Cara Follow Up Customer – Apa yang akan Anda lakukan jika Anda memiliki 1000 data konsumen yang pernah menghubungi Anda?. Pastinya Anda akan menjawab pertanyaan ini dengan jawaban yang sudah pasti. Yaps, melakukan follow up. Teknik marketing memanfaatkan data customer yang sudah ada untuk kemudian diberikan informasi baru terhadap produk yang sebelumnya pernah dibicarakan.
Kebanyakan teknik follow up digunakan untuk customer yang hampir melakukan pembelian. Meskipun pada faktanya, teknik follow up ini bisa saja digunakan untuk customer yang sudah pernah melakukan pembelian. Teknik ini tidak hanya akan meningkatkan persentase penjualan, namun juga meningkatkan rasa sensitivitas Anda terhadap apa yang sebenarnya customer inginkan.
Anda jadi tahu bagian mana dari produk atau layanan Anda yang memang perlu dilakukan perbaikan. Rasa sensitivitas ini yang kemudian menjadikan customer merasa lebih dihargai. Mereka akan dengan senang hati memberikan Anda feedback jika memang pelayanan & follow up yang Anda lakukan berjalan baik.
Lalu bagaimana cara melakukan follow up customer yang baik?.
“Saya sudah melakukan follow up, tapi customer malah terganggu”.
Simak artikel ini baik-baik!.
Cara Follow Up Customer Agar Cepat Closing!
1. Ucapkan Salam Hangat.
Yang pertama adalah dengan mengucapkan salam yang hangat. Sama halnya seperti kita, customer juga bisa lupa dengan siapa mereka pernah berkomunikasi. Oleh sebab itu, jangan langsung merasa akrab dengan customer hanya karena mereka pernah menghubungi Anda.
Gunakan salam, dan ini sangatlah penting. Jangan lupa juga untuk memperkenalkan diri Anda. Setelah itu sediakan space untuk mengungkapkan bahwa si customer pernah menghubungi Anda ketika akan atau telah membeli produk/layanan tertentu.
Anda bisa melihat contohnya seperti gambar yang ada di atas.
2. Berikan Informasi yang Menarik. (Info Diskon, Penawaran Spesial, dan lain-lain)
Kedua, adalah dengan memberikan informasi menarik. Customer tentunya akan merasa sangat diperhatikan, jika Anda lugas memberikan penawaran yang menarik. Penawaran ini bisa saja berupa diskon spesial, pemotongan harga spesial ataupun dengan mengabarkan bahwa bisnis Anda sedang akan menjalankan affiliate marketing.
Jelaskan benefit yang akan didapatkan pada customer. Anda bisa melihat contohnya seperti gambar yang ada di atas.
3. Sampaikan Tujuan To The Point.
Ketiga adalah menyampaikan informasi apa adanya, to the point dan tidak bertele-tele. Tetapi, tetap saja bahasa yang digunakan haruslah sopan. Jangan memberikan paksaan kepada customer untuk cepat membalas pesan yang ada. Terlebih jika customer yang Anda miliki tersebut adalah pebisnis yang sibuk ke sana kemari.
4. Lakukan Sedikit Demonstrasi.
Langkah yang keempat adalah dengan memberikan sedikit demonstrasi. Untuk hal ini bisa Anda lakukan apabila customer mulai tertarik. Anda bisa meminta izin untuk mengirimkan video ataupun sekedar melakukan video call sebentar demi lakukan demonstrasi produk.
Pilihan pertama, mungkin menjadi pilihan yang baik banyak dipilih oleh Anda. Ya, terlebih yang perlu Anda persiapkan hanya video content yang tinggal dikirimkan saja.
5. Meminta Feedback.
Kelima adalah dengan meminta feedback. Lakukan hal ini, baik ketika customer membalas pesan Anda maupun tidak sama sekali. Feedback ini sangat penting untuk Anda, terlebih untuk bagian data pengukuran performance marketing bagian Customer Service.
6. Ucapkan Magic Words.
keenam adalah dengan mengucapkan magic words. Ada dua magic words yang mampu menjadikan customer luluh. Yakni kata maaf dan terimakasih. Anda bisa memadukan keduanya sebagai kata penutup.
7. Jadwalkan Follow Up.
Terakhir adalah dengan melakukan penjadwalan follow up. Penjadwalan ini sendiri tidak memiliki aturan yang baku, Anda bisa menjadwalkannya selama 3 hari 1x, ataupun 1x dalam seminggu, atau bahkan ketika ada promo khusus. Kunci dari penjadwalan ini sendiri bergantung pada respon customer sebelumnya.
Apabila customer tampak terganggu, maka Anda mengabaikannya dan mulai beralih ke customer yang lain.
Inilah penjelasan rinci beserta dengan contoh chat yang MinTiV berikan untuk mempermudah Anda lakukan follow up. Jangan lupa untuk kepoin artikel MinTiv lainnya di Creativism.id/Blog. Jika Anda membutuhkan jasa agen digital marketing, maka Anda bisa menghubungi Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] seperti inilah yang disukai oleh marketer. Mereka tidak perlu lagi berusaha keras untuk lakukan follow up iklan yang sedang dijalankan, karena banyaknya interaksi yang […]
[…] Baca Juga: Ini Dia Cara Lakukan Follow Up yang Tidak Menganggu Calon Pelanggan […]