Belajar Optimasi Instagram Marketing – Instagram adalah salah satu jenis media sosial yang banyak digunakan oleh para pebisnis untuk strategi marketingnya. Hal ini wajar, mengingat Instagram memiliki banyak keunggulan dalam hal distribusi konten.
Ya, dibandingkan dengan TikTok, jenis konten yang dapat dipasarkan di Instagram lebih beragam. Konten dapat muncul di Feed, Filter, Stories, Reels dan juga Live. Belum lagi dengan fitur terbarunya yakni Channel, pebisnis bisa membuat desain konten eksklusif untuk followers-nya.
Ya, Instagram begitu digdaya dengan segala kekuatan yang dimiliki. Belum lagi, Instagram sudah merilis aplikasi media sosial baru bernama Threads. Aplikasi yang terbilang mirip dengan Twitter ini, diyakini akan menjadi Thread untuk Twitter.
Meskipun faktanya penggunaan harian Threads terus menurun, bahkan data dari SimilarWeb menjelaskan ada penurunan dari angka 49 juta menjadi 23,6 juta jiwa. Tapi itu tidak menutup fakta bahkan inovasi Threads yang diciptakan oleh Meta Platforms .inc (perusahaan induk Instagram) adalah pencipta trend yang baik.
Indonesia sendiri tercatat sebagai negara keempat terbesar di dunia dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak, mencapai 109.3 juta jiwa.
Beberapa data lain yang menjelaskan tentang keuntungan menjalankan marketing melalui Instagram adalah;
- 62% pengguna Instagram membuka Instagram satu hari sekali. Rata-rata waktu yang habiskan, setidaknya 53 menit per hari. Jumlah ini jelas cukup bagi Anda untuk bisa menarik perhatian audiens pada brand Anda. Entah itu beberapa detik melalui postingan feed Instagram/Stories ataupun 1 menit 30 detik melalui Reels.
- 70% pengguna Instagram adalah mereka yang suka menonton video di stories. Anda bisa manfaatkan ini untuk lebih mengoptimalkan konten stories Anda.
- Pengguna berusia 25 tahun ke bawah, rata-rata menghabiskan waktu 32 menit per hari. Angka ini jelas memberikan potensi keuntungan yang besar untuk pasar generasi Z dan milenial. Anda bisa berharap pada generasi yang peka terhadap trend ini.
Belajar Optimasi Instagram Marketing, Panduan Lengkap!
Data dan fakta di atas sebenarnya sudah cukup untuk menyakinkan pebinis cerdas segera mempelajari Instagram sebagai media pemasarannya. Sayangnya, untuk bisa mempelajarinya bukanlah perkara yang mudah.
Ya, untuk bisa belajar optimasi Instagram marketing, Anda perlu memahami banyak hal. 4 di antaranya adalah;
- Desain konten untuk keperluan feed atau stories.
- Video editing untuk reels.
- Copywriting untuk caption, dan juga,
- Content Planning untuk perencanaan konten yang lebih rapi dan teratur.
Sulit bukan?.
Tapi tenang, di sini MinTiv akan berbagi tips lengkap untuk belajar optimasi Instagram Marketing dari dasar. Bisa dibilang ini adalah roadmap sederhananya.
Mari kita mulai dari langkah yang pertama, yakni;
1. Pelajari Lebih dalam Niche Bisnis Anda Beserta Tujuan Pemasaran yang Tepat
Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari lebih dalam terlebih dahulu niche bisnis Anda. Pemahaman yang dalam ini, akan bermanfaat untuk diri Anda sendiri. Terutama dalam mempertajam kampanye konten yang dilakukan agar selalu bisa menempatkan poin penting yakni Brand Positioning.
Pemahaman yang dalam ini jugalah yang akan memudahkan Anda untuk menentukan Unique Selling Point tertentu yang ingin ditonjolkan pada audiens. Pelajari dengan seksama voice of customer.
Ya, merekalah alasan utama mengapa bisnis bisa muncul, bertahan dan juga hilang atau rungkad. Mempertimbangkan suara-suara mereka untuk menjadi bahan content marketing Anda, adalah hal yang bijak. Setelah mendapatkan cukup data hasil riset yang ada, tentukanlah tujuan pemasaran yang tepat.
