Cara Mengoptimalkan Long-tail Keywords – Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mengoptimalkan performa website. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari SEO lengkap. SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine.
Ilmu ini biasanya difokuskan untuk search engine terpopuler di dunia yakni Google. Di dalam proses pembelajaran yang ada, kita akan menemukan banyak metode penting. 4 di antaranya adalah Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, dan juga Off Page SEO.
Nah, di dalam artikel ini MinTiv ingin membahas salah satu dari teknik penerapan metode On Page SEO. Teknik itu adalah pembuatan konten website berkualitas. Lebih spesifik lagi, yakni mengenai proses riset keyword.
Ya, ketika kita ingin membuat sebuah konten website yang berkualitas, dan ditujukan untuk dapat perform, maka kita harus dapat memahami proses riset keyword yang baik. Keyword di dalam SEO sendiri terdiri dari banyak jenis. 2 yang paling umum, berdasarkan jumlah katanya adalah Short-tail keywords dan Long-tail keywords.
Sesuai dengan namanya short-tail keywords adalah keywords yang terdiri dari kata yang pendek, maksimal 2 kata saja. Keywords seperti ini banyak digunakan oleh website-website besar dan tidak mengherankan jika keywords ini memiliki persaingan yang sangat ketat.
Meskipun memiliki search volume yang tinggi, tetapi persaingan konten untuk keywords yang ketat, menjadikan banyak SEO marketer beralih ke long-tail keywords. Lantas apa itu long-tail keywords?, bagaimana cara mengoptimalkan long-tail keywords?.
Semua pertanyaan Anda di atas, akan MinTiv kupas lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Long-tail Keywords?
Long-tail keywords adalah keywords yang terdiri dari 2-4 kata di dalamnya. Keywords ini pada umumnya memiliki persaingan konten yang tidak begitu sulit. Plus search volume atau jumlah pencariannya cukup besar. Tidak heran jika long-tail keywords menjadi primadona untuk banyak SEO marketers.
Sayangnya, semakin banyak SEO marketers dan website-website besar yang mulai bermain di ranah jenis keywords ini, menjadikan tingkat persaingan konten di dalamnya, jadi tidak mudah-mudah amat.
Lalu, apa yang harus Anda lakukan?. Jawabannya adalah dengan melakukan proses optimasi long-tail keywords ini, lebih unik dari biasanya. Bagaimana caranya?. MinTiv akan segera menjelaskannya.
Cara Mengoptimalkan Long-tail Keywords
1. Gunakan Tools Research Keyword Mumpuni
Tips atau cara pertama yang bisa Anda andalkan untuk proses optimasi long-tail keywords adalah dengan menggunakan tools research keyword mumpuni. Rekomendasi tool terbaik dari MinTiv sendiri, sejauh ini masih jatuh pada SEMrush.
Ya, di SEMrush kita bisa menemukan banyak fitur yang dapat membantu proses riset keywords jadi lebih kaya akan data. Prioritaskan untuk menggunakan keywords yang search volumenya cukup tinggi, dengan metrik keyword difficult-nya berada di angka 29 atau berwarna hijau.
Anda bisa saja menggunakan alternatif lain dari SEMrush, semisal Google Keyword Planner.
2. Prioritaskan Pada Keyword yang Relevan dengan Website Anda
Tips atau cara yang kedua adalah dengan memprioritaskan keyword yang ditargetkan relevan dengan website Anda. Semisal Anda adalah pebisnis jual beli Sepeda, maka Anda bisa menggunakan keywords yang di dalamnya mengandung kata sepeda.
“Ada tips lain gak MinTiv?, yang barusan, sederhana banget..”
Tenang. MinTiv pasti punya cara lain. Anda bisa memaksimalkan penggunaan tool gratis dari Google yakni Google Search Console.
Anda bisa melihat di dalamnya, tentang 10 keywords yang paling banyak digunakan pengguna untuk bisa menemukan website Anda. Maksimalkan keywords tersebut untuk menjadi target utama kampanye SEO Anda.
3. Manfaatkan Quora atau Forum-Forum Sejenis
Ya, Anda bisa memanfaatkan Quora. Media sosial bookmark yang berbentuk forum tanya-jawab online. Media sosial ini diciptakan oleh mantan Chief Technical Officer dari Facebook, Adam D’Angelo di tahun 2010.
