Google Update Tampilan SERP – Google adalah perusahaan teknologi terbesar di dunia yang selalu mementingkan kenyamanan penggunanya. Tidak heran jika Google selalu memberikan perubahan baik itu pada algoritma hasil pencarian/ranking, maupun tampilan daripada SERP itu sendiri.
Ya, SERP adalah akronim dari Search Engine Result Pages. Halaman search engine berisikan informasi sesuai dengan search intent keyword yang digunakan. Google sendiri memang telah banyak merombak tampilan daripada SERP mereka. Mulai dari awal mereka berdiri di tahun 1998 seperti tampilan di bawah ini,
Menuju SERP seperti di bawah ini;
Perubahan jelas terlihat pada banyaknya konten yang diberi “hadiah” khusus berupa snippets. Snippets sendiri diberikan kepada konten yang memiliki kualitas dan relevansi yang tinggi terhadap search intent keyword tertentu. Salah satunya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini,
Perubahan demi perubahan terus Google lakukan. Hingga di tahun 2023 ini, mereka lakukan banyak penyegaran pada Google Tools mereka. Perubahan itu dapat terlihat jelas pada banyak aspek user interface, salah satunya adalah SERP.
Lantas seperti apakah Google melakukan update pada tampilan SERP mereka yang terbaru?. Apa yang harus Anda lakukan untuk menyikapi perubahan yang diberikan oleh Google tersebut?. Simak artikel baik-baik ya!.
Google Update Tampilan SERP
Lihatlah gambar di atas. Terlihat jelas bahwa hasil daripada SERP menampilkan favicon dari konten website yang tampil. Tidak lagi hanya menampilkan headline dan deskripsi, tapi juga terdapat favicon website di bagian samping kirinya.
Perubahan yang dilakukan oleh Google ini sendiri sebenarnya sudah dapat kita ditebak. Karena pada Oktober tahun lalu mereka telah menerapkannya, hanya saja khusus di platform mobile.
Percobaan tampilan seperti ini di platform desktop mulai mereka lakukan pada November tahun lalu. Dengan berbagai pertimbangan, pada akhirnya tampilan seperti ini resmi digunakan.
Baca Juga: Apa itu Google Search Console dan Manfaatnya untuk Website?
Perubahan tidak hanya terjadi hasil konten biasa saja. Perubahan juga terjadi pada hasil konten website yang diiklankan dengan SEM, Google Ads.
Sebelumnya tampilan daripada konten yang diiklankan dengan Google Ads akan menampilkan SERP dengan label Ads. Label itu sendiri telah berubah kata menjadi Sponsored. Anda bisa melihat perubahannya pada gambar di bawah ini;
Perubahan kata dari Ads menuju Sponsored ini sendiri, menurut MinTiv didasari atas opini kebanyakan orang. Opini kebanyakan orang jika hasil pencarian yang diberi label Ads atau Iklan justru tidak akan diminati pengunjung. Kata ganti sponsored terdengar lebih halus, dan tidak to the point.
Menurut Anda sendiri bagaimana?.
Apa yang Harus Anda Lakukan?
Setelah mengetahui perubahan SERP ini, Anda pastinya bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan bukan?. Jawabannya simple, mulai sekarang perhatikan dengan branding website Anda terutama di bagian favicon.
Buatlah bagian tersebut agar lebih mudah diingat oleh pengunjung. Jangan biarkan elemen ini kosong begitu saja. Agar lebih mudah, buatlah favicon ini mengikuti style dari logo website Anda.
Inilah penjelasan terperinci mengenai berita Google Update Tampilan SERP. Apabila Anda membutuhkan Jasa SEO Terbaik yang selalu up to date dengan perkembangan algoritma Google, hubungi Creativism.
Baca Juga: Google Luncurkan Generative AI Search
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Google Update Tampilan SERP, Apakah Kamu Sadar Perubahannya? […]
Aku masih termasuk anak tahun 2000 an yang masih mengandalkan google untuk berbagai pencarian.
Jujur sih, memang kelihatan perubahan yang diberikan google. Salut kepada pihak perusahaan google yang terus meng-upgrade aplikasi nya mengikuti perkembangan zaman.
sepertinya iya nih,google banyak melakukan perubahan, saya masih mengandalkan google sebagai mesin pencari hal apapun
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Ya, Google selalu berikan perubahan tiap tahunnya demi bisa memanjakan penggunanya..
Tampilannya makin terlihat modern dari waktu ke waktu. Meski sudah mendunia dan dipakai banyak orang, ga pernah berhenti terus melakukan perbaikan.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Itulah yang juga harus kita miliki, selalu merasa tidak puas dan terus berkembang
Hoo sepenting itu yaa pavicon sekarang. Google berkembang terus sesuai kebutuhan kita. Memudahkan urusan kita mencari keyword. Lebih enak sponsored sih memang terdengar profesional jga.
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Kalau dulu favicon berasa tidak penting ya, terlebih terletak di tab browser saja..
Woahh keren ya Google. Makanya gak heran kalo yg kerja di sana orang2 terpilih. Orang2 yg kreatif dan inovatif. Karena ya ini… Google gak pernah berhenti inovasi. Dan itu cepet bangettt.. Sebagai blogger kadang sampe gelagapan nurutin maunya google ini.. :”)
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Eheheh, benar perubahan yang diberikan Google memang banyak berikan dampak positif, tapi juga dampak “negatif”. Di mana blogger ataupun web content writer harus selalu bisa beradaptasi
Google emang tidak berhenti berinovasi. Selalu memakai google tp perubahan kecil itu ngga begitu terlihat di aku. Kurang perhatian kayaknya ini. Tp iya favicon emang jd branding blog juga. Biar gampang diinget pengunjung. Aku baru ngeh kalo kata ads berubah jd sponsored ya. Emang sih kalo udah ads jarang diminati emang. Kecuali orang tsb niatannya mencari informasi sekalian untuk belanja. Menurutku
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv.
Ya benar kata sponsored berikan kesan yang lebih terpercaya kepada calon pelanggan.