Baca Juga: Cara Menentukan Tujuan Instagram Marketing Bisnis yang Tepat
Secara garis besar, kita dapat memahami bahwa tujuan pebisnis menjalankan content marketing-nya di Instagram adalah untuk meningkatkan brand awareness dan juga untuk meningkatkan lead/sales.
2. Atur Instagram Anda Agar Beralih Mode ke Profesional atau Bisnis
Selanjutnya adalah dengan membuat akun Instagram segera. Lakukan langkah ini seperti biasanya saat Anda mendaftar akun pada media sosial lainnya. Terdapat proses mengisi form dan juga verifikasi.
Nah, setelah selesai, ubahlah akun Instagram yang masih dalam mode biasa tersebut ke mode bisnis atau profesional. Untuk cara lengkapnya, Anda bisa baca pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Merubah Instagram Biasa Jadi Mode Bisnis
3. Tuliskan Bio Profil Instagram yang Menarik
Selanjutnya adalah dengan mempelajari bagaimana cara menuliskan bio profil yang menarik. Untuk yang satu ini, Anda bisa mencontek kreatif bio Instagramnya milik @creativism.id. Perhatikan baik-baik keterangan yang ada ya!.
4. Lakukan Riset Hashtag, Cari yang Relevan dengan Niche Bisnis Anda
Selanjutnya adalah dengan melakukan riset hashtag. Untuk yang satu ini, Anda bisa banyak pada tools pencari hashtag, seperti;
- Hashtagify
- Hootsuite
- TINT.
- Keyhole
- Mention
- Top Hashtags
- Keywordtool.io
- dan lain-lain.
Kunci penting dalam proses ini adalah menghasilkan daftar hashtag yang relevan dan memiliki search volume yang cukup.
Beruntungnya, MinTiv sudah menuliskan 3 strategi terbaik untuk penggunaan hashtag ini. 3 strategi itu adalah, relevan, mixed, dan tertarget. Anda bisa membaca 3 strategi hashtag ini lengkap pada link di bawah ini;
Baca Juga: 3 Strategi Jitu Menggunakan Hashtag untuk Konten Instagram
5. Perluas Audiens Anda dengan Strategi 302
Kelima adalah dengan menjalankan strategi 302. Strategi ini diperkenalkan oleh Instagram Expert Niko Julius. Strateginya sederhana, yakni dalam 1 hari lakukan 2 jenis interaksi yakni like dan komen pada 30 postingan akun yang berbeda.
Agar lebih mudah, lakukan like dan komen ini pada akun dengan niche yang sama. Lakukan pencarian melalui hashtag niche tertentu.
6. Belajar Membuat Konten Sederhana untuk Feed/Stories
Selanjutnya adalah belajar membuat konten sederhana, dimulai dari feed/stories. Untuk bagian ini sendiri diperlukan pemahaman yang kuat di bagian desain, pemahaman akan komposisi teks dan gambar yang tepat, serta copywriting yang menarik.
Agar proses belajar lebih mudah, MinTiv sarankan Anda untuk menggunakan template konten yang ada di Canva terlebih dahulu.
Setelah itu, Anda bisa beralih ke aplikasi lain seperti Adobe Illustrator ataupun Photoshop yang lebih powerful.
7. Variasikan Konten Anda
Terakhir, adalah dengan melakukan variasi konten. Ingat untuk jangan terlalu terpaku membuat konten promosi bisnis Anda. Lakukan variasi konten dengan memasukkan jenis konten lain seperti meme, interaksi, tips dan trik, dan lain-lain.
Inilah panduan belajar optimasi Instagram marketing lengkap dari MinTiv. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Optimasi Instagram Marketing Terbaik, hubungi Creativism.
Baca Juga: Kepoin Apa Saja Tools AI Instagram Marketing Terbaik Tahun 2023 di Sini!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 62812- 2222- 7920.
[…] Baca Juga: Panduan Belajar Optimasi Instagram Marketing Lengkap untuk Pemula […]
[…] Artikel di dalam blog marketing sendiri sebenarnya tidak terbatas pada artikel yang menggambarkan kegiatan perusahaan. Namun juga dapat memuat tentang informasi-informasi penting mengenai niche bisnis yang didalami. Semisal Creativism, yang di dalam blognya banyak memuat informasi penting seputar SEO dan juga Instagram marketing. […]