Apa itu Instagram Bisnis – Pengelolaan media sosial yang baik akan sangat membantu perusahaan untuk dapat berkembang di dunia serba digital saat ini. Salah satu media sosial yang mesti dioptimalkan pengelolaannya adalah Instagram. Bahkan media sosial yang sekarang menjadi bagian dari Meta Platforms. Inc (dulu Facebook.inc) telah sejak lama menyediakan fitur tersendiri untuk keperluan bisnis. Fitur tersebut adalah Instagram Bisnis.
Baca juga: 7 Layanan Jasa Media Sosial dengan Paket Lengkap 2022
Lalu apa itu Instagram bisnis?, apa bedanya dengan Instagram biasa, dan mengapa pebisnis harus menggunakan Instagram bisnis?. Semua pertanyaan Anda akan terjawab langsung di dalam artikel ini. Kita akan mulai pembahasan kali ini dengan mengenal terlebih dahulu definisi Instagram bisnis.
Apa Itu Instagram Bisnis
Sesuai dengan namanya, Instagram bisnis adalah Instagram yang didesain khusus untuk keperluan bisnis. Yang membedakan Instagram bisnis dengan Instagram biasa adalah model akun dan juga fitur yang akan didapatkan.
Baca Juga: Panduan Optimasi Profil Instagram yang Bisa Menarik Perhatian Audiens
Jika Anda menggunakan Instagram dengan model akun bisnis, maka peluang untuk meningkatkan reach dan engaged akun akan naik begitu drastis. Keuntungan lain, Instagram bisnis bisa didapatkan secara percuma alias gratis. Yang perlu dilakukan oleh Anda, hanyalah merubah jenis akun Anda saja.
Apa Perbedaan Akun Instagram Biasa dan Akun Instagram Bisnis ?
Untuk memahami lebih jauh perbedaan antara akun Instagram bisnis dengan Akun Instagram biasa, MinTiv akan menerangkan tentang 5 poin perbedaan yang vital. 5 perbedaan tersebut adalah dari segi penampilan akun profil, menu kontak, fitur insights, fitur ad tools, dan Instagram Shopping.
MinTiv akan menerangkan 5 poin ini secara detail kepada Anda.
1. Profil Akun
Akun Instagram yang bukan merupakan akun bisnis hanya bisa digunakan untuk memuat beberapa informasi saja di bagian bio. Seperti name, email, dan juga website.
Untuk akun Instagram bisnis, pilihan untuk menu bio akan lebih banyak. Anda bisa menempatkan beberapa informasi tambahan seperti kategori bisnis seperti fashion, retail, organization, atau bahkan alamat perusahaan.
2. Menu Kontak
Yang kedua adalah perbedaan dalam menu kontak. Bagian kontak yang ada pada bio Instagram penting untuk Anda optimasi. Apabila Anda hanya menggunakan Instagram dengan jenis akun yang bukan bisnis, pelanggan potensial hanya bisa menghubungi Anda melalui DM (Direct Message) saja.
Tetapi, apabila Anda sudah merubah Instagram biasa menjadi Instagram bisnis, pelanggan akan jauh lebih mudah untuk menghubungi Anda melalui kontak yang dapat diintegrasikan dengan nomor telepon, WhatsApp, email dan juga alamat.
Adanya kontak seperti ini juga akan membuat akun Anda terlihat lebih profesional.
3. Fitur Insights
Selanjutnya ada perbedaan dalam hal fitur Insights. Fitur ini akan mudah Anda dapatkan ketika sudah merubah jenis akun Instagram. Di dalam fitur ini terdapat 3 menu utama, yakni Account Reach, Account Engaged dan Total Follower.
Account Reach adalah bagian dari fitur Insights yang menjelaskan tentang jumlah akun yang melihat konten yang telah Anda kreasikan.
Sedangkan engaged adalah jumlah interaksi yang terjadi pada postingan Anda. Interaksi yang dimaksud bisa berupa like, share, comment dan juga save postingan. Untuk yang terakhir adalah Total Followers.
Bukan hanya menyajikan info jumlah total follower saja, tetapi juga menyajikan demografi lengkap tentang apa jenis kelamin, berapa usia, dari mana wilayah geografinya, dan jam jam berapa saja follower ketika mengunjungi akun Anda.
4. Fitur Ad Tools
Keempat adalah fitur ad tools. Instagram bisnis memungkinkan Anda untuk dapat melakukan promosi dengan postingan Anda, baik itu video, ataupun yang berbentuk desain statis. Tentu saja hal ini akan semakin memperluas jangkauan audiens market Anda. Akun Instagram akan mendapatkan banyak reach dan juga engaged.
Salah satu penggunaan fitur ini adalah boost post.
5. Instagram Shopping
Yang terakhir, Instagram bisnis memungkinkan Anda untuk dapat membuat katalog produk bisnis, demi memudahkan pelanggan untuk langsung membeli produk atau jasa Anda. Yaps, Anda bisa memasang info tersebut pada bagian feed, stories atau katalog di bio Instagram.
