Apa itu Product Knowledge – Apa yang pertama kali harus Anda lakukan untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor?. Pertanyaan ini akan menimbulkan jutaan jawaban. Tetapi dari sekian banyak jawaban tersebut, pernahkah Anda berpikir bahwa product knowledge termasuk di dalamnya?.
Ya, pemahaman terhadap produk memang wajib Anda miliki pertama kali ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis. Bagian ini menjadi bagian paling dasar yang tanpanya, produk Anda tidak akan bisa memenangkan persaingan dengan kompetitor.
Tapi dengannya, Anda akan mendatangkan banyak pelanggan baru, pelanggan potensial dan juga pelanggan yang loyal.
Lalu, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan product knowledge?. Berikut penjelasannya untuk Anda.
Apa itu Product Knowledge
Menurut Hubspot, product knowledge adalah situasi ketika sales representative benar-benar memahami produk yang dijual. Dengan kata lain, product knowledge adalah pengetahuan terhadap informasi terkait sebuah produk.
Pengetahuan-pengetahuan inilah yang nantinya akan memudahkan Anda untuk “mendorong” pelanggan melakukan pembelian.
Semakin menarik informasi yang diberikan, terutama tentang benefit yang didapatkan, akan semakin tinggi juga harapan untuk pelanggan melakukan pembelian. Oleh sebab itu, wajib bagi Anda untuk memahami dengan baik produk yang dijual belikan, mulai dari harga, manfaat, dan juga kekurangan serta kelebihan.
Manfaat Product Knowledge
Secara garis besar kita memang telah mengetahui manfaat daripada product knowledge. Tapi kurang afdhal rasanya jika kita hanya mengukur manfaat strategi ini pada satu poin saja. Untuk itu MinTiv akan menjelaskan tentang 6 manfaat yang akan didapatkan ketika menjalankan product knowledge. Apa saja?.
1. Melatih Kemampuan Komunikasi
Yang pertama, product knowledge dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam melakukan komunikasi terhadap calon pelanggan. Informasi-informasi produk yang tersimpan pada area wernicke dan broca di dalam otak Anda lebih banyak dan dengannya Anda dapat berbicara kepada pelanggan dengan lancar.
Product knowledge yang baik juga akan membantu Anda untuk menghindari miss communication dengan pelanggan. Komunikasi yang lancar adalah syarat utama dari bisnis berkelanjutan, terlebih bagi Anda yang sedang menerapkan field marketing.
2. Kepercayaan Diri Meningkat
Yang kedua adalah kepercayaan diri yang meningkat. Ini adalah efek domino dari manfaat sebelumnya. Di mana ketika komunikasi Anda lancar dikarenakan penguasaan informasi yang baik, maka itu bisa menambah kepercayaan diri terhadap bisnis.
Kepercayaan diri sangat penting, terutama bagi Anda yang berhubungan langsung dengan pelanggan di meja kasir ataupun melalui sambung telepon (Telemarketing).
Tidak hanya untuk pebisnis, rasa percaya diri yang meningkat dengan penguasaan product knowledge yang baik juga akan dirasakan oleh pelanggan.
Mereka akan lebih percaya diri untuk segera membeli produk Anda, dan segera menceritakannya kepada orang lain terlebih produk tersebut mampu memenuhi ekspektasinya.
3. Bantu Pelanggan untuk Memasuki Proses Marketing Funnels Anda
Tidak bisa dipungkiri memang, bahwa product knowledge adalah poin penting yang tidak boleh dilewatkan dalam brand awareness. Tanpanya, pelanggan tidak akan tahu tentang produk Anda. Anda akan terus berkutat di tingkatan brand awareness terbawah, dan bahkan untuk mencapai brand recognition atau brand recall saja sulit.
Baca Juga: Apa Saja Tingkatan dalam Brand Awareness?
Penguasaan product knowledge yang baik juga dapat digunakan untuk memandu pelanggan melewati marketing funnels yang sebelumnya telah Anda rancang.
4. Jalan Menuju Top of Mind Awareness
Keempat, product knowledge adalah jalan untuk menuju top of mind awareness. Tingkatan brand awareness di mana suatu brand dapat dikenali dengan mudah, bahkan dalam keadaan spontan.
Tingkatan tertinggi inilah yang menjadi dambaan banyak pebisnis, karena, mereka tidak perlu lagi banyak melakukan strategi marketing berkaitan dengan brand awareness dan bisa lebih fokus jalankan strategi lain untuk peningkatan konversi.
5. Penjualan Meningkat
Kelima adalah penjualan yang meningkat. Manfaat ini sudah MinTiv singgung berkali-kali pada paragraf sebelumnya.
6. Memudahkan Anda untuk Tentukan Perencanaan Marketing
Banyaknya informasi yang berhasil Anda kumpulkan dari produk Anda, tentunya akan mempermudah Anda mencari strategi marketing yang cocok. Semisal ketika produk Anda memiliki kelebihan di sisi A, maka Anda dapat melakukan optimasi materi pengenalan produk di sisi tersebut. Dan ketika produk memiliki kelemahan di sisi B, maka Anda bisa merencanakan strategi untuk peningkatan kualitas di sisi tersebut.
