SEO VS Google Ads – Ada banyak strategi pemasaran yang bisa Anda pilih di era digital saat ini. 2 di antaranya adalah strategi SEO dan Google Ads. SEO dan Google Ads memiliki cara kerja yang berbeda. Tak heran jika kedua strategi ini mempunyai hasil yang berbeda. Namun secara umum kedua strategi ini sama-sama bisa menguntungkan bisnis.
Namun, selalu ada pertanyaan menarik mengenai 2 strategi tersebut. Pertanyaan ini adalah;
SEO vs Google Ads, Mana yang Lebih Baik?
Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita mengetahui pengertian kedua strategi tersebut.
SEO adalah proses optimasi website agar bisa muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Ilmu ini difokuskan pada kata kunci tertentu yang menjadi sasaran utama. Sedangkan Google Ads merupakan alat periklanan digital dari Google.
Baca Juga: Apa itu Bad Links di dalam Website?
Alat ini biasanya digunakan sebagai bagian dari strategi SEM. SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Strategi optimasi website agar bisa tampil di bagian atas halaman hasil mesin pencari, dengan cara membayarnya.
Pada artikel kali ini MinTiv akan berbagi wawasan tentang perbedaan keduanya. Mempelajari perbedaan kedua jenis strategi ini akan memudahkan Anda menentukan mana yang terbaik untuk strategi website bisnis Anda.
Perbedaan Antara SEO vs Google Ads
Untuk dapat mengetahui perbedaan keduanya, kita memerlukan titik perbandingan. MinTiv akan menggunakan 3 poin perbandingan. 5 poin perbandingan tersebut adalah;
- Usaha/Biaya yang Diperlukan.
- Jangkauan yang Diperoleh.
- Hasil yang Diperoleh.
Perbedaan keduanya akan kita mulai bahas dari poin pertama.
1. Usaha/Biaya yang Diperlukan
SEO membutuhkan upaya yang kompleks. Hal ini wajar karena SEO terdiri dari 4 metode utama yaitu SEO On-Page, SEO Off-Page, Local SEO , dan Technical SEO. Keempat cara tersebut harus bisa Anda jalankan dengan maksimal.
Selain itu, Anda harus peka terhadap perkembangan tren konten dan algoritma mesin pencari terkini. Memahaminya akan membantu Anda menghindari Black Hat SEO. Black Hat SEO adalah praktik yang melanggar pedoman mesin pencari untuk memanipulasi SERP (halaman hasil mesin pencari) untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.
Soal biaya, SEO tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Biaya yang dibutuhkan hanya berupa biaya sewa domain dan hosting. Kadang-kadang namun tidak sering, diperlukan biaya untuk pemeliharaan situs web.
Bagaimana dengan Google Ads?
Google Ads mengharuskan Anda memahami target pasar dan target audiens Anda dengan baik. Anda harus bisa menemukan buyer persona yang tepat. Ya, Google Ads mengharuskan Anda melakukan data enrichment dengan baik.
Selain itu, Anda harus siap memantau dashboard periklanan setiap hari agar iklan yang Anda jalankan tetap sesuai target dan tidak melebihi atau dibawah batas metrik yang telah ditentukan.
Bagaimana dengan biaya untuk Google Ads?, Jika bisnis yang Anda jalankan masih tergolong baru, maka akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Tergantung juga pada area penargetan iklan yang dipilih, jenis iklan yang dipilih, dan lain sebagainya.
2. Jangkauan Audiens yang Diperoleh.
Jangkauan audiens yang didapat dari SEO cukup luas. Anda bisa mendapatkan jangkauan audiens yang cukup luas dari konten website yang berhasil menduduki posisi teratas halaman hasil mesin pencari.
Ditambah lagi, Anda dapat memperluas jangkauan audiens Anda menggunakan beberapa teknik SEO seperti menyematkan backlink pada website lain yang berkualitas dan relevan. Anda dapat memperluas jangkauan audiens yang ada sambil memastikan audiens tetap ditargetkan. Strategi lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan melakukan teknik content placement, link building, blogwalking, brand mention, dan lain-lain.
Lalu bagaimana dengan jangkauan audiens yang Anda dapatkan dari Google Ads?
Dari titik ini, Google Ads jauh lebih unggul. Konten website yang Anda jalankan sebagai iklan di Google Ads dapat muncul di berbagai media atau platform milik Google. Mulai dari website yang terafiliasi dengan publisher Adsense, video YouTube, dan juga aplikasi Play Store.
Anda juga dapat menargetkan iklan yang muncul pada demografi audiens yang sesuai.
3. Hasil yang Diperoleh
Titik perbandingan terakhir adalah hasil yang diperoleh. Pada poin terakhir ini, SEO memiliki keunggulan dalam jangka panjang. Hal ini wajar mengingat hasil SEO bisa bertahan lebih dari 1, 2, 3 tahun, atau bahkan lebih, tanpa Anda harus memikirkan biayanya.
Sedangkan hasil yang diperoleh dari Google Ads bergantung pada anggaran iklan yang Anda miliki. Jika anggaran iklan Anda habis, konten website Anda tidak akan lagi muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari.
Meski begitu, banyak orang yang mengatakan bahwa Google Ads lebih unggul dalam hal perolehan prospek dan konversi. Anggapan tersebut tidak salah, namun melalui SEO kita juga bisa memaksimalkan lead dan konversi. Caranya adalah dengan mempelajari Local SEO.
Local SEO adalah strategi optimasi mesin pencari yang membantu bisnis Anda lebih terlihat di hasil pencarian lokal di Google. Bisnis apa pun yang memiliki lokasi fisik atau melayani wilayah geografis bisa mendapatkan keuntungan dari Local SEO.
Mana yang Lebih Baik?
Jadi, SEO vs Google Ads mana yang lebih baik?
Jawaban dari pertanyaan ini tergantung pada situasi dan juga tujuan yang ingin dicapai. SEO menjadi pilihan terbaik bagi pebisnis yang tidak memiliki keuangan bagus dan ingin mendapatkan ROI (Return on Investment) maksimal tanpa memerlukan modal (uang) yang banyak.
Sedangkan Google Ads menjadi pilihan terbaik bagi para pebisnis yang sudah memiliki keuangan bagus dan ingin mendapatkan lead dan konversi dengan cepat.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu SEO?. Proses optimasi website agar bisa muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari.
- Apa itu Google Ads?. Alat periklanan digital dari Google.
- SEM adalah? Singkatan dari Search Engine Marketing. Strategi optimasi website agar bisa tampil di bagian atas halaman hasil mesin pencari, dengan cara membayarnya.
- Apa saja poin pembanding untuk SEO dan Google Ads?. 1. Usaha/Biaya yang Diperlukan. 2. Jangkauan yang Diperoleh. 3. Hasil yang Diperoleh.
- Manakah yang lebih unggul antara keduanya?. Tergantung dari tujuan kampanye website bisnis Anda.
Inilah penjelasan lengkap tentang SEO vs Google Ads. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Google Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Organic Traffic vs Paid Traffic, Mana yang Terbaik?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.