Panduan Optimasi Profil Instagram – Instagram adalah salah satu media sosial terpopuler di Indonesia. Jumlah pengguna aktif daripada media sosial ini terus bertambah di tiap tahunnya. Bahkan di tahun ini, jumlah penggunanya sudah mencapai angka 12.8 miliar per bulan.
Pengguna hariannya saja bahkan mencapai angka 500 juta pengguna. Di Indonesia sendiri angka penggunanya sudah mencapai 109.3 juta jiwa. Angka ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara keempat terbesar di dunia dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak.
Berdasarkan websiterating, Instagram memiliki banyak data statistik yang berpotensi menguntungkan, seperti;
- Rata-rata pengguna Instagram menghabiskan waktu sekitar 53 menit per hari.
- 63% pengguna Instagram membuka aplikasi ini setidaknya satu hari sekali.
- 70% pengguna Instagram menonton konten video di Stories.
- Pengguna berusia 25 tahun ke bawah, rata-rata menghabiskan waktu 32 menit per hari. Potensi untuk pemasaran konten pada audiens generasi Z dan millennial sangatlah besar.
Beberapa data statistik di atas menjadi salah satu alasan kuat mengapa Instagram marketing banyak dipilih oleh pebisnis. Perubahan demi perubahan yang dilakukan oleh Adam Mosseri CEO daripada Instagram, menjadikan content marketing di Instagram lebih beragam.
Reels, stories, feed, live dan lain sebagainya, dapat pebisnis gunakan untuk memperluaskan brand awareness baik dengan foto, ilustrasi, animasi, dan juga video.
Sayangnya, untuk bisa menjalankan Instagram marketing dengan baik, Anda diharuskan untuk memahami 4 bagian penting, yakni;
- Desain konten menarik untuk Feeds/Stories.
- Video editing untuk keperluan Reels.
- Copywriting untuk keperluan caption.
- Dan juga admin atau content planner yang bertugas untuk merencanakan dan posting konten.
Keempat metode di atas bisa Anda pelajari apabila disertai dengan metode pembelajaran yang sistematis dan konsisten. Anda harus mulai dari metode awal, yakni mengoptimalkan bio Instagram yang dimiliki.
Nah, beruntungnya Anda, di sini MinTiv akan memberikan panduan optimasi profil Instagram (bio), jadi simak baik-baik ya!.
Panduan Optimasi Profil Instagram Lengkap
- Pilihlah username yang menggambarkan bisnis Anda. Pemilihan username ini harus unik dan juga fleksibel. Jangan menautkan kata kunci umum seperti Jual Keperluan Bayi sebagai username. Hal ini akan menjadikan pilihan konten Anda terbatas, dan fleksibilitas bisnis yang kaku, alias tidak bisa merambat ke bisnis lain.
- Jika Anda ingin memasukan kata kunci umum dari niche bisnis Anda, maka gunakan itu di bagian nama akun. Nama akun berbeda dengan username.
- Memberikan hashtag untuk pertegas keyword. Penggunaan hashtag ini bertujuan untuk mempermudah mesin SEO Instagram menampilkan konten Anda pada audiens yang tepat.
- Berikan 3 nilai tentang bagaimana Anda bekerja. Jika Anda menjalankan Instagram untuk jualan produk fisik seperti perlengkapan bayi, maka Anda bisa memuatkan kata lain yang sesuai. Semisal Nyaman & Aman, Dedek Bayi Suka!.
- Memberikan info link yang berisikan informasi lebih lanjut tentang bisnis Anda. Anda bisa memasukan link website ataupun link profile bisnis yang lain. O iya perlu diketahui, bahwa Instagram sekarang memungklinkan Anda untuk memuat lebih dari 1 link profile
- Jangan lupakan Call to Action yang menarik.
- Foto profil yang simple, namun menarik. Untuk ini, Anda bisa menggunakan berbagai tools, dan salah satunya adalah Photo Room.
- Jangan lupa untuk menjelaskan apa yang Anda lakukan untuk audiens yang ada. Untuk Creativism sendiri adalah, Solusi desain dan konten bisnis Anda!.
Inilah penjelasan lengkap tentang panduan optimasi profil Instagram. Apabila Anda membutuhkan Jasa Kelola Instagram Terbaik, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Panduan Optimasi Profil Instagram yang Bisa Menarik Perhatian Audiens […]