Apa itu Nilai Pelanggan – Bisnis yang baik adalah bisnis yang berorientasi pada kepuasaan pelanggan.
Konsep ini mungkin menjadi salah satu dari sekian banyak konsep yang mestinya sering Anda dengar. Terlebih pada forum-forum bisnis.
Ya, pelanggan adalah alasan utama mengapa bisnis mulai berjalan, terus berjalan, berkembang, dan bahkan berhenti.
Bisa dikatakan bahwa pelanggan adalah poros utama daripada bisnis. Oleh sebab itu penting bagi Anda, pebisnis cerdas memperhatikan bisnisnya, apakah sudah tercipta customer base yang baik atau belum.
Customer base sendiri adalah sekelompok grup atau klien yang menjadi target bisnis dari penjualan. Terdapat 3 jenis customer base dan salah satunya adalah Loyal Customer. Loyal Customer menjadi jenis customer base yang paling banyak diinginkan oleh pebisnis.
Anda bisa membaca lengkap tentang cara mengembangkan customer base pada link artikel di bawah ini!;
Baca Juga: 7 Cara Mengembangkan Customer Base
Sebagai tambahan dari 7 cara mengembangkan customer base yang sudah Anda baca, MinTiv akan berikan 1 lagi poin penting yang tidak boleh terlewatkan ketika sedang mengembangkan customer base.
1 poin tersebut adalah memperhatikan nilai pelanggan.
Apa itu nilai pelanggan?. MinTiv akan menjelaskannya secara lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Nilai Pelanggan?
Nilai pelanggan adalah tolak ukur penilaian dari pelanggan terhadap bisnis Anda, mulai dari pelayanan, kualitas produk, dan juga kemudahan untuk mendapatkan produk/jasa yang ditawarkan.
Penilaian dari pelanggan ini datang dikarenakan tren pelanggan yang berubah seiring waktu.
Pelanggan semakin sadar bahwa mereka harus melakukan pembelian yang itu dapat meningkatkan keuntungan bagi bisnis atau minimal untuk dirinya sendiri. Nilai pelanggan juga muncul sebagai cara mereka menekan pemasok untuk mengurangi harga.
Tapi sebaik apapun pelanggan memahami kebutuhan mereka, mereka tidak lantas dapat menemukan solusi (baik itu produk/jasa) yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.
Mengapa Mempelajari Nilai Pelanggan Penting Bagi Pebisnis?
Mempelajari nilai pelanggan tentunya akan memudahkan Anda untuk menjadikan fokus pelanggan berubah. Dari yang tadinya fokus pada harga yang harus dibayar, menjadi fokus pada apa yang sebentar lagi mereka akan dapatkan.
Anda jadi punya 1001 cara atau teknik persuasif untuk membantu keputusan pelanggan mengarah pada pembelian produk/jasa Anda.
Customer value, sebutan lain dari nilai pelanggan adalah cara terbaik bagi pebisnis untuk membangun relationship market ke arah yang lebih positif. Pada akhirnya, Anda bisa mendapatkan lebih banyak persentase konversi pelanggan umum menjadi pelanggan setia (Loyal Customer).
Churn rate atau besarnya persentase pelanggan yang tidak lagi menggunakan produk Anda bisa dikurangi secara maksimal.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Pelanggan
Ada banyak faktor yang mempengaruhi nilai pelanggan ini. Secara garis besar, faktor yang mempengaruhi nilai pelanggan ini kurang lebih sama dengan faktor-faktor penting yang bisa menjadi Unique Selling Point sebuah bisnis.
Berikut adalah 7 faktor terbesar yang mempengaruhi nilai pelanggan, dimulai dari;
- Nilai Produk – Produk yang berkualitas, aman, dapat menjadi solusi dari masalah tertentu, pastinya punya nilai lebih di mata pelanggan.
- Nilai Pelayanan – Sopan, ramah, tepat dan juga cepat adalah nilai penting yang tim customer service Anda miliki jika ingin buat pelanggan betah.
- Citra yang Baik – Memastikan bahwa setiap lapisan dari tim bisnis Anda menjaga nama baik perusahaan adalah penting. Anda bisa mempelajari lebih lengkap tentang cara membangun brand perception menuju citra yang lebih baik pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Membangun Brand Perception yang Tepat
- Efisiensi waktu – Keempat adalah seberapa efisien waktu yang diberikan oleh jasa/produk Anda dalam mengatasi masalah pelanggan.
- Emosional – Apakah produk/jasa yang Anda berikan mampu memberikan nilai emosional layaknya kenyamanan, kepuasan dan rasa aman?.
- Ekonomi – Dimensi ini digunakan untuk mengukur biaya yang diberikan agar pelanggan bisa mendapatkan produk/jasa Anda. Apakah sudah sepadan, atau malah pelanggan merasa tidak sepadan. Berikan ruang khusus agar pelanggan bisa memberikan feedback kepada Anda.
- Fungsional
Dimensi yang mengukur seberapa baik kemampuan produk atau jasa yang diberikan sebagai solusi dari masalah yang dihadapi oleh pelanggan.
Cara Mengukur Nilai Pelanggan
Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengukur nilai pelanggan. Anda bisa saja menggunakan 8 metrik customer experience untuk mengetahui nilai pelanggan yang ada. 8 metrik tersebut adalah;
- Net Promoter Score
- Customer Satisfaction Score.
- Customer Effort Score
- Customer Churn Rate
- Customer Retention Rate
- Customer Lifetime Value
- Average Resolution Time
- Customer Referral Rate
Cara termudahnya adalah melihat apakah manfaat yang didapatkan oleh pelanggan lebih besar daripada biaya yang Anda butuhkan untuk ciptakan produk/jalankan layanan tertentu.
Anda bisa gunakan rumus sederhana, nilai pelanggan = manfaat – harga.
Jika manfaat yang didapatkan oleh pelanggan semakin besar, maka semakin besar pula nilai pelanggan bisnis Anda.
Cara Meningkatkan Nilai Pelanggan
Ada sejuta cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai pelanggan.
Paling mudahnya adalah Anda bertindak dan berpikir sebagai pelanggan dari bisnis Anda sendiri. Kira-kira bagian apa dari produk/jasa Anda yang bisa memuaskan pelanggan. Dan pikirkan juga bagian apa dari produk/jasa Anda yang sekiranya masih perlu peningkatan kualitas.
Pastikan bahwa Anda mencatat poin penting tersebut, dan melakukan analisis SWOT. Berikan ruang khusus agar target market Anda ikut andil dalam proses tersebut.
Lakukan inovasi tiada henti dalam proses penciptaan produk/layanan yang lebih baik.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu nilai pelanggan. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Digital Marketing Terbaik untuk perluas jaringan bisnis Anda, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa Digital Marketing Creativism
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Nilai Pelanggan Pada Bisnis […]