Apa itu Artikel SEO – Demi bisa menjalankan strategi SEO marketing, maka Anda butuh content pillar yang kuat di bagian artikel. Seperti yang kita ketahui bersama, content pillar daripada SEO website adalah konten artikel. Untuk itu Anda perlu memahami apa itu Artikel SEO. Sebenarnya, artikel SEO adalah semua jenis artikel dalam website, baik artikel How-To, Berita, FAQ, perbandingan dan lain-lain yang memenuhi syarat SEO Friendly.
Baca Juga: Jenis-Jenis Artikel Populer di Google
Jadi, kita dapat memahami bahwa setiap artikel, apabila memenuhi kriteria SEO Friendly maka dapat disebut dengan artikel SEO. Ini adalah pengertian sederhana daripada artikel SEO.
Apa itu Artikel SEO
Seperti yang sudah MinTiv jelaskan sebelumnya, artikel SEO adalah artikel yang memenuhi syarat SEO Friendly. Paling mudah, artikel SEO adalah artikel yang sesuai dengan search intent suatu keyword atau relevansi kontennya terhadap keyword yang dicari, tinggi.
Umumnya, keyword yang digunakan di dalam sebuah artikel, akan diletakkan di judul, heading 1, heading 2, url, meta description, dan lain-lain.
Manfaat Artikel SEO
Lalu apa manfaat artikel SEO?.
Apa bedanya artikel SEO dengan artikel populer di website-website besar yang bahkan mungkin sudah tidak lagi memperhatikan apakah kontennya SEO Friendly atau tidak?. Pertama, media informasi besar sudah memenangkan persaingan SEO untuk domain mereka.
Lihat saja, media besar seperti Kompas, Detik, Tempo, yang masing-masing menggunakan 1 kosa kata saja untuk domain mereka. Kedua, mereka memiliki ribuan karyawan yang siap mendulang banyak informasi di dalam website mereka. Ketiga mereka bukan lagi fokus hanya menjalankan SEO On-Page, tetapi lebih ke Off-Page, Local, dan juga Technical SEO.
Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Traffic Blog
Mereka sudah memenangkan brand positioning dan mencapai tingkatan tertinggi dari brand awareness yakni Top Level of Mind. Lalu bagaimana dengan Anda yang baru memulai perjalanan web marketing nya?.
Yang harus Anda lakukan adalah dengan memulai langkah marketing Anda secara bertahap, dan salah satunya adalah dengan menulis artikel SEO. Dengan artikel SEO inilah perlahan-lahan Anda juga bisa seperti mereka di pencarian Google, bahkan dengan biaya yang minimal. Untuk ruang lingkup yang lebih luas, Anda pastinya butuh strategi marketing di platform lain yang juga optimal.
Penjelasan di atas sebenarnya sudah memberikan kita satu dari 4 manfaat besar artikel SEO. Yakni memudahkan Anda untuk lakukan branding awareness tanpa harus banyak mengeluarkan biaya. Artikel SEO dapat menjadikan konten website Anda berada di halaman pertama Google. 3 manfaat lainnya adalah;
- Meningkatkan traffic website. Ya, dengan artikel SEO, salah satu metrik website yakni traffic bisa dengan mudah meningkat.
- Meningkatkan konversi. Untuk artikel SEO dengan jenis search intent transactional pastinya akan memudahkan Anda untuk dapatkan lebih banyak konversi.
- Kredibilitas, domain authority, dan juga page authority website Anda akan meningkat.
Ciri-Ciri Artikel SEO
Ada banyak ciri-ciri artikel SEO yang sebenarnya bisa kita pelajari. Di sini MinTiv hanya akan menjelaskan 5 ciri-ciri yang menjadi ciri khas utama artikel SEO. 5 ciri-ciri tersebut adalah;
1. Keyword dan Isi Konten yang Relevan
Yang pertama adalah artikel SEO selalu memiliki keyword dan juga isi konten yang relevan. Semisal jika Anda menggunakan keyword Jual Sepatu Pria Olahraga. Yang notabene memiliki search intent model transactional, maka konten di dalamnya, haruslah memuat informasi-informasi yang bersifat menjual. Seperti info bahan sepatu, spesifikasi sepatu, harga sepatu, dan cara pemesanan.
Anda tidak perlu lagi menjelaskan tentang apa itu sepatu, manfaatnya. sejarahnya, dan lain-lain. Karena seseorang yang mengetikkan kata kunci Jual Sepatu Pria Olahraga, pastinya sudah mengetahui hal tersebut.
2. Url Pendek dan Berisikan Keyword
Sumber: Creativism.id
Kedua, adalah memiliki url yang pendek dan dan berisikan keyword. Contohnya seperti gambar di atas ini. Konten dari Creativism ini sendiri berhasil masuk ke dalam Page 1 Google. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan menuliskan kata kunci Jasa Facebook Instagram Ads.
Sumber: Google.com
3. Adanya Internal dan Outbound Links
Ketiga adalah dengan menempatkan internal dan outbound links. Ya, adanya kedua link ini akan memudahkan Anda untuk meningkatkan rata-rata waktu pengunjung di dalam website. Mereka akan jadi lebih banyak berinteraksi, dan pada akhirnya bounce rate bisa terus menurun.
4. Alt dan Title Gambar Berisikan Keyword
Keempat adalah optimal di penggunaan gambar. Bukan hanya sembarang memasukkan gambar, tapi juga mengoptimalkan media ini guna mendukung faktor SEO Friendly. Dan caranya adalah dengan mengisi alt dan title gambar dengan keyword yang digunakan.
Pastikan juga bahwa gambar yang digunakan tidak lebih dari 150 Kb, untuk mempercepatkan kinerja server web Anda.
5. Meta Description Berisikan Keyword
Terakhir adalah artikel SEO optimal di meta description. Sesuai dengan namanya, meta description adalah keterangan pendek atau rinci yang menjelaskan tentang keseluruhan konten.
Anda bisa membaca lebih lengkap ciri-ciri artikel SEO pada artikel MinTiv sebelumnya pada link di bawah ini;
Baca Juga: Ciri-Ciri Artikel SEO yang Gak Banyak Orang Ketahui
Cara Membuat Artikel SEO
Lalu bagaimana cara membuat artikel SEO?. Sebenarnya MinTiv sudah menjelaskan bagaimana cara membuatnya pada penjelasan ciri-ciri artikel SEO. Anda bisa mempelajari lagi ciri-ciri yang ada tersebut demi mendapatkan artikel SEO.
Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO dengan Mudah
Inilah penjelasan rinci MinTiv terhadap apa itu artikel SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terpercaya Lengkap dengan Layanan Artikelnya, hubungi Creativism.id
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.