Tren Instagram Marketing 2025- Instagram marketing adalah bentuk dari social media marketing yang dilakukan pada platform Instagram. Instagram sendiri adalah platform sosial media yang dikembangkan pertama kali oleh Kevin Systrom tahun 2010. Saat itu Instagram fokus menawarkan penggunanya untuk dapat berbagi foto dalam bentuk feed.
Instagram saat itu dikenal sebagai sosial medianya fotografer atau ilustrator handal untuk pamerkan karya-karya mereka. Perubahan terus terjadi, Instagram yang dulu bukanlah yang Instagram yang sekarang. Anda akan temukan berbagai perubahan fitur yang diberikan oleh CEO baru Instagram Adam Mosseri.
Perubahan-perubahan tersebut menjadikan Instagram dapat terus bersaing dengan pendatang baru, yakni TikTok. Bahkan, diungkapkan data dari DataIndonesia.id, Instagram mendapatkan hingga 84,8% dari 191 juta jiwa pengguna internet Indonesia. Jumlah ini terbilang sangat fantastis mengingat persaingannya dengan TikTok yang semakin ketat. TikTok sendiri melalui sumber data yang sama, hanya meraih persentase jumlah pengguna sebesar 63,1%.
Baca Juga: 9 Ide Konten Tanpa Muka yang Menarik Banyak Views
Tidak heran, banyak pebisnis yang rela melakukan investasi besar-besaran dalam strategi Instagram marketing mereka. Salah satu manfaat terbesar dari dijalankannya Instagram Marketing adalah branding yang kian menguat, dan pada akhirnya dapat meningkatkan konversi. Sayangnya untuk bisa mendapatkan 2 manfaat terbesar tersebut bukanlah perkara yang mudah.
Anda harus dapat memikirkan strategi dan juga tren Instagram marketing yang sedang atau akan terjadi. Sebelumnya, MinTiv telah memberikan kepada Anda tentang 10 strategi Instagram marketing terbaik untuk 2025. Anda bisa membacanya pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: 10 Strategi Instagram Marketing Terbaik Terbaru 2025
Di dalam artikel ini, MinTiv akan fokus memberikan kepada Anda insight baru mengenai apa saja tren Instagram marketing 2025. Penasaran?. Simak penjelasan lengkapnya di sini;
5 Tren Instagram Marketing 2025
Jika berbicara tentang prediksi tren, maka Anda akan menemukan banyak prediksi tren yang akan terjadi. Untuk itu, MinTiv akan mempersempit ruang pembahasan kita pada 5 prediksi tren Instagram. 5 prediksi tren tersebut adalah;
1. Instagram Shopping
Yang pertama adalah Instagram Shopping. Di tahun 2022 kemarin, Instagram seperti mengalami kekalahan telak dari TikTok untuk urusan social commerce. Dapat dikatakan bahwa TikTok lebih bersahabat hasilkan konversi dari fitur shop mereka ketimbang Instagram yang lebih dulu memperkenalkan fitur view shop mereka.
Diyakini pada tahun ini, Instagram akan mati-matian mengembangkan fitur mereka ini agar dapat bersaing dan melampaui kedigdayaan TikTok.
Baca Juga: 5 Strategi Social Commerce Terbaik Peningkat Konversi
Untuk itulah Anda perlu memanfaatkan perkembangan yang dilakukan oleh Instagram ini dengan memperhatikan kualitas content pillar Anda. Semisal hanya mengupload foto produk dengan kualitas terbaik. Memberikan konten dengan bentuk GIF animasi yang menarik perhatian, ataupun dengan memanfaatkan media video.
Catatan Penting: Tab Shopping di Instagram sudah dihapus sejak Februari 2023 lalu. Fitur ini dihapus lantaran tidak dapat menyaingi TikTok Shop. Selain itu, fitur Instagram Shop juga tidak mendukung fitur pembayaran di dalam aplikasi.
