Cara Menggunakan Hashtag Instagram – Instagram marketing adalah salah satu jenis marketing channel yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis. Bagaimana tidak?, Instagram memiliki banyak statistik data yang dapat mendatangkan peluang bisnis yang besar.
Tercatat di Indonesia jumlah pengguna Instagram mencapai angka 89,15 juta pengguna. Indonesia berada dalam urutan 4 besar negara dengan pengakses Instagram terbesar di dunia. Instagram juga memiliki jumlah pengguna aktif bulanan yang besar (MAU) mencapai 1.28 miliar, dengan pengguna hariannya mencapai 500 juta pengguna aktif.
Belum lagi terdapat data yang mengatakan bahwa keterlibatan pelanggan di Instagram per posting mencapai angka 0,56%. Rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna Instagram sendiri mencapai 53 menit per hari.
Baca Juga: Google Update Tampilan SERP, Apakah Kamu Sadar Perubahannya?
Data-data di atas tentunya menjadi alasan kuat mengapa pebisnis banyak yang memilih menjalankan Instagram Marketing.
Untuk bisa menjalankan Instagram Marketing dengan sukses, Anda pastinya memerlukan banyak strategi yang matang.
Strategi ini sendiri berhubungan dengan cara Anda memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram. Ya, Anda harus dapat memahami dengan baik fitur-fitur yang ada di Instagram, baik itu fitur lama maupun fitur yang baru.
Salah satu fitur yang wajib Anda manfaatkan adalah fitur hashtag.
Fitur yang memudahkan pengguna untuk mencari postingan dengan topik konten yang sama. Fitur ini dapat diakses dengan mudah melalui tanda # ketika akan menuliskan caption.
Baca Juga: 10 Strategi Instagram Marketing Terbaik Terbaru 2023
Instagram memang telah memperbarui preferensi mereka untuk fitur seperti ini melalui fitur baru Add Topics. Dapat dikatakan bahwa fitur ini hadir sebagai ganti dari fitur hashtag dengan tanda #.
Tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa fitur hashtag masih tetap menjadi primadona untuk banyak kreator di Instagram. Terlebih lagi fitur Add Topics ini masih terbatas pada konten Reels saja.
3 Cara Menggunakan Hashtag Instagram yang Efektif
Nah, untuk memperkaya wawasan Anda, berikut ini MinTiv akan memberikan 3 cara menggunakan hashtag Instagram yang efektif tingkatkan engagement.
Penasaran apa saja?.
1. Menggunakan Hashtag yang Relevan
Sumber: @perigigidentalclinic
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan hashtag yang relevan. Basic, tapi inilah cara ampuh untuk bisa memaksimalkan hashtag agar dapat meningkatkan engagement akun Instagram. Usahakan untuk selalu mengutamakan hashtag yang relevan dengan isi konten.
Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di atas, pada akun @perigigidentalclinic.
2. Mixed Hashtag
Sumber: Instagram.com
Kedua adalah dengan menggunakan strategi mixed hashtag.
Apa itu mixed hashtag?. Mixed hashtag sendiri adalah strategi penggunaan hashtag, yang hashtag tersebut memiliki search volume tinggi dan rendah. Artinya dicampur antara hashtag yang memiliki search volume yang tinggi dengan search volume yang rendah.
Semisal ketika Anda menggunakan hashtag dengan jumlah 15, Anda bisa membagi hashtag yang Anda gunakan tersebut ke dalam 3 bagian.
Yakni 5 hashtag pertama untuk hashtag dengan search volume tinggi, 5 hashtag kedua dengan jumlah search volume rendah, dan 5 hashtag yang terakir untuk hashtag yang spesifik dengan niche akun Instagram Anda.
Mengapa tidak menggunakan semua hashtag dengan search volume yang tinggi saja MinTiv?. Bukankah lebih besar peluangnya untuk konten dapat tampil di pencarian. Ini jelas salah besar. Hashtag dengan search volume yang tinggi, pastinya memiliki persaingan konten yang sulit.
Diperlukan kualitas konten yang benar-benar mumpuni untuk bisa memenangkan persaingan tersebut. Bahkan tidak jarang, banyak yang baru memenangkan persaingan tersebut melalui bantuan iklan Boost Instagram.
3. Hashtag Tertarget
Sumber: Instagram.com
Yang terakhir adalah dengan menggunakan hashtag yang tertarget. Meskipun memiliki search volume yang rendah, tetapi hashtag tertarget akan membantu calon pelanggan lebih mudah temukan akun Instagram bisnis Anda. Anda dapat melihat contoh penggunaan hashtag tertarget ini pada gambar di atas.
Di mana daerah Semarang, Solo, Jogja menjadi fokus utama untuk ditargetkan.
Inilah penjelasan lengkap tentang 3 cara menggunakan hashtag Instagram yang efektif untuk tingkatkan engagement. Apabila Anda membutuhkan Jasa Optimasi Instagram Terbaik, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.