Organic Traffic vs Paid Traffic – Ketika menjalankan SEO, maka kita akan menjumpai banyak metrik penting yang mesti dipelajari. Satu di antara banyak metrik penting tersebut adalah metrik traffic. Apa itu metrik traffic?. Metrik traffic adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak pengunjung yang datang ke dalam website dalam kurun waktu tertentu.
Dapat dikatakan bahwa metrik ini menjadi metrik yang paling sering digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan kampanye SEO. Bahkan di kalangan amatir, metrik ini menjadi satu-satunya patokan. Padahal, hal seperti itu tidak relevan ya.
Metrik traffic sendiri terdiri dari banyak jenis. 6 di antaranya adalah;
- Organic traffic: Traffic yang didapatkan dari hasil pencarian keyword utama konten website di Google.
- Paid traffic: Traffic yang didapatkan dengan cara membayar biaya promosi di layanan iklan digital, seperti Google Ads.
- Direct traffic: Traffic yang didapatkan dari pencarian url website langsung di address bar web browser.
- Referral traffic: Traffic yang didapatkan dari website lain, di mana link website Anda berada di dalamnya.
- Social traffic: Mirip dengan referral traffic, hanya saja traffic berasal dari berbagai jenis media sosial.
- Email traffic: Mirip dengan sebelumnya, hanya saja traffic berasal dari kegiatan email marketing atau newsletter.
Di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih tentang 2 metrik traffic teratas. Yakni metrik organic dan paid traffic. Keduanya bahkan menjadi jenis metrik yang muncul sebagai bagian dari visualisasi data hasil domain overview SEMrush.
Ada banyak pertanyaan yang timbul ketika membahas kedua jenis traffic ini. Terutama mengenai pertanyaan manakah yang paling unggul.
Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai perbedaan organic traffic vs paid traffic. Penasaran bagaimana penjelasan lengkapnya?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Organic Traffic vs Paid Traffic
Kita akan membahas perbedaan keduanya melalui 4 poin penting. 4 poin penting tersebut adalah;
- Sumber traffic.
- Biaya yang diperlukan.
- Keberlanjutan.
- Kredibilitas.
Kita mulai dari membahas poin yang pertama, yakni sumber traffic.
Sumber Traffic
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, organic traffic adalah traffic website yang didapatkan dari pencarian keyword konten di search engine. Jenis metrik traffic ini menjadi jenis yang paling disukai oleh banyak pebisnis. Tetapi, untuk bisa mendapatkannya secara maksimal, bukanlah perkara yang mudah.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Google Berkualitas
Anda diharuskan untuk paham ilmu SEO secara lengkap. Terlebih pada 4 metode utamanya, yakni Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, dan Off Page SEO.
Lalu bagaimana dengan paid traffic?. Paid traffic didapatkan dengan cara membayar iklan digital seperti Google Ads agar keyword konten website tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine.
Konten yang ditujukan untuk mendapatkan paid traffic ini, dapat dengan mudah kita kenali melalui label sponsored di halaman hasil pencarian.
Biaya yang Diperlukan
Poin perbedaan yang kedua adalah biaya yang diperlukan. Untuk biaya yang diperlukan demi mendapatkan organic traffic, secara garis besar adalah gratis. Yang perlu Anda lakukan “hanyalah” usaha dan konsistensi menjalankan kaidah SEO friendly di dalam website. Terus menghasilkan konten-konten yang berkualitas yang mampu menjawab search intent target audience.
Untuk paid traffic, jelas Anda akan memerlukan banyak biaya (uang) yang tidak sedikit. Banyaknya biaya ini sebenarnya tergantung dari performa iklan yang dijalankan. Apabila iklan memiliki performa cost per mile dan juga click-through rate yang baik, maka biaya iklan yang diperlukan dapat ditekan semaksimal mungkin.
Keberlanjutan
Poin berikutnya adalah keberlanjutan, atau gampangnya seberapa awet hasil yang didapatkan. Jika Anda menjalankan website untuk mendapatkan lebih banyak organic traffic, maka kemungkinan besar konten Anda akan bertahan lama di SERP (Search Engine Result Page).
Contohnya seperti konten website Creativism di bawah ini, yang terus berada di urutan teratas SERP, meskipun konten telah diupload 5 Juli 2022 lalu.
Sedangkan hasil yang didapatkan dari paid traffic, tergantung kepada biaya atau anggaran iklan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki dana sebesar 1 juta dollar, mungkin saja iklan konten website Anda bisa bertahan 1-2 tahun di SERPs. Mungkin.
Kredibilitas
Terakhir, adalah kredibilitas. Dari poin ini, organic traffic unggul. Wajar, karena konten website yang ditujukan untuk mendapatkan organic traffic, tidak mudah hilang di urutan teratas SERP. Hal ini menjadikan nilai kepercayaan dan kredibilitas yang dimiliki, lebih tinggi.
Hal inilah yang tidak dimiliki oleh konten website yang ditujukan untuk mendapatkan paid traffic.
Manakah yang Lebih Unggul? Organic Traffic vs Paid Traffic
Terkait pertanyaan ini, sebenarnya tergantung dari tujuan kampanye web marketing Anda. Apabila Anda menginginkan proses promosi jangka panjang dengan biaya yang minim, maka jelas mendapatkan organic traffic adalah prioritas terbaik.
Jika Anda menjalankan web marketing demi tujuan untuk cepat mendapatkan lead dan konversi bisnis, maka jelas mendapatkan paid traffic adalah prioritas terbaik. Sekali lagi, keunggulan keduanya tergantung kepada tujuan web marketing Anda. Kebanyakan pebisnis bahkan malah menjalankan keduanya.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu Organic Traffic?. Organic traffic adalah traffic yang didapatkan dari hasil pencarian keyword utama konten website di search engine.
- Apa itu Paid Traffic?. Traffic yang didapatkan dengan cara membayar biaya promosi di layanan iklan digital, seperti Google Ads.
- Apa saja poin pembeda Organic Traffic dan Paid Traffic?. Sumber traffic, biaya yang diperlukan, keberlanjutan, kredibilitas.
- Manakah yang lebih baik untuk didapatkan?. Tergantung dari tujuan utama web marketing Anda. Untuk keuntungan jangka panjang, organic traffic terbaik. Untuk jangka pendek, yakni mendapatkan lead dan konversi dengan cepat, paid traffic terbaik.
Inilah penjelasan lengkap tentang organic traffic vs paid traffic. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik yang dapat membantu Anda dapatkan organic traffic maksimal, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Tools Terbaik untuk Local SEO, Apa Saja?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.