Tips Tingkatkan Konversi Instagram – Instagram marketing adalah salah satu jenis marketing channel yang banyak digunakan oleh pebisnis. Bahkan data dari Hootsuite mengungkapkan bahwa sekitar 75,3% pebisnis menggunakan Instagram untuk kegiatan branding mereka.
Teknik pemasaran yang satu ini dipercaya mampu memberikan pebisnis lebih banyak konversi.
Bagaimana tidak?. Instagram memiliki banyak data statistik yang berpeluang besar menguntungkan pebisnis. Beberapa di antara data statistik tersebut adalah;
- Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. 500 juta di antaranya adalah pengguna aktif harian.
- Tingkat keterlibatan pengguna internet tergolong tinggi. Hal itu dapat dilihat dari data 100 juta foto dan video yang diunggah perhari di Instagram. Jumlah itu telah mendapatkan lebih dari 4.2 miliar like.
- Instagram populer di kalangan remaja, dan 73% pebisnis sangat yakin bahwa Instagram adalah media yang tepat untuk menyasar mereka.
- Rata-rata pengguna Instagram menghabiskan sekitar 30 menit per hari untuk membuka Instagram.
Berbagai data yang ada di atas ini jelas memberikan Anda lebih banyak insight untuk lebih matangkan lagi strategi Instagram Marketingnya. Anda tentu tidak mau kalah saing dengan kompetitor pada niche yang sama. Anda tentu ingin berada di puncak bisnis niche Anda.
Baca Juga: Seberapa Sering Kita Harus Posting di Instagram?
Untuk itulah Anda butuh lebih banyak referensi untuk menjalankan Instagram Marketing. Referensi-referensi strategi inilah yang nantinya bisa membantu Anda untuk meningkatkan konversi bisnis dari Instagram.
Nah, untuk membantu Anda mendapatkan referensi yang lebih fresh, berikut ini adalah 7 tips tingkatkan konversi Instagram dari MinTiv. Penasaran apa saja 7 tips tersebut?, simak baik-baik artikel ini ya!.
7 Tips Tingkatkan Konversi Instagram 2023
1. Membuat Profile Instagram yang Lebih Impresif
Yang pertama adalah dengan membuat profil Instagram Anda jauh lebih impresif.
Ya, profil Instagram yang impresif tentunya akan berikan first impression yang baik pula kepada calon pelanggan. Catatan penting di bagian bio, Anda perlu sematkan informasi yang singkat, namun informatif.
Pilihlah karakter, dan juga kata-kata yang menggambarkan akun Instagram Anda. Instagram sendiri memiliki banyak fitur untuk menunjang performa akun Anda dari bio. Anda bisa menambahkan beberapa fitur tambahan seperti Guide yang berisikan cara pemesanan produk atau jasa Anda, ataupun dengan menambahkan link website di bio.
Berikut beberapa tips tambahan untuk jadikan profil Instagram Anda tampil lebih maksimal;
- Menggunakan foto profil yang simpel.
- Gunakan username yang menggambarkan bisnis Anda.
- Nama akun, gunakan keyword utama bisnis Anda.
- Pertegas keyword tersebut dengan berikan keterangan hashtag yang relevan.
- Selanjutnya, jelaskan apa yang bisa Anda lakukan untuk calon pelanggan.
- Selanjutnya lagi, jelaskan bagaimana Anda bekerja.
- Terakhir, berikan CTA (Call to Action) agar pelanggan bisa tahu bagaimana cara mereka bisa menghubungi Anda.
2. Lakukan Kerjasama dengan Influencer
Berikutnya adalah dengan melakukan kerjasama bersama influencer.
Ya, bekerjasama dengan influencer tentunya akan memudahkan brand Anda dikenali oleh banyak orang. Terlebih jika Anda memilih influencer yang memiliki niche konten relevan dengan bisnis Anda. Tentunya referensi yang ia berikan akan jauh lebih dipercaya.
Untuk bisa menjalankan strategi ini dengan baik, Anda perlu paham manajemen KOL (Key Opinion Leader) yang baik. Pastikan bahwa influencer benar-benar memahami product knowledge yang Anda berikan. Kunci pentingnya adalah sematkan 1 pesan yang konsisten.
