Apa itu Public Relations – Ada banyak bagian penting yang harus ada di dalam bisnis. Salah satunya adalah bisnis harus memiliki public relations. Public relations ini berfungsi untuk memastikan adanya komunikasi yang baik antara citra perusahaan dengan produk yang dikreasikan untuk masyarakat umum.
Komunikasi yang baik ini akan menciptakan lingkungan bisnis yang lebih kondusif dan juga memiliki prospek yang lebih cerah.
Penerapan public relations dapat membantu meminimalkan ancaman dari faktor eksternal bisnis. Salah satunya berasal dari kebijakan pemerintah atau pemangku kepentingan lainnya.
Apa itu Public Relations?
Menurut W. Emerson Reck, wakil presiden daripada Universitas Wittenberg, ia menjelaskan bahwa public relations adalah kelanjutan dari proses kebijaksanaan perusahaan. Kelanjutan dari sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang tertentu agar memperoleh kepercayaan.
“Public Relation is the continued process of keying policies, services and actions to the best interest of those individuals and groups whose confidence and goodwill an individual or institution covest, it is the interpretation of these policies, services and actions to assure complete understanding and appreciation.”
Apa yang disampaikan oleh W. Emerson Reck juga senada dengan apa yang disampaikan oleh Frank Jefklin. Seorang penulis yang terkenal akan banyak karyanya di bidang public relations.
Era marketing yang sudah bergeser ke arah digital marketing, memaksa pebisnis untuk tidak lagi banyak berharap pada strategi konvensional.
Semisal saja dengan strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion). Citra baik perusahaan adalah kunci penting untuk jadikan strategi konvensional tersebut tampak berbeda dan unik (brand positioning).
Tujuan Public Relations
Secara garis besar, public relations memiliki 3 tujuan umum. 3 tujuan umum tersebut adalah;
- Menciptakan citra positif kepada perusahaan. Bahkan sampai hal-hal detail mengenai perusahaan tersebut.
- Menciptakan rasa saling pengertian dan saling memahami antara perusahaan dengan para pemangku kepentingan.
- Anda bisa mendapatkan dukungan dari perusahaan atau mitra baru untuk aktivitas operasional bisnis.
Manfaat Menjalankan Strategi Public Relations
Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan daripada penerapan strategi ini. Anda bisa memahami banyak terlebih jika Anda mempelajari lebih dalam tentang tujuan public relations ini.
Dengan public relations, Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Yang sekiranya mampu menciptakan brand perception yang baik dari audiens terhadap bisnis Anda.
Melalui public relation ini juga, Anda dapat dengan mudah menilai kebijakan brand dan distribusi produk ke segmen pasar yang menjanjikan.
Strategi Membangun Public Relations yang Baik
Terdapat 5 jenis strategi yang bisa Anda gunakan untuk membangun public relations yang baik. 5 jenis strategi itu adalah;
- Corporate Communication. Berpusat pada cara perusahaan menggambarkan dirinya pada karyawan, calon karyawan dan juga audiens marketnya. Penerapan strategi ini identik dengan strategi lain seperti proses perancangan SOP yang baik dan juga brand image.
- Media Relation. Berikutnya adalah media relation. Strategi seperti ini sangat ampuh untuk perusahaan mendapatkan banyak brand perception yang baik dengan jangkauan yang lebih luas. Anda bisa melakukannya dengan siaran pers ke media, ataupun dengan memanfaatkan kanal media sosial.
- Community Relation. Sesuai dengan namanya, strategi ini berfokus untuk membangun citra bisnis yang baik di komunitas tertentu. Umumnya komunitas yang dipilih adalah komunitas yang memiliki niche yang relevan. Semisal Anda adalah pebisnis suplemen herbal, maka Anda bisa bergabung pada komunitas-komunitas pecinta pola hidup sehat.
- Corporate Social Responsibility. Selanjutnya adalah Corporate Social Responsibility. Strategi ini berfokus untuk memastikan bahwa kegiatan perusahaan tidak memberikan dampak buruk pada lingkungan sekitarnya.
- Crisis Management. Yang terakhir adalah Crisis Management. Ini adalah cara perusahaan untuk dapat bertahan pada situasi operasional yang normal meskipun berada dalam kondisi yang kritis.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu public relations. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan partner bisnis terbaik, hubungi saja Creativism.
Baca Juga: Cara Membuat SOP yang Baik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 62812- 2222- 7920.