Generative AI Google Search – Sebagai perusahaan informasi terbesar di dunia, Google pastinya tidak ingin ketinggalan tren teknologi yang ada. Termasuk tren teknologi yang akhir-akhir ini merajai pasar dunia, yakni Artificial Intelligence.
Ya, perusahaan Google sangat mengerti kebutuhan pengguna media informasi sekarang ini, yang kebanyakan menginginkan jawaban informasi yang cepat dan tepat. Google sebagai perusahaan besar pastinya akan selalu berorientasi pada kepuasaan pelanggan.
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Nilai Pelanggan Pada Bisnis
Mereka mengerti dengan baik nilai pelanggan dan selalu bisa bersinergi pada customer base yang tertarget. Tidak heran jika Google sebagai search engine, selalu menempati urutan teratas dibanding search engine lainnya, seperti Bing, Yandex, Baidu, DuckDuckGo dan lain-lain.
Mereka mengoptimalkan nilai pelanggan tersebut ke dalam berbagai inovasi terbaru. Yang paling kentara tentu saja adalah inovasi mereka dalam pembaruan algoritma hasil SERP Google.
Terbaru, mereka sudah meluncurkan fitur Generative AI Google Search. Apa itu?.
MinTiv akan menjelaskannya kepada Anda secara detail di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Generative AI Google Search?
Generative AI adalah fitur dari Google yang memudahkan mesin crawler untuk menata ulang apa yang bisa dilakukan oleh search engine. Memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya yang belum bisa dijawab dengan baik.
Kelebihan yang Dimiliki
Generative AI membantu search engine untuk memahami konteks spesifik yang pengguna tanyakan. Fitur ini juga membantu search engine untuk sajikan ringkasan informasi yang relevan.
Liz Reid sebagai VP of Search daripada Google menjelaskan bahwa AI di sini pada dasarnya bertugas untuk kumpulkan jawaban dari beberapa sumber sekaligus.
Pengguna dapat melihat hasil ringkasan tersebut pada tombol kecil di kanan atas SERP.
Di bawah daripada ringkasan tersebut, pengguna juga bisa menemukan jawaban lain, melakukan tombol pertanyaan lanjutan. Search akan otomatis menampilkan mode percakapan jika Anda memilih salah satu tombol pertanyaan lanjutan sebelumnya.
Interaksi yang dihasilkan dalam mode percakapan diklaim Google akan lebih alami serta mampu mendorong pengguna untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat berbelanja online.
Hal itu dapat dilihat dari hasil SERP terbaru terkait produk dengan Generative AI.
SERP akan menampilkan sederet informasi produk yang lengkap, mulai dari deskripsi, ulasan, dan juga harga jualnya.
Baca Juga: Google Rilis Algoritma Product Reviews Terbaru
Adapun hasil SERP seperti ini tidak selalu muncul di setiap hasil pencarian. AI hanya akan menampilkan SERP memanfaatkan fitur Generative AI apabila pencarian tersebut akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan jika ditampilkan pada SERP umumnya.
Fitur ini sendiri baru dirilis bertahap oleh Google. Anda bisa mengakses lebih banyak tentang fitur ini pada laman Search Labs Google.
Inilah penjelasan detail tentang apa itu generative AI Google Search.
Apabila Anda berminat untuk dapatkan Jasa SEO Terbaik yang up to date, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.