Semisal Anda adalah pebisnis thrifting, dan Anda memiliki slogan “Yang Bekas Bukan Berarti Tidak Berkualitas!”. Nah buatlah draft konten untuk influencer atau jika ide konten berasal darinya, beritahu padanya bahwa pesan tadi harus ada disampaikan.
3. Menggunakan Hashtag dengan Tepat
Selanjutnya adalah dengan menggunakan hashtag dengan tepat. Perlu Anda ketahui bahwa 70% hashtag yang digunakan, dapat membantu pemilik akun untuk dapatkan lebih banyak pengikut.
Postingan yang menyertakan hashtag memiliki tingkat keterlibatan audiens yang lebih tinggi daripada yang tidak sama sekali. Nilainya bahkan sampai 12,6%.
Adapun MinTiv telah menerangkan 3 strategi jitu menggunakan hashtag untuk tingkatkan engagements pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Menggunakan Hashtag Instagram
4. Berikan Sentuhan Copywriting di Bagian Caption Instagram
Selanjutnya adalah dengan membuat caption dengan sentuhan copywriting. Ya, pastikan bahwa caption yang Anda buat bukan hanya informatif, tapi juga menyenangkan.
Baca Juga: Apa Saja Teknik Copywriting Selain AIDA?
Jangan terlalu kaku untuk menggunakan tata bahasa yang formal. Gunakan juga tata bahasa yang kekinian, yang itu sudah dimengerti banyak orang. MinTiv berikan contoh seperti ini.
“Butuh Jasa SEO yang Buat Kamu Full Senyum?”. Hubungi saja Creativism.
Tentu saja contoh ini bisa Anda kembangkan sendiri sesuai dengan niche konten Anda. Kunci pentingnya adalah menuliskan caption sesuai dengan konten yang ada, alias relevan. Berikut beberapa tips tambahannya untuk Anda;
- Jika Anda posting konten tutorial, maka Anda bisa menuliskan panduan demi panduan di dalam caption.
- Jika Anda posting konten wawancara dengan narasumber, maka Anda bisa sematkan rangkuman wawancara tersebut di bagian caption.
- Posting konten meme, maka sematkan satu kalimat yang mampu membuat orang tertawa.
- Posting untuk kebutuhan promosi?, maka sertakan detail produk mulai dari nama, harga, dll yang bisa menjadikan calon pelanggan tertarik. Pelajari lebih lengkap USP (Unique Selling Point) dari produk bisnis Anda tersebut.
5. Membuat Konten Game Giveaway
Berikutnya adalah dengan membuat konten game giveaway.
Anda bisa menjalankan strategi ini menggunakan cara sederhana, yakni dengan meminta calon pelanggan untuk follow, like dan memberikan jawaban pada postingan game giveaway Anda. Cara lain, Anda bisa membuat konsep giveaway agak berbeda, di mana audiens wajib share postingan Anda di IG Stories disertai dengan kata-kata yang menarik.
Tentu saja, Anda harus dapat merumuskan persyaratan awal agar audiens benar-benar bisa mendapatkan hadiah giveaway.
6. Menggunakan Instagram Live
Selanjutnya adalah dengan memaksimalkan fitur Instagram Live.
Meskipun tidak se-powerful TikTok, tapi Live Instagram bisa menjadi media yang tepat bagi Anda membangun citra bisnis yang baik. Anda bahkan dapat menggunakan interaksi yang ada dari audiens selama live untuk mengukur brand perception bisnis Anda.
7. Memberikan Penawaran Langsung Via DM
Yang terakhir adalah dengan memberikan penawaran langsung via DM (Direct Messages) Instagram. Sebelum menjalankannya, pastikan Anda membuat list akun Instagram potensial terlebih dahulu. Jangan asal kirimkan pesan penawaran langsung ke banyak akun.
Baca Juga: Penyebab Akun Instagram Kena Shadowban
Instagram akan mencurigai hal itu dan bisa saja akun Anda terkena shadowban Instagram karena melakukan spam. Adapun list yang Anda buat tersebut, bisa menjadi perantara Anda pelajari segmentasi audiens.
Apalagi sekarang Instagram memiliki fitur Channel, di mana Anda bisa dengan mudah mengirimkan pesan kepada banyak follower sekaligus dalam waktu bersamaan.
Inilah tips tingkatkan konversi Instagram 2023. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Instagram Terbaik, hubungi Creativism.
Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Tips Tingkatkan Konversi di Instagram […]