Cara Membuat Winning Content Marketing – Content marketing adalah strategi marketing yang pilarnya terdiri dari dua bagian penting. Dua bagian penting tersebut adalah pembuatan konten berkualitas dan serta distribusi konten.
Keduanya harus dapat bersinergi dengan baik, karena content marketing adalah nyawa utama daripada penggerak bisnis. Bahkan seorang reseller sekalipun membutuhkan content marketing untuk produk yang ia jual kembali.
Adapun content marketing yang dimaksud adalah gambar dari produk dan kemudian di-share pada sosial media. Layaknya Facebook, Instagram, ataupun E-Commerce.
Baca Juga: Apa itu Content Pillar dan Cara Membuatnya?
Apa yang dilakukan oleh reseller sudah memenuhi syarat dua pilar utama dari content marketing sebelumnya. Ya, dapat dikatakan seluruh jenis marketing channel berawal dari content marketing. Untuk itu, penting bagi pebisnis dapat memahami pembuatan winning content marketing.
Bagaimana caranya?. MinTiv akan menjelaskan kepada Anda, 7 cara membuat winning content marketing. Adapun 7 cara tersebut adalah;
7 Cara Membuat Winning Content Marketing
1. Menentukan Tujuan Content Marketing
Yang pertama adalah menentukan terlebih dahulu tujuan dari content marketing yang akan Anda jalankan. Ya, ukuran strategi content marketing yang sukses bisa didapatkan apabila memenuhi tujuan awal yang telah ditetapkan.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk proses penentuan tujuan content marketing ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound). Sebuah strategi yang diperkenalkan oleh George T. Doran dalam konsep pengelolaan manajemen kinerja.
Adapun tujuan umum dari content marketing biasa mencakup hal-hal di bawah ini;
- Mendapatkan lebih banyak lead prospect.
- Meningkatkan jumlah traffic website.
- Meningkatkan level brand awareness.
- Meningkatkan jumlah konversi.
- dan lain-lain.
2. Mengenali Audiens
Kedua adalah dengan mengenali audiens terlebih dahulu.
Ya, Anda harus paham target audiens Anda. Berpikir dan bertindaklah seperti konsumen ketika mereka menemukan produk bisnis Anda.
Pikirkan hal terbaik yang menjadi kelebihan produk Anda, dan gunakan itu untuk praktik selling dengan USP. Untuk bagian kekurangan produk, Anda bisa memperbaikinya serta meningkatkan kualitasnya.
Setelah mendapatkan bayang-bayang dari materi kelebihan dan peningkatan kualitas produk, jadikan itu pilar dari content marketing Anda. Semisal Anda adalah pemilik dari perusahaan produksi komputer dalam negeri.
Daripada menjelaskan konten tentang cara membuat komputer rakitan, lebih baik Anda fokus pada konten hard selling yang menjelaskan tentang produk Anda. Topik seperti inilah yang sejatinya dicari oleh audiens pada niche bisnis Anda.
3. Memilih Jenis Konten
Ketiga, adalah dengan memilih jenis konten.
Ada banyak jenis konten yang ada pada content marketing. Mulai dari posting blog, podcast, webinar, video, gambar, animasi, dan lain-lain. Memilih jenis konten untuk kemudian fokus dijalankan bukanlah hal yang mudah.
Untuk memandu Anda, silahkan jawab pertanyaan di bawah ini;
- Jenis konten apakah yang disukai oleh audiens Anda?.
- Jenis konten apakah yang Anda kuasai untuk proses pembuatan dan distribusinya?.
4. Menemukan Konten yang Disukai oleh Audiens
Langkah berikutnya, berkesinambungan dengan langkah sebelumnya.
Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan “Jenis konten apakah yang disukai oleh audiens Anda?”, Anda jelas butuh riset yang mendalam. Beruntungnya, di zaman serba digital sekarang ini, Anda bisa melakukannya dengan mudah dengan bantuan tools digital, seperti;
- Google Keyword Planner.
- SEMrush.
- Ahrefs.
- Google Trends.
- dan lain-lain.
5. Prioritaskan Konten yang Disukai oleh Audiens
Berikutnya adalah mulai memprioritaskan konten yang disukai oleh audiens.
Untuk bisa memutuskan prioritas konten ini, Anda perlu memahami konsep A/B testing dengan baik.
A/B testing adalah metode untuk membandingkan 2 atau lebih varian strategi marketing satu sama lain demi menentukan mana yang memiliki kinerja lebih baik seperti jumlah klik yang didapatkan ataupun matriks penting bisnis lainnya.
Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan skala 0-3, dengan detail;
- 0, konten tidak disukai sama sekali.
- 1, konten produk sedikit membantu.
- 2, terdapat feedback dari marketing konten yang dijalankan, dan audiens menyatakan itu berguna. Tetapi masih terdapat alternatif yang lebih baik.
- 3, informasi produk Anda menjadi yang terbaik untuk niche bisnis Anda.
6. Scheduling Post
Selanjutnya adalah dengan membuat jadwal konten.
Untuk ini, Anda bisa mengandalkan tools otomatis menggunakan Creator Facebook Studio, ataupun Meta Business Suite. Pastikan bahwa Anda membuat konten pada hari-hari besar nasional/internasional tersendiri.
Hal ini penting untuk mempermudah proses pembuatan konten serta scheduling konten Anda menjadi lebih cepat.
7. Promosi Konten di Berbagai Platform
Yang terakhir adalah mempromosikan konten tersebut di berbagai platform.
Ada banyak pilihan platform yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Instagram. Ya, perlu diketahui bahwa Instagram menjadi salah satu media terbaik untuk social media marketing.
Data dari Websiterating.com juga mengatakan bahwa Instagram memiliki statistik data yang dapat menguntungkan pebisnis. Adapun statistik tersebut antara lain;
- Instagram memiliki jumlah pengguna aktif di seluruh dunia mencapai 12.8 miliar untuk bulanan, dan harian mencapai 500 juta pengguna.
- Instagram adalah situs website nomor 7 yang paling banyak dikunjungi di dunia.
- Pengguna Instagram pada umumnya menghabiskan waktu sekitar 53 menit per hari. Sekitar 70% menonton stories videos setiap hari.
- 63% pengguna membuka Instagram setidaknya sekali sehari.
- Indonesia adalah negara keempat yang warga negaranya paling banyak menggunakan Instagram, setelah India, Amerika Serikat dan juga Brazil.
Inilah penjelasan lengkap tentang panduan membuat winning content marketing.
Baca Juga: Panduan Lengkap Melakukan Brand Storytelling
Apabila Anda membutuhkan Jasa Konten Profesional, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.