Apa itu Public Marketing Relations – Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pebisnis untuk bisa menjalankan bisnisnya. Salah satu cara yang biasa pebisnis lakukan tersebut adalah memperkuat branding awareness dengan menjalankan kampanye pemasaran.
Pada kampanye pemasaran sendiri terdapat banyak metode yang bisa diterapkan. Satu di antara banyak metode tersebut adalah public marketing relations.
Apa itu public marketing relations?. Secara garis besar kita dapat memahami bahwa public marketing relations adalah strategi pengembangan bisnis. Di dalamnya terdapat 3 strategi utama yakni pull strategy, push strategy, dan juga pass strategy.
Apa itu Public Marketing Relations?
Public Marketing Relations adalah bentuk komunikasi pemasaran yang berfokus pada hubungan masyarakat atau publik. Bentuk komunikasi ini berfokus untuk meningkatkan nilai brand di tengah-tengah publik. Agar lebih mudah menyebutnya, kita akan menyingkat Public Marketing Relations ini sebagai PMR.
Teknik PMR ini berhubungan dengan strategi marketing lainnya, yakni relationship marketing. Intinya adalah bagaimana Anda membangun citra brand menjadi begitu powerful di mata audiens.
Kegiatan-kegiatan seperti konferensi pers, rilis pers, membuat acara khusus untuk brand, termasuk ke dalam pengaplikasian teknik marketing PMR.
Fungsi dan Tujuan
Adapun fungsi dan tujuan dari PMR ini 11-12 dengan fungsi dan tujuan yang pada relationship marketing. Berikut ini adalah fungsi dan tujuan daripada PMR lengkap;
- Sarana komunikasi yang efektif kepada konsumen. Anda akan jauh lebih mudah melakukan edukasi brand.
- Dapat menyakinkan konsumen bahwa bisnis Anda bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.
- Memperkuat hubungan perusahaan dengan konsumen, investor, maupun dengan karyawan.
- Kepercayaan diri perusahaan meningkat drastis.
- Memberikan customer experience yang lebih efektif, brand engagement menjadi lebih meningkat. Citra positif brand melekat dengan kuat.
- Meningkatkan sales growth.
Strategi Public Marketing Relations
Seperti yang sudah MinTiv katakan sebelumnya, terdapat 3 strategi yang diterapkan dalam metode PMR. Adapun 3 strategi tersebut adalah Push, Pull, dan Pass Strategy. Berikut penjelasan perbedaan ketiga strategi tersebut;
1. Push Strategy adalah strategi yang menggunakan sarana tertentu untuk media promosi. Semisal saja jika Anda ingin membuat marketing plan dengan platform utamanya adalah Instagram. Anda menggunakan Instagram tersebut sebagai media utama untuk content marketing. Dengan Instagram itu pula Anda fokus melayani transaksi jual beli melalui Direct Messages. Apa yang dilakukan ini sudah termasuk ke dalam push strategy.
2. Pull Strategy adalah strategi yang membantu adanya permintaan konsumen agar muncul. Jenis strategi ini sendiri bisa Anda lakukan dengan 2 cara, yakni dengan melibatkan iklan yang itu butuh biaya besar, atau dengan melakukan cold calling memanfaatkan database pelanggan.
3. Pass Strategy adalah strategi untuk menciptakan opini publik terhadap citra brand Anda menjadi lebih baik. Untuk bisa melakukannya dengan maksimal, Anda mungkin butuh Key Opinion Leader. Pelajari dengan baik tingkatan KOL sebelum Anda benar-benar memilih untuk bekerja sama dengannya.
Baca Juga: Apa itu KOL Management?
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu public marketing relations. Apabila Anda membutuhkan Jasa Digital Marketing Terbaik, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Website Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu Public Marketing Relations dan Strategi Terbaik untuk Menjalankannya? […]