Cara Membangun Corporate Branding – Ada banyak hal yang harus dimaksimalkan oleh perusahaan demi bisa meningkatkan kualitas bisnisnya. Mulai dari menjalankan content marketing di sosial media, hingga dengan menjalankan iklan baik yang bersifat digital dan juga non digital. Semua itu harus pebisnis dapat pikirkan demi bisnis yang berkelanjutan. Dari sekian banyak teknik yang ada, pada umumnya, perusahaan melakukan semua itu untuk meningkatkan level brand awareness mereka ke Level Top of Mind atau untuk Corporate Branding.
Namun, berbeda dengan content marketing, social media marketing dan juga Pay Per Click Marketing, corporate branding adalah strategi marketing yang memiliki pendekatan fundamental. Ya, branding lebih mengajarkan kepada kita bagaimana cara mendapatkan hubungan yang baik dengan pelanggan.
Baca Juga: Apa itu Sales Funnel dan Dampaknya dalam Bisnis?
Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum mengerti bagaimana cara membangun corporate branding yang baik. Nah berikut ini MinTiv akan memberikan insights kepada Anda tentang 7 cara efektif demi bisa mengembangkan corporate branding. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda;
Cara Membangun Corporate Branding
1. Merancang Customer Journey dengan Baik
Pertama, yang harus Anda lakukan adalah dengan merancang customer journey. Menurut QuestionPro, customer journey adalah rangkaian interaksi yang dimiliki pelanggan dengan layanan atau produk suatu brand. Fokus dari pemahaman ilmu ini tidak hanya pada proses transaksi saja. Melainkan dimulai dari bagaimana pelanggan mendapatkan informasi produk Anda.
Secara umum, customer journey sendiri memiliki 5 tahap di dalamnya, yakni;
- Awareness.
- Consideration.
- Conversion.
- Retention.
- Advocacy.
MinTiv akan membahas tentang customer journey ini lebih lengkap pada artikel mendatang. Simak terus Blog Creativism ya!.
2. Kuasai dengan Baik Product Knowledge
Selanjutnya adalah dengan memahami dengan baik product knowledge Anda. Pemahaman yang baik terhadap product knowledge akan mempermudah Anda untuk melakukan product branding. Anda akan lebih optimal memaksimalkan Unique Selling Point yang Anda miliki. Bahkan, Anda bisa saja melakukan product branding Anda kepada pelanggan secara langsung melalui konten live review product. Konten seperti ini akan membantu Anda untuk memenangkan persaingan content marketing yang otentik di sosial media.
Baca Juga: Trend Konten di Sosial Media 2023
Berikan informasi tentang brand secara detail, jujur dan juga apa adanya.
3. Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat
Berikutnya, setelah 2 proses sebelumnya terlewati, tentukanlah strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran terlebih di era digital sendiri sangatlah beragam. Anda bisa menggunakan opsi sosial media marketing, ataupun dengan memanfaatkan website bisnis Anda dengan SEO.
Jangan lupakan juga bahwa setiap strategi pemasaran pasti memiliki masa hype dan juga masa turun atau kurang diminati. Untuk itu pelajari dengan baik apa itu performance marketing. Agar ketika strategi yang dijalankan tidak memenuhi standar atau matrik yang telah ditetapkan, Anda bisa langsung berganti strategi.
4. Perkuat Karakter Brand Melalui Logo, Desain, ataupun Maskot yang Ikonik
Keempat adalah dengan memperkuat branding perusahaan Anda melalui penggunaan logo, desain konten ataupun maskot yang ikonik.
Baca Juga: Rahasia Marketing Sukses KFC
Anda bisa melihat contoh branding yang berhasil dalam hal logo seperti Apple dan juga KFC dengan maskot Kolonel Sanders miliknya. Terpenting adalah menghadirkan elemen-elemen tersebut agar bisa tampil mengesankan bagi pelanggan. Ingat, first impression di dalam bisnis itu diperlukan.
5. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan
Kelima, adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Komunikasi yang baik, dan juga transparan adalah salah satu alasan pebisnis dapat sukses. Komunikasi yang baik juga menjadi dasar bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis baik daring (online) dan luring (offline). Hal ini penting untuk Anda pelajari mengingat salah satu pendongkrak matrix customer experience ke arah positif adalah komunikasi yang baik.
Ada banyak penerapan yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan menjalankan user generated content, atau meminta langsung pendapat atau feedback pelanggan terhadap produk kita.
6. Menjaga Kepercayaan Konsumen
Corporate branding dapat berjalan dengan baik apabila Anda benar-benar berkomitmen memberikan yang terbaik dan jujur dengan pelanggan. Kepercayaan konsumen terhadap brand kita adalah harga mati. Lakukan evaluasi pada setiap tahap customer journey, apakah masih terdapat poin-poin penting yang perlu ditingkatkan.
Secara garis besar poin 6 dan 5 ini bisa Anda terapkan dengan mudah, apabila Anda sudah memahami dengan baik apa itu relationship marketing.
7. Bangun Visibilitas Perusahaan Anda di Internet
Yang terakhir, lebih bersifat teknik, yakni membangun visibilitas perusahaan Anda di internet. Anda bisa mulai dengan menjalankan Instagram Marketing ataupun dengan mempelajari SEO Website. Keduanya memang tidak mudah dilakukan, tetapi apabila Anda sudah memiliki tim profesional tersendiri untuk menjalankan kedua strategi tersebut, maka tidak perlu khawatir.
Baca Juga: 10 Strategi Instagram Marketing Terbaik Terbaru
Tapi bagaimana jika tidak? atau punya tim tapi hasilnya tetap kurang memuaskan?. Gunakan Jasa Agency Digital Marketing Creativism.id. Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Membangun Corporate Branding dengan Tepat […]