2. Chatbot Marketing
Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan chatbot marketing. Di Instagram Anda bisa mengatur fitur balasan otomatis dari bot Instagram. Anda bisa memanfaatkan fitur ini apabila Anda sudah memiliki API di Instagram Business Anda.
Berikut langkah-langkah penggunaan chatbot di Instagram;
- Buka menu Settings pada profil Instagram Anda.
- Setelah itu pilih menu Business.
- Di dalam menu tersebut, pilih submenu Saved Reply. Selanjutnya pilih New Saved Reply.
- Tuliskan pesan yang ingin Anda sampaikan melalui shortcut yang tersedia.
- Setelahnya, Anda dapat menggunakan Saved Reply tersebut untuk keperluan membalas pesan otomatis dengan template sebelumnya yang Anda buat.
3. Influencer Marketing
Selanjutnya adalah dengan menjalankan influencer marketing. Masih ingat dengan berita bahwa Instagram akan meluncurkan fitur terbaru yang memudahkan pebisnis dalam Influencer marketing?. Ya, fitur tersebut adalah fitur Creator Marketplace. Sebuah marketplace yang memudahkan pebisnis untuk menemukan content creator/KOL yang tepat.
Pebisnis Instagram dapat menawarkan proyek mereka lalu content creator datang “melamar” dengan creator portofolio-nya.
Perlu diketahui juga bahwa influencer bukan hanya akan sekadar meningkatkan awareness saja, melainkan juga meningkatkan angka konversi, meningkatkan brand authority, dan efektif meningkatkan penjualan. Tetapi ingat, sebelum menjalankan influencer marketing, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu jenis-jenis influencer.
Baca Juga: Jenis-Jenis Influencer yang Harus Diketahui
Kebanyakan pebisnis tidak memahami hal ini, dan menyesal ketika sudah memutuskan untuk bekerja sama dengan influencer besar karena biaya yang diperlukan tidaklah sedikit.
4. Konten Video
Selanjutnya adalah dengan memaksimalkan konten video. Keberhasilan TikTok sebagai pioneer terdepan di bidang video marketing pendek, menjadikan pesaingnya untuk ikut berkecimpung di bidang yang sama. Dan salah satunya adalah Instagram.
Ya, Anda dapat melihat bukti nyatanya melalui fitur Reels mereka. Bahkan laporan terbaru dari Later mengatakan bahwa Instagram sedang menguji feed Instagram Stories vertikal. Hal ini seiring dengan meningkatnya popularitas video marketing di berbagai saluran pemasaran.
5. Komunitas Ikut Terlibat
Yang terakhir adalah melibatkan komunitas Anda. Ya, Anda dapat menjadikan komunitas atau audiens market Anda untuk dapat ikut terlibat meningkatkan engagements Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur stiker interaktif yang ada melalui Instagram story maupun yang ada pada Reels.
Baca Juga: Tren Influencer Marketing 2025
Fitur stiker interaktif ini sangat penting bagi Anda untuk melihat seberapa besar engagements yang Anda peroleh. Melihat seberapa besar konten Anda mampu menarik perhatian audiens.
Inilah 5 tren Instagram Marketing 2025 yang harus Anda ketahui. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Konten Instagram Profesional, hubungi saja Creativism.id
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
Ini adalah update terbaru dari artikel sebelumnya berjudul 5 Tren Instagram Marketing 2023 yang Wajib Pebisnis Tahu!. MinTiv telah memperbarui url konten beserta dengan data-data strategi SEO yang ada. Secara garis besar, trennya tidak jauh berbeda.
[…] Baca Juga: Tren Instagram Marketing 2023 Terbaru […]
[…] untuk Instagram marketing. MinTiv sendiri telah sering memberikan artikel tentang berbagai Strategi Instagram Marketing Terbaik di dalam blog […]
[…] Baca Juga: Tren Instagram Marketing Terbaru […]