Pengertian Cold Calling – Telemarketing adalah teknik marketing yang menggunakan media telepon sebagai sarana utamanya. Teknik ini digunakan bersamaan dengan komunikasi bisnis yang baik. Ya, komunikasi yang baik di dalam telemarketing adalah kunci kesuksesan strategi.
Apabila proses yang dilakukan berjalan dengan lancar, maka kualitas relationship marketing dari bisnis Anda akan meningkat drastis. Yang pada akhirnya itu akan berimbas pada peningkatan konversi bisnis.
Di dalam penerapan telemarketing, terdapat banyak metode yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah metode cold calling. Apa itu Cold Calling?, MinTiv akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Pengertian Cold Calling
Cold calling adalah salah satu metode di dalam telemarketing yang dilakukan dengan cara menghubungi calon pelanggan potensial. Bahkan cold calling tidak hanya bisa diterapkan di dalam telemarketing tetapi juga ke dalam jenis marketing channel lainnya.
Sebut saja email marketing, instagram marketing, web marketing dan lain-lain. Tujuan utama daripada cold calling adalah menciptakan peluang bisnis yang baru atau mempercepat proses bisnis untuk memenuhi KPI yang telah ditetapkan sebelumnya.
Baca Juga: Apa itu Marketing Plan dan Cara Membuatnya?
Strategi ini dapat berjalan dengan baik apabila Anda menguasai bahasa promosi yang persuasif. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Cold Calling ini. 3 di antaranya adalah;
Manfaat Cold Calling
1. Memudahkan Anda untuk Identifikasi Peluang Bisnis
Manfaat yang pertama adalah memudahkan Anda untuk identifikasi peluang bisnis yang ada. Anda jadi lebih dekat dengan pelanggan, serta mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar yang ada. Anda pastinya akan memiliki database berlimpah terkait buyer persona niche bisnis Anda.
Dengan itu, Anda bisa melakukan strategi marketing seperti segmented marketing ataupun behavior targeting. Paling mudah dipahami, Anda bisa menyesuaikan tawaran produk bisnis dengan kemampuan dari audiens market.
2. Meningkatkan Konversi atau Lead Bisnis
Manfaat kedua yang akan Anda dapatkan dari cold calling adalah peningkatan lead bisnis. Ya, ini adalah efek domino dari manfaat sebelumnya. Strategi marketing yang dipersonalisasi tentunya akan menjadikan pelanggan Anda lebih diperhatikan.
Pelanggan merasa bahwa kebahagiaan dan kepuasaan mereka dalam bisnis tersebut adalah prioritas Anda.
3. Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan
Terakhir adalah meningkatkan kualitas hubungan bisnis dengan pelanggan. Level brand awareness yang dimiliki dari bisnis meningkat drastis, dan Anda akan temukan banyak feedback positif.
Setelah membahas tentang pengertian cold calling beserta dengan manfaatnya, MinTiv akan langsung menjelaskan strategi terbaik untuk melakukan cold calling. Di sini MinTiv akan memberikan 8 strategi terbaik itu;
7 Strategi Cold Calling Terbaik
1. Riset Buyer Persona
Pertama yang harus Anda lakukan adalah riset buyer persona. Buyer persona sendiri adalah gambaran atau deskripsi sempurna dari pembeli produk bisnis Anda. Mulai dari umur, gender, wilayah dan juga lain-lain. Di zaman serba digital sekarang ini, Anda bisa melakukan riset buyer persona dengan mudah melibatkan tools digital marketing. Sebut saja SEMRush ataupun Ahrefs.
2. Membangun Komunikasi Personal yang Baik
Yang kedua adalah dengan membangun komunikasi personal yang baik.
Bicaralah seramah mungkin, dan gunakan nama mereka selama mengobrol. Jangan memotong pembicaraan daripada calon pelanggan Anda. Dengarkan keluh kesah mereka sampai selesai. Tunjukkan rasa kepedulian Anda terhadap pelanggan dengan memberikan feedback.
Feedback di sini dapat berupa saran, permintaan maaf karena produk Anda kurang memuaskan, janji untuk lebih memuaskan pelanggan dengan produk Anda di kemudian hari, dan lain-lain.
3. Berikan Solusi Terbaik
Cold calling memang menuntut Anda untuk mendengarkan calon pelanggan sepenuhnya. Tetapi itu bukan berarti Anda hanyut pada perasaan pelanggan tersebut. Tetapkan fokus untuk temukan solusi terbaik pada masalah tersebut.
Pertajam product knowledge yang Anda miliki, dan kemudian jelaskan bagian unik atau keunggulan dari produk Anda, yang sekiranya bisa menjadi solusi masalah pelanggan. Teknik ini sendiri disebut dengan Unique Selling Point.
4. Melakukan Follow Up
Strategi yang keempat adalah dengan membuat jadwal follow up. Follow up penting untuk dilakukan karena bisa jadi pelanggan baru akan melakukan transaksi di kesempatan yang kedua atau ketiga.
Baca Juga: Cara Melakukan Follow Up Agar Tidak Mengganggu Customer
5. Menentukan Tujuan yang Jelas
Kelima adalah dengan menentukan tujuan yang jelas di setiap langkah Anda. Jika Anda melakukan follow up, maka tentukan tujuan berapa kali Anda harus melakukan itu pada pelanggan yang sama. Jika Anda menetapkan dalam sebulan melakukan 3 follow up pada pelanggan yang sama, maka lebih dari itu, tidak perlu dilakukan follow up lagi.
Mengapa?, hal ini penting agar calon pelanggan tidak mendapatkan kesan pemaksaan.
6. Buat Skrip untuk Memulai Proses Cold Calling dan Follow Up
Selanjutnya adalah dengan membuat skrip untuk memulai proses cold calling dan juga follow up. Skrip akan memudahkan Anda untuk berbicara lantang dan lancar. Anda jadi tidak lemot memberikan jawaban kepada calon pelanggan.
Kunci dari skrip untuk cold calling ini adalah product knowledge yang kuat. Mempelajari FAQ di dalam bisnis tentunya akan sangat membantu proses komunikasi Anda. Untuk skrip bagian follow up, usahakan untuk memberikan penawaran spesial.
7. Waktu yang Tepat
Terakhir adalah dengan mempertimbangkan waktu untuk cold calling yang tepat. Kapankah itu?, pagi hari, malam hari atau siang hari?.
Jawaban pertanyaan ini sebenarnya bergantung pada hasil riset Anda terhadap buyer persona di langkah awal. Dengan mengetahui deskripsi sempurna pembeli ideal Anda, Anda pastinya akan tahu di jam-jam berapa saja buyer tersebut bisa dihubungi tanpa merasa terganggu.
Inilah pengertian cold calling beserta dengan penjelasan manfaat dan cara melakukannya. Apabila Anda membutuhkan partner yang tepat untuk konsultasi bisnis digital marketing, hubungi Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Profesional Bandung
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.