Cara Membuat Customer Journey – Customer adalah alasan utama mengapa bisnis dapat terus bertahan. Adanya customer akan memudahkan Anda untuk mendapatkan sudut pandang baru dalam memahami product knowledge Anda. Anda akan lebih aware untuk memperbaiki kekurangan bisnis Anda, serta meningkatkan kualitas bisnis yang sudah ada sebelumnya. Untuk bisa memenangkan hati customer, Anda perlu menjalankan sistem dengan basis customer atau customer base.
Perjalanan untuk Anda mendapatkan customer base tidaklah mudah. Anda harus memikirkan alur terbaik untuk customer bisa dengan mudah memutuskan transaksi ke arah positif. Anda harus memahami customer journey. Apa itu customer journey, dan bagaimana cara membuat customer journey dengan jitu?.
MinTiv akan menjelaskan kepada Anda lengkap di dalam artikel ini..
Apa itu Customer Journey?
Customer journey adalah keseluruhan daripada interaksi yang dialami oleh pelanggan saat sedang berinteraksi dengan produk atau jasa dari suatu brand. Menurut QuestionPro, penerapan ilmu ini tidak terbatas pada proses transaksi saja, melainkan dimulai saat pelanggan mendapatkan informasi tentang brand Anda.
Manfaat terbesar dari customer journey ini adalah peningkatan customer experience. Customer journey bukan hanya tentang proses transaksi, tapi juga tentang bagaimana customer mendapatkan info produk Anda.
Ya, customer journey memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi pada tiap touch point dari customer. Mulai dari tahap awal yakni mendapatkan informasi hingga berakhir ke proses transaksi (sekali/berulang kali).
Anda bisa membaca tentang apa saja manfaat dan tahapan customer journey pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Customer Journey, Manfaat dan juga Tahapannya?
Cara Membuat Customer Journey
Di dalam artikel sebelumnya tersebut, MinTiv memang telah memberikan kepada Anda caranya merancang customer journey. Hanya saja cara yang MinTiv berikan pada Anda sebelumnya bersifat fundamental atau teori dan bukan praktikal. Nah di dalam artikel ini, MinTiv akan berikan Anda penjelasan lengkap tentang bagaimana cara merancang customer journey berdasarkan jenis peta/map.
Di dalam customer journey sendiri terdapat 4 peta. 4 peta tersebut adalah kondisi sekarang, kondisi sehari-hari, masa depan, dan juga kerangka layanan. Bisa juga dikenali dengan current state, day in the life, future state, dan juga service blueprint. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing customer journey berdasarkan 4 peta tersebut;
1. Customer Journey Current State
2. Customer Journey Day in The Life
3. Customer Journey Future State
4. Customer Journey Service Blueprint
Inilah penjelasan lengkap tentang cara merancang customer journey berdasarkan 4 jenis peta. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar customer journey atau ingin mendapatkan partner bisnis yang tepat untuk permudah Anda di dalam proses ini. Hubungi saja Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Bandung Terpercaya
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Anda mengabaikan data ini, tentu saja potensi dari web bisnis untuk memaksimalkan konversi dari customer journey bisa […]