Di dalamnya, Anda bisa menemukan banyak pembahasan yang menarik dari pertanyaan yang diajukan. Tidak jarang, jawaban yang diberikan oleh Quorawan dan Quorawati tidak dapat ditemukan di website-website konvensional. Inilah kelebihan dari Quora.
Apakah harus Quora?. Tentu saja tidak ya, Anda bisa memanfaatkan media sosial sejenis seperti Reddit, Kaskus, Kbin, Lemmy, dan lain-lain. Inti daripada pemanfaatan Quora dan media sejenis ini adalah, Anda yang paham akan pentingnya Question Keywords. Apa itu Question Keywords?, ketahui lebih banyak melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Question Keywords, dan Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
4. Masukkan Keyword dalam Judul Konten
Keempat, dalam cara mengoptimalkan long-tail keywords adalah memasukkan keyword utama di dalam judul. Sederhana bukan?. Selain memuatnya di dalam judul konten, Anda juga harus dapat memuatnya di dalam meta description, URL, subheading, dan juga pastinya alt image.
Tetapi ingat!, jangan sampai berlebihan melakukannya. Jika iya, maka Google akan menganggap upaya Anda tersebut masuk ke dalam kategori Black Hat SEO.
5. Coba Sertakan Brand Keywords
Cara kelima yang bisa Anda lakukan, adalah dengan menyertakan brand keywords. Sesuai dengan namanya, brand keywords adalah kueri pencarian yang berkaitan dengan nama brand, produk atau jasa perusahaan Anda.
Baca Juga: Cara Optimasi Branded Keyword Lengkap
Brand keywords ini sangat ampuh digunakan untuk meningkatkan visibilitas nama bisnis di search engine. Menggunakan brand keywords, berarti Anda sudah menerapkan long-tail keywords ke level yang lebih spesifik.
Ada banyak keuntungan yang bisa diraih dari brand keywords ini. 3 di antaranya adalah;
- Meningkatkan visibilitas nama bisnis di search engine.
- Menghindarkan Anda dari persaingan konten yang super ketat. Brand keywords pada umumnya memiliki fokus persaingan pada 1 brand saja.
- Membantu website untuk mendapatkan lebih banyak lead dan konversi.
Bagaimana contoh penggunaan brand keywords ini MinTiv?.
Mudah, semisal Anda adalah pebisnis jual beli sepeda dengan nama brand atau tokonya adalah Terus Ngepit (Bahasa Jawa Orang Jogja untuk orang yang bersepeda). Maka Anda bisa menggunakan keywords utama seperti di bawah ini;
Jual Sepeda Toko Terus Ngepit.
Tentu saja, Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan bisnis Anda sendiri.
6. Mengoptimalkan Sinonim Keyword
Cara berikutnya adalah dengan mengoptimalkan sinonim dari keyword utama yang digunakan. Semisal Anda ingin membuat konten untuk bisnis Jasa Bangun Rumah Jogja. Daripada buru-buru menggunakan keyword Jasa Bangun Rumah Jogja, Anda bisa terlebih dahulu menggunakan keyword lain yang maknanya sejenis.Semisal Jasa Arsitektur Rumah Jogja.
Anda bisa memanfaatkan fitur related searches di SERP (Search Engine Results Pages) untuk dapatkan kosa kata lain yang semakna dengan target keyword utama.
7. Bangun Backlink yang Relevan
Cara terakhir, adalah dengan membangun backlink yang relevan. Ya, meskipun backlink adalah bagian dari teknik penerapan metode Off Page SEO.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Gratis yang Berkualitas
Tetapi Anda bisa menggunakannya untuk memperluas jangkauan audiens yang didapatkan.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu long-tail keywords di dalam SEO?. keywords yang terdiri dari 2-4 kata di dalamnya.
- Apa keuntungan menggunakan long-tail keywords?. Menghindarkan Anda dari persaingan konten yang ketat, dengan search volume yang cukup.
- Bagaimana cara mendapatkan long-tail keywords yang tepat untuk website?. Sesuaikan dengan niche konten website Anda.
- Bagaimana cara mengoptimalkan long-tail keywords untuk website?. 3 di antaranya, 1. Gunakan tools research keywords. 2. Lihat data keywords website di GSC 3. Manfaatkan question keywords.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu long-tail keywords, beserta cara mengoptimalkannya. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan Jasa SEO Website Terbaik, dengan pelayanan lengkap. Hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: SEO vs Google Ads, Manakah yang Paling Unggul?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.