Jenis-Jenis Artikel Populer – Sebagai seorang pebisnis yang menjalankan marketing melalui website, pastinya paham betul bahwa artikel memegang peranan penting. Ya, artikel adalah konten pillar dari website, dan untuk strategi distribusinya sendiri beragam.
Anda bisa melakukan berbagai macam teknik, mulai dari menerapkan On-Page, Off-Page, Technical, dan juga Local SEO.
Tetapi sebelum mempelajari berbagai teknik tersebut, Anda terlebih dahulu harus memahami jenis artikel apa saja yang populer di Google. Mempelajari jenis-jenis artikel populer ini tentunya akan memudahkan Anda untuk strategi content marketing yang lebih tertarget.
Lalu apa saja jenis artikel yang populer di Google tersebut?. MinTiv akan menjelaskannya kepada Anda secara rinci, disertai dengan metode pengoptimalannya. Jadi simak baik-baik penjelasan MinTiv sampai akhir ya!.
Jenis-Jenis Artikel Populer di Google
1. Artikel How-To
Yang pertama adalah artikel yang menjelaskan tentang cara penggunaan atau mendidik pengunjung guna dapat melakukan sesuatu dengan maksimal. Artikel ini menjadi salah satu artikel andalan untuk Anda yang menjalankan website bisnis yang sarat akan niche yang butuh tutorial. Semisal saja, niche website Anda adalah teknologi, maka Anda bisa menuliskan artikel tentang langkah-langkah menggunakan teknologi tertentu.
Anda bahkan bisa menuliskan tutorial bagaimana caranya mendapatkan pasangan yang baik, jika niche website bisnis Anda berkutat seputar konsultasi pasangan. Umumnya, artikel ini akan diawali dengan kata kunci “Cara” atau “Bagaimana Caranya”.
Cara Mengoptimalkan Artikel How-To
Ada banyak website yang mengoptimalkan artikel jenis ini, sebut saja Inwepo.co, Winpoin, Droidpoin, Dosenit, dan lain-lain. Kunci penting untuk menjalankan artikel ini adalah menjelaskan terlebih dahulu masalah yang dihadapi, penyebab, aplikasi yang digunakan (jika niche teknologi) dan cara mengatasinya.
Ingat untuk jangan bertele-tele menjelaskan 3/4 bagian sebelumnya, karena bagian yang paling penting tetap saja bagian yang menjelaskan tentang cara mengatasi suatu masalah.
Penting bagi Anda untuk mencari suatu permasalahan yang banyak dialami oleh orang-orang, namun masih sedikit solusi untuk masalah tersebut.
2. Artikel Berisikan Daftar
Berikutnya adalah artikel berisikan daftar. Sama seperti sebelumnya, artikel ini termasuk ke dalam search intent berjenis informational. Sering digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan deretan informasi. Contoh saja seperti Daftar Orang Terkaya di Dunia 2022, Daftar Hacker Ternama Indonesia, Jenis-Jenis Tumbuhan Paling Langka di Dunia, dan lain-lain.
Bahkan Anda bisa menyematkan penomoran pada judul artikel, seperti 7 Daftar Orang Terkaya di Dunia 2022.
Cara Mengoptimalkan Artikel Berisikan Daftar
Bagian paling penting untuk mengoptimalkan artikel ini adalah judul. Anda harus dapat menuliskan headline yang mampu mengundang rasa penasaran pengunjung. Beruntungnya, MinTiv telah membagikan tips untuk menuliskan judul yang menarik pada artikel sebelumnya. Anda bisa membaca penjelasannya pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Perhatian Pengunjung
3. Artikel dengan Tema FAQ
Selanjutnya adalah artikel dengan tema FAQ (Frequently Asked Questions). Anda bisa membuat artikel ini memanfaatkan FAQ yang didapatkan dari bisnis Anda. Semisal bisnis Anda berada di bidang furniture, maka Anda bisa membuat artikel dengan Jenis Kayu Apakah yang Cocok untuk Kursi di Ruang Makan?.
Cara Mengoptimalkan Artikel dengan Tema FAQ
Kunci penting daripada artikel ini adalah mendapatkan data FAQ dari bisnis Anda terlebih dahulu, baik yang bersifat spesifik maupun umum.
4. Artikel Berita
Berikutnya adalah artikel berita. Untuk yang satu ini memang jarang digunakan dalam website bisnis. Kecuali jika bisnis Anda memang bisnis media informasi. Kunci penting dari artikel ini adalah mencari informasi yang sedang viral, mengemasnya dengan akurat, dan mengirimkannya dengan cepat.
Sayangnya, kebanyakan dari artikel berita yang kita temui hanya mengandalkan poin pertama dan ketiga saja.
Cara Mengoptimalkan Artikel Berita
Pelajari dengan baik bagaimana cara menuliskan berita yang sesuai dengan etika jurnalistik. Ingat untuk selalu utamakan berita yang akurat, daripada cepat. Sebisa mungkin untuk menempatkan diri sebagai posisi yang netral
5. Artikel yang Menjelaskan Tentang Perbandingan
Yang terakhir adalah artikel yang menjelaskan tentang perbandingan. Artikel dengan model seperti ini bahkan menjadi niche utama dari website teknologi ternama bernama Versus.com.
Cara Mengoptimalkan Artikel Tentang Perbandingan
Kunci penting untuk dapat mengoptimalkan artikel ini adalah mencari 2 produk yang memiliki fungsi yang hampir sama. Sebut saja seperti Anda menuliskan artikel perbandingan antara smartphone Samsung dan iPhone. Fungsi mereka sama, yakni sebagai smartphone, namun pastinya ada bagian-bagian tertentu yang membedakan antara keduanya.
Dan di bagian yang membedakan itulah, Anda bisa mengoptimalkan artikel ini.
Inilah penjelasan lengkap tentang jenis artikel populer di Google beserta metode pengoptimalannya. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dilengkapi dengan optimasi artikel keyword, hubungi Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Jenis-Jenis Artikel Populer di Google […]