi pemasaran melalui website adalah strategi yang di dalam pelaksanaannya akrab dengan SEO.
Sebuah teknik optimasi website melalui keyword tertentu/yang ditargetkan agar dapat tampil di halaman pertama search engine.
Adapun search engine utama yang digunakan sebagai tempat praktikal SEO adalah Google. Hal ini wajar mengingat Google adalah search engine nomor 1 di dunia, jauh mengalahkan Bing dan juga Baidu dari China.
Di dalam SEO sendiri, Anda akan temukan banyak metode yang bisa digunakan. Secara garis besar, SEO adalah tentang menyajikan konten yang berkualitas. Salah satu cara penyajiannya adalah dengan menjalankan Blog SEO atau Blog Marketing.
Apa itu Blog Marketing?.
Blog marketing adalah pemasaran yang dilakukan melalui media blog atau story melalui website. Jika dikaitkan dengan SEO, maka blog marketing adalah pemasaran yang dilakukan melalui media blog yang sesuai dengan kaidah SEO.
Strategi seperti ini sudah sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Terlebih lagi bagi mereka yang berada pada bidang bisnis pelayanan jasa. Perusahaan di industri ini perlu banyak melakukan transfer brand knowledge kepada audiens.
Hal ini penting agar audiens tahu keberadaan brand Anda, apa fungsi dan keuntungan bagi mereka jika menggunakan jasa Anda. Dan seperti yang sudah MinTiv katakan sebelumnya, salah satu cara melakukannya adalah dengan menjalankan blog marketing.
Nah, berikut ini adalah 5 cara optimasi blog marketing pada website ala MinTiv. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Cara Optimasi Blog Marketing
1. Sematkan Konten untuk Bangun Brand Perception Perusahaan yang Baik.
Yang pertama adalah dengan menjalankan blog yang di dalamnya terdapat konten untuk pencitraan perusahaan. Tentu saja pencitraan yang dimaksud bersifat apa adanya, dan tidak melebih-lebihkan.
Konsep seperti ini akan membantu bisnis Anda mendapatkan brand perception yang baik dari audiens. Memang untuk keyword yang ditargetkan pada konten jenis ini kebanyakan bersifat spesifik pada brand Anda sendiri.
Jumlah search volume dari keyword yang ditargetkan tersebut, bergantung pada seberapa besar tingkatan brand awareness bisnis Anda yang telah tercipta.
Tapi, jikapun bisnis Anda masih baru, konsep seperti ini juga ampuh untuk mengundang simpati audiens agar mengenal lebih dalam tentang bisnis Anda.
Adapun konten yang bisa digunakan di dalam konsep ini adalah konten-konten yang menceritakan tentang kegiataan perusahaan soal kebersihan bersama, kegiatan amal perusahaan, kegiatan kepedulian perusahaan terhadap sesama dan lain-lain.
2. Terapkan Ilmu SEO Copywriting.
Yang kedua adalah dengan menerapkan SEO Copywriting.
SEO Copywriting adalah proses pembuatan konten website yang tidak hanya memenuhi search intent keyword yang ditargetkan, tapi juga memenuhi nilai-nilai daripada copywriting.
Baca Juga: Panduan SEO Copywriting Lengkap untuk Pemula
Teknik ini selain bisa memaksimalkan website agar dapat tampil di halaman pertama Google, juga mampu memaksimalkan konten untuk bisa lebih menghasilkan. Cocok digunakan untuk konten dengan jenis search intent komersial.
3. Sebarkan Link Melalui Media Sosial Lain.
Ketiga adalah dengan melakukan sharing link blog di media sosial lain. Anda bisa sharing link blog Anda di story Instagram, WhatsApp atau juga melalui platform Facebook, LinkedIn dan juga Twitter.
Pastikan Anda memberikan sedikit kata-kata yang mampu menarik perhatian pengunjung atau viewers untuk mengkliknya.
4. Buat Intro Artikel di Platform Berbeda.
Keempat, hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya saja kata-kata yang diperlukan untuk menarik perhatian pengunjung lebih panjang.
Anda bisa menggunakan intro artikel baru yang juga bisa mengarahkan pengunjung ke dalam web blog. Hindari untuk menggunakan intro artikel yang sebelumnya telah Anda buat.
Contohnya pada gambar di atas, dengan memanfaatkan fitur Buletin LinkedIn, kita bisa memberikan intro artikel yang berbeda sebagai bentuk “pancingan” baru.
Adapun intro asli dari artikel di atas dapat dilihat pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Engagements Instagram Terbaru 2023
5. Repost Artikel di Website UGC
Terakhir adalah dengan melakukan repost artikel di website UGC.
Karena rata-rata website UGC hanya akan memberikan Anda backlink bernilai no follow, maka Anda bisa share kembali artikel blog sepenuhnya di sana. Tapi, agar lebih aman, Anda bisa menggunakan taktik yang sama pada cara yang keempat sebelumnya.
Inilah penjelasan mengenai cara terbaik optimasi blog marketing. Apabila Anda membutuhkan Jasa SEO Profesional Terbaik, hubungi saja Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.