Apa Saja Faktor-Faktor Penting dalam Product Knowledge
Ada banyak faktor-faktor penting di dalam product knowledge. Faktor-faktor penting wajib dipelajari agar Anda dapat dengan mudah mencari unique selling point dari produk Anda.
Baca Juga: Apa itu Unique Selling Point dan Cara Menentukannya?
MinTiv akan menjelaskan 7 faktor penting dalam product knowledge. Apa saja?
1. Nilai Produk
Yang pertama adalah nilai dari suatu produk. Value yang ditawarkan pada pelanggan nantinya, bisa menjadi pembanding baginya dengan produk sejenis dari kompetitor. Jika nilai produk Anda ternyata lebih unggul, maka pelanggan pasti akan memilih produk Anda.
2. Harga Produk
Besar kecilnya harga produk memang besar kemungkinan untuk mempengaruhi motivasi pembelian. Tapi hal ini bukan berarti produk yang murah otomatis dapat mengalahkan produk yang mahal. Ingatlah pada konsep Ada Harga Ada Kualitas.
Konsumen pastinya tidak akan segan-segan mengeluarkan dana cukup banyak untuk produk yang memang memenuhi ekspektasi mereka.
3. Sejarah Produk
Ketiga adalah sejarah produk. Berkaitan erat dengan value, perusahaan yang awalnya hanya menjual satu produk dan produk tersebut terkenal berkualitas, tentunya akan memudahkannya untuk membuat produk baru. Pelanggan akan datang sukarela mencoba produk tersebut.
Pada akhirnya, Anda bisa mengembangkan sayap bisnis Anda lebih lebar lagi.
4. Umur dari Produk
Keempat adalah umur dari produk. Ya, pengetahuan produk akan expired date dari suatu produk sangatlah dibutuhkan. Hal ini penting untuk menunjukkan rasa kepedulian Anda terhadap pelanggan. Tentunya Anda tidak mau pelanggan datang mencak-mencak karena telah memilih produk yang expired bukan?.
Anda harus menekankan tentang nilai kejujuran di sini. Sama halnya ketika Anda membeli roti di Alfamart, kasir akan memberitahukan langsung tentang tanggal kadaluarsanya. “Roti ini akan kadaluarsa tanggal 16”.
5. Proses Pembuatan Produk
Kelima adalah proses pembuatan produk. Menceritakan hal ini kepada pelanggan sebenarnya dapat menambah keyakinan mereka untuk membeli suatu produk atau tidak. Terlebih jika produk yang tawarkan adalah produk yang dikenakan langsung, layaknya skincare.
6. Bagaimana Produk Digunakan
Keenam adalah bagaimana produk digunakan. Product knowledge yang satu ini memang sangat penting, terlebih bagi Anda yang menjual produk praktikal.
Sebut saja alat gym. Seorang pelanggan tentunya akan lebih simpati kepada sales yang senantiasa menjelaskan cara penggunaan alat gym tersebut ketimbang yang hanya diam sama sekali.
7. Bagaimana Produk Dapat Bermanfaat
Selanjutnya, adalah menjelaskan tentang bagaimana produk dapat bermanfaat. Penjelasan ini dapat Anda maksimalkan memanfaatkan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Atau bahkan Anda bisa sedikit lebih kreatif dengan menggunakan pengalaman pribadi Anda ketika menggunakan produk Anda sendiri.
Contoh Cara Memaksimalkan Product Knowledge
Terakhir adalah bagaimana cara memaksimalkan product knowledge?. Jawabannya tentu saja adalah dengan memperbanyak waktu mempelajari produk. Mencatat kelebihan dan kekurangan dari produk Anda. Melakukan analisis SWOT terhadap produk Anda dan produk sejenis dari kompetitor.
Buatlah perencanaan yang matang untuk memahami product knowledge, sebelum Anda benar-benar memasarkannnya.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu product knowledge. Apabila Anda membutuhkan agen digital marketing untuk mempermudah Anda dalam proses pemahaman product knowledge Anda dapat menghubungi Creativism.id.
Layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Jangan lupa memahami dengan baik produk Anda terlebih dahulu. Pengetahuan seperti ini, sangat penting untuk bisnis Anda dapat mengungguli pesaing. Adapun pengetahuan seperti ini di dalam bisnis sering disebut dengan product knowledge. […]
[…] bertahan. Adanya customer akan memudahkan Anda untuk mendapatkan sudut pandang baru dalam memahami product knowledge Anda. Anda akan lebih aware untuk memperbaiki kekurangan bisnis Anda, serta meningkatkan kualitas […]
[…] funnel membantu Anda untuk lebih mudah mempelajari Product Knowledge dan juga Unique Selling Point. Sales funnel yang sudah terbentuk dengan baik tentunya akan […]
[…] Bukan hanya branding, pemahaman terhadap produk Anda terkait kelebihan dan kekurangan yang dimiliki akan bertambah (Product Knowledge). […]