5 Rahasia McD dan KFC dalam Strategi Marketing yang wajib Dicoba! Ternyata seperti ini strategi yang digunakan, sederhana namun tepat!
Adakah di antara Kawan Creativ yang bertanya, “Kok bisa ya McD dan KFC bisa terkenal hingga saat ini, bahkan banyak yang menyukainya? Apa rahasianya?”
Nah, kalau Kamu penasaran dengan kesuksesan bisnis makanan dari kedua brand tersebut. Berikut tips yang harus banget Kawan Creativ terapkan di bisnis makanan kalian!
1. Visi Adalah Impian
Kalau Kawan Creativ memiliki keinginan untuk mengembangan bisnis ini lebih luas. Kamu wajib punya yang namanya Visi dan keyakinan, karena dari 2 hal inilah yang akan menjadi dasar usaha dan semangat untuk Kawan Creativ agar bisa mencapai tujuan usaha yang diinginkan.
Jadi buat dan gapailah visi usaha Kawan Creativ ya, jangan menyerah!
2. Bisa Menentukan Pasar yang Tepat
Sumber: Creativism.id
Tahukah Kamu, memiliki visi yang kuat saja tidak cukup loh. Kawan Creativ juga wajib melakukan langkah yang kedua ini.
Mari kita intip sedikit dari cara McDonald bisa mencapai impiannya yuk!
Jadi kuncinya adalah, sejak awal McDonal melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh pengusaha kebanyakan, yaitu mengidentifikasi pangsa pasar yang ingin disasar dengan cermat. Berbeda dari kebanyakan pengusaha, yang jarang memiliki fokus dan selalu mencari pangsa pasar secara acak.
Bagaimana cara melihatnya?
Mari kita lihat dari segi produk yang dibuat oleh McDonald. Jika diperhatikan, McDonald ini memiliki berbagai macam menu yang bisa dinikmati oleh anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Tidak hanya itu, McDonald selalu membuat variasi rasa yang di sesuaikan dengan lidah orang lokal dimana tempat gerai itu dibuka.
Setelah McDonald mendapatkan pangsa pasarnya yang tepat dan juga terus berinovasi, hasil yang didapatkan adalah brand makanan cepat saji ini mendapat loyalitas dari para konsumen, hingga menjadi pelanggan setianya.
3. Membuat Promosi yang Kreatif
Pada langkah ke tiga ini, Kawan Creativ bisa melihat bahwa McDonald dan KFC melakukan promosi yang bisa menggugah konsumen untuk membeli produknya. Kita harus mengucapkan “terima kasih” kepada para marketing, karena dari kreativitas merekalah muncul yang namanya promo-promo yang menggiurkan, seperti pemberian hadiah lucu, bonus, produk baru, hingga membuat event internal. Jadi promosi tidak meluluk di lakukan pada TV saja.
4. Memberikan Kemudahan
Setelah Kawan Creativ mendapatkan perhatian dari para konsumen, apa yang harus dilakukan?
Nah di tahap inilah Kawan Creativ diuji kemampuannya untuk membuat konsumen tetap loyal kepada usaha Kamu. Bagaimana caranya?
Caranya adalah dengan memberikan kemudahan untuk mereka. Kita ambil beberapa contoh yang mungkin bisa Kawan Creativ lakukan, seperti memberikan layanan drive thru, pesan antar secara online, dan masih banyak lagi. Jadi konsumen yang sedang sibuk tetap bisa memesan makanan tanpa harus beranjak dari kursi.
5. Memiliki Keunikan
“Aku sudah lakukan 4 tahap di atas, tapi kok masih gini-gini aja ya?”
Eittss, tunggu dulu! Kamu melewatkan Rahasia McD dan KFC dalam Strategi Marketing yang satu ini. Please jangan dihiraukan ya.
Supaya bisnis atau usaha Kawan Creativ bisa meresap ke dalam hati para konsumen, yang satu ini wajib dimiliki oleh semua pembisnis yaitu, memiliki “KEUNIKAN”.
Coba kita ambil contoh lagi ya, McDonald. Brand makanan ini terkenal dengan mainan uniknya, yang membuat semua anak-anak selalu ingin memilikinya. Dengan cara McDonald memberikan mainan gratis dalam setiap pembelian paket kids meal, cara ini ternyata terbukti efektif dan memiliki dampak yang besar untuk keberlangsungan bisnis McDonald.
Dari contoh ini, apa inti yang bisa diambil?
Jadi, intinya adalah Kawan Creativ bisa memiliki keunikan juga dalam bisnis. Tidak selalu harus sama dengan yang dilakukan oleh pengembang McDonald ataupun KFC kok, Kamu juga bisa membuat sebuah keunikan tersendiri loh. Gunakan kreativitas dan berkreasilah untuk menghasilkan sebuah kelebihan beserta keunikannya ya. Sehingga dengan begini, Kawan Creativ bisa siap menghadapi persaingan sampai akhirnya Kamu mendapatkan tujuan bisnis dan menjadi bisnis yang terdepan.
Nah, itu dia tips yang bisa Kawan Creativ bisa terapkan dalam bisnis Kamu, tidak hanya bisnis makanan saja kok, semua bisnis bisa mencobanya.
Oh iya, jika Kawan Creativ bingung ingin membuat sesuatu yang unik dalam berbisnis, apa lagi dalam dunia digital, kami punya solusinya loh! Penasarankan apa saja solusi yang ditawarkan Creativism.id?
Yuk segera konsultasikan dan cek website Creativism.id ya, karena di sini Kawan Creativ akan mendapatkan banyak sekali pelayanan yang dibutuhkan dalam sosial media, beserta kemudahannya. Tunggu apa lagi? Yuk cek sekarang!
[…] Baca juga: 5 Rahasia McD dan KFC dalam Strategi Marketing yang Wajib Dicoba! […]