Apa itu SERP Google – SERP adalah salah satu istilah di dalam SEO Marketing yang mungkin sering Anda dengar. Ya, SERP adalah bagian penting yang memperlihatkan halaman dari sebuah website sebagai bagian dari hasil pencarian pengguna Google. Secara garis besar, SERP dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni pencarian organik dan juga berbayar.
Pencarian berbayar sendiri biasanya akan ditampilkan pada mesin pencarian dengan label iklan. Sedangkan organik tidak seperti itu. Jika Anda ingin menjalankan SEO marketing, maka pencarian dengan jenis organik lah yang Anda inginkan. Ya, organic traffic ini memberikan Anda banyak keuntungan, dan yang paling diinginkan tentu saja adalah memudahkan Anda untuk menempatkan konten di halaman pertama Google tanpa menggunakan biaya tambahan.
Baca Juga: Jenis Jenis Traffic pada Website
Jika Anda ingin mendapatkan pencarian dengan hasil pencarian berbayar, maka Anda membutuhkan Google Ads. Konten Anda memang akan berada di halaman pertama Google, hanya saja itu bergantung pada seberapa besar anggaran iklan Anda sebelumnya. Ketika biayanya habis, maka konten Anda tidak akan lagi berada di halaman pertama Google.
Anda bisa melihat perbedaannya pada gambar di bawah ini;
Sumber: Google.com
SERP sangat penting untuk dipahami. Tanpa adanya pemahaman yang baik terhadap SERP, Anda akan kebingungan menentukan strategi SEO yang tepat.
Apa itu SERP Google?
SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Pages. Berdasarkan definisi Wordstream, SERP adalah halaman yang berisikan informasi yang dicari seseorang lewat mesin pencari. Penjelasan mengenai SERP ini sebenarnya sudah MinTiv bahas pada bagian intro artikel ini.
Baca Juga: Apa Saja Teknik SEO yang Paling Umum Dilakukan?
Kunci terpenting nya adalah mendapatkan konten kita untuk tampil di halaman pertama Google secara organik. Jika Anda menginginkan hal tersebut dengan bantuan Google Ads, maka ranahnya bukan lagi berada di SEO marketing. Melainkan berada pada ranah SEM marketing.
Apa itu SERP Google dan Hubungan dengan SEO?
Secara garis besar, posisi yang baik SERP akan memudahkan Anda untuk meningkatkan jumlah traffic website. Salah satu metrik penting website yang memang bisa ditingkatkan dengan SEO. Ya, salah satu tujuan daripada SEO adalah menempatkan konten Anda untuk tampil di halaman pertama SERP.
Terlebih lagi faktanya kebanyakan orang hanya akan mencari informasi dari hasil pencarian yang tampil di halaman pertama saja. Anda bisa melihat data grafik pencarian di bawah ini;
Sumber: Ahrefs
Menunjukkan bahwa halaman pertama lebih banyak meningkatkan traffic website bagi pebisnis. Data dari Backlinkio juga mengatakan bahwa rata-rata dari 31,7% website mendapatkan klik dari halaman pertama, dan hanya 0,78% klik dari halaman kedua.
Fitur-Fitur SERP Google
Ada banyak fitur-fitur SERP Google yang bisa Anda manfaatkan. Fitur-fitur ini dapat tampil apabila Anda sudah menerapkan SEO dengan baik. Mulai dari teknik SEO dasar, yakni On Page SEO, Off Page SEO hingga ke tingkat lanjut seperti Local SEO dan Technical SEO.
Baca Juga: Panduan Lengkap On Page SEO Terbaru
Nah berikut ini adalah 10 fitur SERP Google yang bisa Anda manfaatkan.
1. Featured Snippets
Sumber: Google.com
Yang pertama adalah Featured Snippet. Sebuah fitur yang menampilkan cuplikan dari konten website dengan informasi yang paling relevan. Konten yang mendapatkan featured snippets ini otomatis akan menempati peringkat 1 halaman Google pada baris pertama. Sering disebut juga sebagai konten dengan ranking #0. Contohnya ada salah satu konten dari Creativism di atas ini dengan keyword Daftar Website Belajar Copywriting.
Terdapat 4 format Featured Snippets, yakni paragraf, daftar, tabel, video, dan gambar.
2. Rich Snippets
Sumber: Google.com
Selanjutnya adalah Rich Snippets. Sebuah hasil pencarian Google yang memuat reviews dari konten website tertentu. Biasanya didominasi oleh website e-commerce seperti Shopee dan juga Tokopedia.
