Ide Konten Reels Instagram – Instagram marketing adalah salah satu jenis marketing channel digital yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Hal ini wajar mengingat Instagram adalah media sosial terpopuler di dunia, bersaing ketat dengan rivalnya saat ini yakni TikTok dan Twitter.
Menjalankan Instagram marketing bagi seorang pebisnis memang akan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah mampu meningkatkan brand awareness bisnis di mata audiens. Pebisnis dapat dengan mudah membangun koneksi atau relationship marketing yang baik dari konten yang berkualitas.
Konten yang berkualitas tentunya akan mengundang feedback audiens untuk memberikan like, komentar, dan juga share. Metrik-metrik inilah yang digunakan untuk mengukur tingkat engagements sebuah akun Instagram.
Berbicara tentang engagements akun Instagram, terdapat satu jenis konten yang dengannya pebisnis bukan hanya bisa mendapatkan like, komentar, share maksimal. Tapi juga mampu memperluas jangkauan akun yang ada, dan itu dapat dilihat dengan jelas melalui jumlah views.
Konten tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah konten Reels. Untuk bisa menjalankan konten Reels yang mampu memberikan manfaat seperti itu, diperlukan ide dan konsep yang matang. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bisa mendapatkan ide dan konsep yang segar untuk Reelsnya.
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Membeli Centang Biru Instagram
Apalagi bagi seorang pebisnis yang memang lebih sibuk mengurus hal-hal teknis di lapangan langsung, ketimbang berada di depan layar smartphone untuk memantau trend terbaru Reels Instagram.
Nah, untuk membantu Anda, berikut ini MinTiv akan memberikan 7 ide konten Reels Instagram yang layak untuk dicoba. 7 ide konten Reels Instagram ini dimulai dari;
7 Ide Konten Reels Instagram Terbaru!
1. Read Caption
Yang pertama adalah Read Caption.
Teknik ini sering digunakan oleh banyak influencer di Instagram maupun aplikasi sebelah, yakni TikTok. Untuk bisa menjalankannya, Anda perlu mencari topik yang benar-benar menarik. Konversikan topik tersebut menjadi sebuah pancingan atau Call to Action yang juga menarik.
Konten read caption seperti ini akan memberikan Anda lebih banyak watch time dari audiens. Karena ketika mereka menonton video-nya sampai, mereka akan kembali melihat caption untuk dapat keterangan lebih lanjut. Nah, selama mereka membaca caption yang ada, maka watch time konten Reels Anda bisa bertambah.
2. Typing/Fade In
Kedua adalah dengan menggunakan ide konten dengan teks yang ada di dalamnya diberi efek typing atau fade in. Untuk bisa menjalankan konten seperti ini, maka Anda butuh riset yang mendalam terkait teks yang bakal dimunculkan dengan kedua efek ini. Jangan lupa untuk memaksimalkan Call to Action yang ada.
3. Meme
Selanjutnya adalah meme.
Instagram adalah media sosial, tempat untuk orang-orang mendapatkan hiburan. Anda sebagai pebisnis jangan pernah melupakan kodrat dari Instagram ini. Oleh sebab itu, rencanakan konten khusus berisikan meme di dalam akun Anda.
Kunci penting menjalankan meme untuk konten Reels ini adalah membuatnya relate dengan kehidupan di dunia nyata. Contohnya seperti video milik @creativism.id di atas. Di mana mereka dengan sukses menggambarkan proses mendapatkan page 1 Google yang tidak mudah dan butuh kesabaran.
4. Konten Quotes
Berikutnya adalah konten quotes. Konten jenis ini terbilang mudah untuk didesain. Yang Anda perlukan adalah quotes yang benar-benar bermakna. Jangan lupa untuk memilih lagu atau audio yang relevan. Bisa dikatakan bahwa konten jenis ini memiliki kekuatan yang berimbang antara audio dan teks yang ada di dalamnya.
5. Looping
Berikutnya adalah konten Reels bergaya looping.
Konten Reels ini akan menghasilkan video yang seolah-olah tidak berakhir sama sekali. Kunci dari teknik ini adalah menggabungkan bagian awal di bagian akhir video, jadi tercipta ilusi sesaat bahwa video seperti belum selesai.
6. Part 2
Di nomor 6 adalah konten Reels dengan teknik Part 2.
Teknik ini sendiri akrab digunakan bersamaan dengan storytelling yang baik. Umumnya teknik ini dijalankan dengan membuat video yang di-cut menjadi 2 atau 3 bagian, karena durasi yang terlalu panjang untuk Reels (durasi maksimal 1 menit 30 detik).
Konten Reels dengan teknik ini bukan hanya akan memberikan Anda watch time yang maksimal pada konten Reels yang pertama dan kedua, tapi juga memberikan engage yang lebih tinggi. Audiens Anda akan terpancing untuk memberikan komentar, seperti “mana nih part 2nya”.
7. Explanation Video
Yang terakhir, mirip dengan ide konten Reels Instagram sebelumnya, hanya saja penjelasan yang diberikan dibuat lengkap dalam 1 video pendek. Konten seperti ini memang tidak mudah untuk dibuat, terlebih bagi yang kurang terbiasa di depan kamera.
Latih terus cara bicara Anda agar tidak terasa kaku, enak didengar dan juga insightful.
Baca Juga: Ide Konten Instagram Tanpa Harus Memperlihatkan Muka
Inilah penjelasan lengkap tentang 7 ide konten Reels Instagram terbaru yang bisa Anda jadikan referensi. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kreator Video Reels Instagram, hubungi saja Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 62812- 2222- 7920.
[…] Baca Juga: 7 Ide Konten Reels Instagram Terbaru yang Ramai Viewers […]