Selain memudahkan pelanggan untuk dapat melihat informasi produk Anda, fitur ini juga akan membantu menaikkan minat beli pelanggan. Jika Anda menggunakan fitur ini, di bio Instagram Anda akan muncul tombol tambahan seperti View Shop.
Perbedaan tambahan adalah, akun bisnis tidak bisa diubah menjadi untuk menjadi private.
Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Bisnis
Apa keuntungan menggunakan Instagram model bisnis?. Secara tersirat, MinTiv sudah menjelaskan keuntungan-keuntungan yang didapatkan apabila Anda merubah jenis akun Instagram menjadi bisnis. Manfaat yang paling umum yang bisa Anda dapatkan adalah sajian data yang lengkap serta akun yang lebih profesional.
Berikut ini adalah 5 manfaat ketika Anda menggunakan akun Instagram bisnis;
1. Sajian data analitik yang lengkap, memudahkan Anda untuk dapat melihat skla impresi, jumlah followers, data demografi, dam juga jam favorit pengunjung. Data-data seperti ini tentunya akan mempermudah proses strategi konten marketing di dalam bisnis Anda.
2. Anda bisa meraih lebih banyak reach, engaged, bahkan Anda bisa menyasar audiens yang lebih luas namun tetap tertarget menggunakan fitur ad tools yang ada.
3. Tampilan bio Instagram yang lebih profesional, memudahkan pelanggan untuk dapat lebih dekat mengenal bisnis Anda, serta memudahkan mereka untuk menghubungi Anda. Kemudahan ini tentu akan sangat berdampak pada masalah trust issues.
4. Pelanggan mudah mencari akun Anda di Instagram, dikarenakan kategori yang dipilih untuk keterangan akun Instagram bisnis.
5. Instagram bisnis adalah sahabat bagi bisnis Anda yang bergerak di bidang retail. produk atau jasa, karena Anda dapat dengan mudah menata informasi tersebut dalam sebuah katalog.
Cara Membuat Akun Instagram Bisnis
Setelah mengetahui banyak fitur dan juga manfaat yang bisa didapatkan dari akun Instagram bisnis, pastinya Anda sudah mulai bertanya-tanya tentang;
“Bagaimana cara membuat akun Instagram bisnis?”
Untuk merubah akun Instagram biasa menjadi akun Instagram bisnis itu bukanlah perkara yang sulit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini;
1. Login menggunakan akun Instagram yang sudah ada sebelumnya. Jika Anda belum memiliki akun Instagram sama sekali, Anda bisa membuat akun Instagram baru dengan memilih menu Sign Up.
2. Setelahnya proses pembuatan akun selesai, atau proses login selesai, maka jenis akun yang pertama kali Anda jumpai adalah akun Instagram biasa. Untuk dapat merubahnya menjadi bisnis, akses menu Settings dari icon hamburger yang ada di bagian profil.
3. Setelah pilih Switch to Professional Account seperti yang ada pada gambar dari menu akun.
4. Tentukan kategori akun yang Anda inginkan. Karena kita menginginkan Instagram bisnis maka kita memilih kategori akun bisnis.
5. Pilih kategori bisnis yang Anda inginkan, untuk hal ini tergantung pada bisnis Anda. Semisal bisnis Anda menyediakan layanan seputar informasi teknologi, Anda bisa memilih personal blog ataupun Product/service.
6. Terakhir, isi biodata yang ada sesuai dengan data perusahaan atau bisnis yang Anda miliki. Anda bisa melengkapi bagian ini dengan mengisi nomor telepon dan juga lokasi bisnis. Lakukan langkah yang sama pada bagian pengisian profil
Inilah penjelasan lengkap mengenai apa itu Instagram bisnis dan apa manfaatnya dalam keperluan bisnis. Di artikel selanjutnya MinTiv akan membahas tentang Bagaimana Cara Mengoptimasi Akun Instagram, so tetap pantengin Blog Creativism.id, dan info menarik lainnya di Instagram @creativism.id
Klik untuk Info Jasa Kelola Instagram Bisnis
Apabila Anda ingin tetap bisa fokus menjalankan bisnis tanpa harus dipusingkan tentang cara optimasi akun Instagram, Anda dapat menghubungi nomor 6281 22222 7920. Sebelum menghubungi nomor tersebut, Anda bisa terlebih dahulu membaca artikel di bawah ini;
Baca juga: 8 Tips Memilih Jasa Design Feed Instagram
Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
[…] Baca juga: Apa Itu Instagram Bisnis […]
[…] Dengan menggunakan tools analytics. Cara yang kedua melibatkan tools analytics. Untuk tools ini sebenarnya bergantung pada jenis sosial media yang Anda gunakan. Semisal Anda menggunakan Instagram Marketing, maka Anda bisa menggunakan Instagram Insights. Twitter dengan Twitter Analytics, Facebook dengan Facebook Insights, Youtube dengan tools-nya, begitu seterusnya. Apabila Anda menggunakan Instagram, maka Anda dapat menggunakan fitur insight-nya dengan beralih pada mode akun bisnis. Baca juga: Cara Merubah Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis. […]
[…] dari membeli followers berakibat permanen bukan instan. Salah satu dampak buruknya adalah akun Instagram Bisnis Anda akan […]