Peran SEO dalam Perusahaan – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu. Ilmu ini sering digunakan oleh perusahaan sebagai salah satu teknik pemasaran digital. Utamanya digunakan untuk meningkatkan visibilitas website perusahaan pada pencarian online.
Ya, ada banyak alasan mengapa perusahaan besar menjalankan SEO. Salah satunya adalah peran besar SEO dalam kemajuan website bisnis perusahaan.
Apa itu SEO Marketing?

Sumber: Pixabay.com
Sebelum membahas apa saja peran SEO dalam perusahaan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu SEO?.
SEO adalah akronim dari search engine optimization. Sebuah teknik optimasi website untuk dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu. Teknik ini berfokus pada bagaimana cara Anda untuk melakukan riset keyword dan memahami search intent dengan baik.
Jika berbicara tentang SEO, maka Anda juga akan berbicara tentang jenis-jenis yang ada didalamnya. Secara umum, SEO dapat diklasifikasikan menjadi 4 bagian utama, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO.
Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai keempat teknik tersebut;
On Page SEO – On Page SEO adalah teknik optimasi website yang semua aktivitasnya dilakukan di atas website atau pada websitenya langsung.
Baca Juga: Apa itu Blog SEO dan Cara Menjalankannya?
Off Page SEO – Kebalikan dari On Page SEO, Off Page SEO, adalah teknik optimasi website yang segala aktivitasnya dilakukan di luar website atau tidak pada website itu sendiri. Salah satu contoh penerapannya adalah dengan menjalankan backlink.
Local SEO – Teknik optimasi website yang memanfaatkan pencarian lokal dan juga terintegrasi dengan Google My Business. Jika Anda sudah menggunakan Google My Business dan mengisi profilnya dengan benar, maka website Anda bisa saja tampil untuk kata kunci lokal yang ditargetkan.
Technical SEO – Yang terakhir adalah technical SEO. Sebuah teknik optimasi website yang dilakukan di ranah teknis, seperti pengaturan sitemap XML/HTML, pengaturan domain/hosting, dan juga tentang indexing dan pemasangan plugin.
Setelah mengetahui sedikit daripada arti SEO marketing, kini saatnya Anda mengetahui apa saja peran SEO dalam perusahaan. Secara umum, peran SEO untuk perusahaan itu ada banyak. Ada banyak sekali. Oleh sebab itu, MinTiv akan merinci pembahasan peran ini ke dalam 5 peran besar. Apa saja?
Berikut penjelasannya untuk Anda;
5 Peran SEO dalam Perusahaan
1. Meningkatkan Visibilitas Perusahaan dalam Jaringan Online
Peran SEO yang pertama adalah meningkatkan visibilitas perusahaan dalam jaringan online. Bisnis yang terlihat online tentunya akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan.
Optimasi SEO yang dilakukan pada website perusahaan tentunya akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Di mana website yang dilakukan optimasi SEO akan lebih mudah tampil di halaman pertama Google. Jika sudah tampil di halaman pertama Google, maka akan lebih banyak lagi orang yang mengunjungi website Anda.
2. Mampu Menarik Pelanggan Potensial
SEO dapat membantu perusahaan dalam mencari pelanggan yang potensial.
Dengan SEO, Perusahaan dapat memastikan bahwa website mereka dapat muncul pada target yang tepat. Terlebih lagi di dalam SEO terdapat metode Local SEO.
Local SEO adalah upaya optimasi SEO untuk website bisnis agar mendapatkan peringkat tertinggi di pencarian lokal di SERP (Search Engine Result Page).
3. Membantu Perusahaan dalam Meningkatkan Relevansi Konten
Peran dari SEO ini dapat dengan maksimal Anda dapatkan, apabila Anda mengerti bagaimana cara melakukan riset kata kunci yang tepat. Anda mengerti tentang pembuatan konten SEO friendly dan juga enak untuk dibaca/dilihat oleh pengunjung. Kunci dari peran ini adalah memastikan bahwa konten di website Anda memiliki relevansi yang tinggi terhadap search intent keyword tertentu.
4. Good Experience Pengunjung Bertambah
Peran yang keempat adalah membantu Anda untuk meningkatkan Good Experience pengunjung website.
Ya, adanya optimasi SEO di dalam website perusahaan Anda, akan sangat membantu untuk tingkatkan pengalaman baik pengunjung. Mereka tidak akan kesal karena website Anda sudah SEO friendly, konten relevan dengan apa yang mereka cari, dan terhindar dari pop up windows menyebalkan ataupun dead link.
Pada akhirnya, di masa depan pengunjung bisa kapan saja kembali ke website Anda karena mendapatkan pengalaman menjelajah website yang menyenangkan sebelumnya.
5. Konversi Meningkat
Peran SEO dalam perusahaan yang terakhir adalah meningkatkan konversi.
Ya, hal ini bisa Anda dapatkan terlebih Anda banyak melakukan optimasi SEO melalui keyword dengan search intent commercial. Perusahaan juga dapat membantu lebih mudah untuk memutuskan pembelian pengunjung dengan memberikan CTA pengisian formulir atau pendaftaran layanan.
Baca Juga: Apa itu Search Intent Keyword?
CTA (Call to Action) seperti inilah yang nantinya akan meningkatkan konversi pada website perusahaan Anda.
Inilah penjelasan lengkap tentang peran SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Agency SEO Terbaik, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Peran SEO dalam Perusahaan […]