Apa itu Telemarketing – Sebagai seorang pebisnis, Anda pastinya akan mencari 1000 cara agar bisnis Anda dapat terus berkembang. Anda akan mengoptimalkan segala jenis marketing channels yang ada. Mulai dari yang berkaitan dengan dunia digital hingga yang tidak sama sekali seperti field marketing. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada salah satu teknik marketing yang banyak menghasilkan konversi dan cukup bermodalkan jaringan telepon saja.
Teknik marketing tersebut adalah telemarketing. Meskipun terkesan jadul, faktanya banyak perusahaan berskala nasional maupun internasional yang menggunakan teknik marketing ini. Teknik ini dipercaya mampu membantu pebisnis untuk bisa lebih dekat lagi dengan pelanggan dan membangun relasi yang baik.
Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang apa itu telemarketing.
Apa itu Telemarketing?
Seperti yang sudah MinTiv katakan sebelumnya, telemarketing adalah kegiatan marketing yang memanfaatkan telepon sebagai media utamanya. Kunci kesuksesan teknik ini adalah komunikasi yang baik serta pemberian informasi yang jelas kepada calon pelanggan melalui telepon.
Orang yang melakukan telemarketing bisa disebut dengan telemarketer. Adapun tugas dari telemarketer adalah;
Tugas Telemarketer
1. Melakukan Panggilan Telepon kepada Calon Pelanggan
Yang pertama yang harus dilakukan oleh seorang telemarketer adalah dengan melakukan panggilan telepon kepada calon pelanggan. Ya, ini adalah tugas utama seorang telemarketer. Biasanya telemarketer akan melakukan panggilan telepon ini sesuai dengan script yang menjadi pedoman sebelumnya.
Jika terdapat pertanyaan-pertanyaan yang berada di luar script tersebut, telemarketer harus tetap tenang dan bisa mencari informasi terbaik untuk tetap menarik perhatian pelanggan. Kuncinya adalah seberapa baik telemarketer tersebut memahami product knowledge dari bisnis yang ia jalankan.
2. Menjelaskan Produk yang Dijual
Kedua adalah dengan menjelaskan produk yang dijual. Penjelasan harus detail dan tentunya menarik. Jangan sampaikan informasi produk Anda dengan nada yang datar ataupun dengan nada yang terlalu keras. Sampaikan bagian paling menarik dari produk Anda. Pelajari lebih lanjut tentang Unique Selling Point apa yang coba Anda tonjolkan di dalam bisnis.
3. Menjawab Setiap Pertanyaan dari Calon Pelanggan
Ya, ini pasti. Pekerjaan telemarketer umumnya menjadi lebih mudah terlebih bagi pebisnis yang sudah menyiapkan script atau FAQ dari bisnisnya. Jika terdapat satu atau 2 calon yang bertanya di luar dari script, maka Anda bisa lakukan sedikit manuver dengan menahan panggilan dan bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman di dalam bisnis tersebut.
4. Memotivasi Pelanggan Agar Lakukan Pembelian
Keempat adalah memotivasi pelanggan agar melakukan pembelian. Anda bisa gunakan kata kata seperti “Promo Spesial ini Hanya Berlaku Sampai Hari Ini Berakhir Saja ya Pak!”.
Cara terbaik untuk memotivasi pelanggan melakukan pembelian adalah dengan menerapkan FOMO marketing. Bila perlu catat terlebih dahulu kata-kata ampuh yang bisa mendorong pembelian pelanggan di kertas yang berbeda. Gunakan kata-kata itu sebelum menutup telepon.
5. Membuat Daftar Kontak Pelanggan yang Sudah Dihubungi
Selanjutnya adalah dengan membuat daftar kontak pelanggan yang sudah dihubungi. Hal ini penting demi mencatat touchpoint dari setiap pelanggan yang ada. Darinya Anda dapat mengetahui seberapa besar peluang pelanggan melakukan pembelian jika Anda melakukan follow up kembali.
Jenis Jenis Telemarketing dalam Bisnis
Selanjutnya yang akan kita adalah jenis-jenis daripada telemarketing. Secara garis besar kita dapat memahami telemarketing ini ke dalam 4 jenis, yakni inbound, outbound, sales dan juga Lead Generation.
Pesan Sekarang: Jasa Pengelolaan TikTok Lengkap dengan Talent!
Berkut penjelasan masing-masing jenis telemarketing tersebut;
1. Inbound
Salah satu upaya pebisnis untuk dapat menjangkau pelanggan dengan memberikan pertanyaan seputar layanan atau produk. Pertanyaan ini ditujukan agar pebisnis dapat mengetahui permintaan pelanggan. Bisa dibilang bahwa ini adalah salah satu metode penerapan dari voice of customer.
2. Outbound
Berbeda dengan inbound, outbound menjadikan telemarketer untuk aktif menelepon seseorang dan membuat mereka tertarik dengan produk Anda. Yang menjadi target sasaran dari jenis telemarketing ini biasanya adalah mereka yang merupakan pelanggan setia atau juga pelanggan potensial.
3. Sales
Mirip dengan outubound, hanya saja teknik yang digunakan selama komunikasi lebih persuasif.
4. Lead Generation
Yang terakhir adalah lead generation. Jenis telemarketing bisa dibilang adalah jenis telemarketing yang bergerak berdasarkan persiapan data dan informasi yang matang, terutama terkait buyer persona.
Strategi Terbaik untuk Telemarketing
Ada banyak strategi terbaik untuk Anda yang ingin jalankan telemarketing. Di sini MinTiv akan menyampaikan 7 strategi terbaik untuk marketing channels jenis ini.
- Mengetahui terlebih dahulu tujuan dan audiens market Anda.
- Perluas product knowledge Anda dan kumpulkan banyak poin menarik untuk Unique Selling Point.
- Catat terlebih dahulu alur proses telepon dengan calon pelanggan. Mulai dari memperkenalkan diri, menjelaskan produk, melakukan penawaran, mendengarkan pelanggan. Jika jawaban pelanggan tidak, maka Anda bisa mulai melakukan penawaran spesial melibatkan kata-kata berunsur FOMO Marketing.
- Catat pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan agar Anda bisa mendapatkan jawaban terbaik untuk pertanyaan yang berikan.
- Masukkan setiap data kontak pelanggan pada database yang ada, dan lakukan analisis calon pelanggan yang memiliki kemungkinan lead tinggi dan yang tidak.
- Lakukan follow up di saat saat yang tepat, semisal follow up promo menarik saat event Imlek.
- Sampaikan informasi dengan jelas dan rinci, pastikan suara Anda didengar jelas oleh pelanggan. Jangan lupa untuk bersabar menghadapi mereka.
Inilah strategi terbaik untuk Anda yang ingin jalankan telemarketing.
Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa Digital Marketing Agency terbaik untuk masalah pemasaran bisnis Anda, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Profesional Jakarta
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apakah Telemarketing Efektif untuk Bisnis? […]