3. Knowledge Cards
Sumber: Google.com
Berikutnya adalah knowledge cards. Hasil pencarian Google yang menampilkan jawaban singkat dari sebuah kata kunci yang dicari. Semisal ketika Anda mengetikkan keywords Lionel Messi. Pemain sepakbola terbaik di dunia yang baru-baru ini memenangkan Piala Dunia bersama timnasnya, Argentina.
Perlu diketahui juga bahwa Knowledge Cards dapat dihasilkan dari sumber pihak ketiga yang terkait dengan Google secara langsung.
4. Knowledge Panel
Sumber: Google.com
Setelah knowledge cards, Anda juga akan mengenal yang namanya knowledge panel. Fitur SERP dari Google akan terlihat jelas ketika Anda menggunakan Google di desktop. Ya, berada pada posisi kanan layar, sedangkan untuk mobile biasanya akan muncul di atas SERP.
Anda dapat melihatnya pada contoh di atas, yang masih menggunakan keyword Lionel Messi.
5. Image Packs
Sumber: Google.com
Selanjutnya adalah Image Packs. Sebuah hasil pencarian Google terhadap keyword tertentu, yang tampilannya berupa kumpulan thumbnail dari berbagai gambar sesuai keyword. Fitur SERP ini umumnya akan tampil pada hasil pencarian di posisi atas.
6. Top Stories
Sumber: Google.com
Berikutnya adalah Top Stories. Hasil pencarian Google yang menampilkan artikel berita terbaru sesuai dengan keywords yang dicari. Hasil pencarian ini akan menampilkan thumbnail gambar, judul, nama website dan juga waktu rilis berita. Untuk mendapatkan Snippets model ini, Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan website Anda di Google News.
7. People Also Ask
Sumber: Google.com
Hasil pencarian yang menunjukkan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna Google terkait keyword tertentu. Semisal pertanyaan Siapa yang lebih baik antara Ronaldo atau Lionel Messi yang sering ditanyakan oleh orang ketika mencari keywords Lionel Messi.
Di dalam keterangan People Also Ask, terdapat jawaban singkat dari pertanyaan tersebut layaknya Featured Snippets.
8. Twitter Block
Sumber: Google.com
Berikutnya adalah twitter block atau kotak twitter. Ini adalah hasil pencarian Google yang menampilkan postingan terbaru twitter berkaitan dengan keyword yang dicari. Umumnya, Anda akan menemukannya pada keywords yang berhubungan dengan berita terkini atau live. Contoh saja ketika Anda mengetikkan Liverpool, akan ada hasil pencarian berupa kotak twitter ini dari Google.
SERP seperti ini sangat bagus untuk Anda yang ingin terapkan Twitter Marketing.
9. Sitelink
Sumber: Google.com
Sitelink adalah hasil pencarian Google yang menampilkan halaman-halaman terpopuler dari website Anda. Hasil pencarian ini akan Anda dapatkan apabila sitemap HTML dan XML Anda sudah baik dan rapi. Sitelink seperti ini membantu Anda untuk tingkatkan CTR, dan juga kualitas branding website Anda.
10. Videos
Sumber: Google.com
Berikutnya adalah Videos. Sesuai dengan namanya, hasil pencarian Google ini akan menampilkan video yang relevan dengan keyword yang dicari oleh pengguna.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu SERP Google, beserta dengan hubungannya dengan SEO. Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai SEO atau ingin mendapatkan Jasa SEO Terpercaya, hubungi Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu SERP Google dan Manfaatnya untuk SEO? […]
[…] Baca Juga: Apa itu SERP Google dan Jenis-Jenisnya? […]
[…] SERP adalah akronim dari Search Engine Result Pages. Halaman search engine berisikan informasi sesuai […]
[…] dari struktur URL nya, kita dapat mengetahui breadcrumbs dari sebuah website melalui hasil di SERP (Search Engine Results Pages). Contohnya seperti pada gambar di bawah […]
[…] didapatkan jika pengelolaan PBN tidak baik dan juga tidak hati-hati adalah ranking web utama di SERP bisa terus menurun. Parahnya konten tersebut bisa alami yang namanya deindex […]
[…] DoFollow dapat membantu website lebih mudah perform di SERP (Search Engine Results Pages) […]
[…] hal ini wajar mengingat backlink DoFollow dapat membantu website lebih mudah perform di SERP (Search Engine Results Pages) […]