Apa itu Instagram Marketing – Instagram adalah sosial media yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berbagi foto dan juga video. Belakangan, Instagram juga tengah fokus untuk mengembangkan fitur Reels mereka untuk distribusi video pendek, layaknya TikTok.
Meskipun konsep Instagram banyak berubah dari zaman Kevin Systrom, nyatanya perubahan tersebut mampu membawanya terus bersaing dapatkan title Raja Sosmed.
Melalui CEO baru Instagram bernama Adam Mosseri, Instagram terus hadirkan fitur-fitur terbaru.
Yang bahkan dapat dikatakan bahwa Instagram ini lebih mengerti kebutuhan pengguna sosial media terutama terkait content filtering. Meskipun soal menghadirkan tren, Instagram kalah dengan TikTok tapi Instagram lebih mengerti psikis daripada penggunanya.
Hal itu dapat dilihat pada 3 fitur baru yang dirilis Instagram bernama Quiet Mode, Hidden Words, dan Not Interested.
Quiet Mode – Fitur yang memungkinkan pengguna Instagram kapan mereka menerima notifications.
Hidden Words – Fitur yang memungkinkan penggunanya untuk tidak melihat konten dengan kata kunci tertentu.
Not Interested – Termasuk fitur lama, hanya saja memang fitur Not Interested yang baru ini memungkinkan kita untuk filter konten sebanyak mungkin.
Baca Juga: Apa Saja Algoritma Terbaru Instagram 2023?
Apa itu Instagram Marketing
Preferensi tampilnya sebuah konten yang diberikan pada pengguna inilah yang jadikan Instagram berkembang lebih pesat.
Didapatkan dari DataIndonesia.id, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia dengan jumlah mencapai 84,48% dari 191 juta jiwa pengguna internet.
Data dari Websiterating.com juga mengatakan bahwa Instagram memiliki statistik data yang dapat menguntungkan pebisnis. Adapun statistik tersebut antara lain;
- Instagram memiliki jumlah pengguna aktif di seluruh dunia mencapai 12.8 miliar untuk bulanan, dan harian mencapai 500 juta pengguna.
- Instagram adalah situs website nomor 7 yang paling banyak dikunjungi di dunia.
- Pengguna Instagram pada umumnya menghabiskan waktu sekitar 53 menit per hari. Sekitar 70% menonton stories videos setiap hari.
- 63% pengguna membuka Instagram setidaknya sekali sehari.
- Indonesia adalah negara keempat yang warga negaranya paling banyak menggunakan Instagram, setelah India, Amerika Serikat dan juga Brazil.
Statistik-statistik di atas sudah cukup untuk pebisnis segera memanfaatkan Instagram marketing.
Apa itu Instagram marketing?. Instagram marketing adalah segala kegiatan pemasaran yang medianya memanfaatkan fitur-fitur daripada Instagram. Baik itu melalui stories, feed, reels, dan juga iklan.
Strategi Terbaik Instagram Marketing
Setelah mengetahui arti dari apa itu Instagram marketing, ini saatnya Anda mengetahui strategi apa yang terbaik untuk marketing channel yang satu ini.
Sebenarnya ada banyak strategi yang bisa dijalankan pada Instagram marketing. Anda bisa memanfaatkan banyak jenis konten yang lagi trend saat ini.
Berikut adalah 5 strategi Instagram marketing dari MinTiv.
1. Menggunakan Instagram Bisnis/Profesional
Yang pertama adalah dengan menggunakan Instagram model bisnis atau profesional.
Sesuai dengan namanya, model akun ini didesain khusus untuk keperluan bisnis. Adapun yang membedakan model akun ini dengan model akun biasanya adalah fitur yang ada di dalamnya.
Jika Anda menggunakan Instagram dengan model bisnis atau profesional, maka Anda akan mendapatkan akses fitur Insights. Di dalam fitur ini terdapat 3 menu utama, yakni Account Reach, Account Engaged dan Total Follower.
Account Reach adalah bagian dari fitur Insights yang menjelaskan tentang jumlah akun yang melihat konten yang telah Anda kreasikan.
Sedangkan engaged adalah jumlah interaksi yang terjadi pada postingan Anda. Interaksi yang dimaksud bisa berupa like, share, comment dan juga save postingan.
Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Akun Instagram Biasa dengan Instagram Bisnis?
Di dalam strategi yang pertama ini Anda juga langsung praktekan cara penulisan bio yang menarik dari MinTiv pada gambar di atas.
2. Memahami Jenis Jenis Daripada Postingan Instagram
Terdengar basic, tapi ini adalah bagian penting yang harus Anda pelajari terlebih dahulu terlebih bagi yang pemula. Adapun di Instagram Anda akan temukan 4 jenis postingan, yakni feed Instagram, stories, live, dan juga Instagram Reels.
3. Memahami Pola Konten Visual yang Menarik
Yang ketiga adalah memahami pola konten visual yang menarik. Di sini Anda harus dapat memahami palet utama untuk brand Anda di Instagram.
Baca Juga: Panduan Membuat Konten Visual Menarik Lengkap
Sebisa mungkin untuk menggunakan palet warna yang menggambarkan niche bisnis Anda. Selain penggunaan palet warna, penggunaan teks di dalam konten juga sama pentingnya. Pastikan bahwa menggunakan teks atau copy yang menarik di dalam konten.
Pahami dengan baik ilmu dasar daripada copywriting, yakni AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action). Jangan lupa untuk menggunakan foto/video berkualitas tinggi.
4. Mengikuti Tren Konten
Strategi yang keempat adalah dengan mengikuti tren konten yang ada.
Untuk sekarang, Instagram sedang banyak mengangkat konten yang apa adanya semisal foto candid. Konten yang orisinil dan berdasarkan pengalaman pribadi juga tengah trend di Instagram saat ini.
Untuk Reels, Anda bisa menggunakan konten hasil kolaborasi bersama dengan content creator atau influencer pilihan yang sesuai dengan niche bisnis Anda.
Baca Juga: Tren Instagram Marketing Terbaru
5. Menggunakan Iklan
Terakhir adalah dengan menjalankan iklan.
Anda bisa memilih untuk menjalankan iklan langsung di Instagram melalui model iklan boost post ataupun menggunakan Dashboard dari Facebook Ads. Meskipun proses integrasinya lebih ribet, tetapi menjalankan iklan Instagram dari Dashboard Facebook Ads terbukti lebih tertarget.
Inilah 5 strategi Instagram marketing terbaik yang bisa Anda praktekkan. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa Kelola Instagram Profesional, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] channel yang bisa Anda pada agency digital marketing di Jakarta. Anda bisa menemukan layanan Instagram Marketing, TikTok Marketing, Search Engine Marketing dan juga SEO […]