Ciri Artikel SEO Friendly – Untuk dapat menuliskan sebuah artikel website yang mengandung SEO-Friendly, maka Anda terlebih dahulu harus mengetahui ciri artikel SEO Friendly. Pada seri Belajar SEO sebelumnya di Creativism.id, kita memang sudah mempelajari bagaimana caranya membuat artikel SEO. Jika Anda sudah membaca artikel tersebut, pasti Anda sudah mengetahui sedikit tentang apa saja kriteria artikel SEO Friendly.
Untuk memperjelas kriteria yang SEO-Friendly lebih lengkap, Anda bisa mempelajarinya lebih lengkap dalam artikel MinTiv ini. Ya, di artikel ini MinTiv akan menjelaskan kepada Anda tentang 9 ciri-ciri artikel SEO-Friendly yang paling umum dijumpai.
9 poin tersebut adalah, penggunaan heading yang tepat, adanya internal dan outbound links, keyword yang tepat, mudah dibaca, tidak terlalu panjang dan terlalu pendek, jumlah kata yang cukup, penjelasan yang mendetail, media yang relevan, dan URL yang pendek. MinTiv akan menjelaskan 9 poin tersebut satu per satu, so mari kita mulai;
1. Penggunaan Heading yang Tepat
Yang pertama adalah penggunaan heading yang tepat. Untuk Anda yang menggunakan WordPress atau CMS sejenis pastinya tentang konsep heading. Setiap Heading yang ada memiliki kebergunaan yang berbeda-beda.
Ada 3 heading yang paling banyak digunakan ketika penulis artikel SEO menuliskan kontennya. 3 heading tersebut adalah Heading 1 (untuk judul artikel), Heading 2 (untuk subbab poin), Heading 3 (subbab di dalam subbab heading 2).
Struktur heading yang tepat akan memudahkan pembaca untuk membaca setiap poin informasi yang coba Anda sampaikan. Sama halnya seperti Anda membaca sebuah buku atau essay. Bukan hanya memudahkan pembaca, tapi juga mesin crawling Google untuk menentukan keywords. Heading juga dapat digunakan sebagai alat navigator bagi pembaca dan mesin crawling Google.
2. Mudah Dibaca Robot dan Manusia
Efek domino dari penggunaan heading yang tepat adalah mudah dibaca oleh robot atau mesin crawling Google. Pembaca Anda juga akan betah berlama-lama dalam artikel Anda karena cara Anda yang tepat tentang penggunaan heading.
Artikel yang Anda tulis, haruslah sesuai dengan PUEBI , mudah dimengerti, paragraf yang rapi, dan tidak menggunakan kata-kata yang berulang.
3. Tidak Terlalu Panjang dan Tidak Terlalu Pendek
Konten yang Anda tuliskan tidak harus selalu panjang dan juga tidak harus terlalu pendek. Artinya sesuaikan jenis konten artikel Anda dengan topik yang dibicarakan. Pastikan bahwa artikel Anda mampu menjawab setiap poin pertanyaan yang ditanyakan pada topik yang coba Anda tulis.
Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa menuliskan konten artikel yang panjang, otomatis akan membuat konten artikel Anda berada di urutan pertama Google. Apakah ini benar?. Tidak, anggapan ini hanyalah mitos belaka. MinTiv telah menuliskan tentang apa saja mitos -mitos SEO yang sekarang ini masih dipercaya saat ini, dan salah satunya adalah konten panjang otomatis berada di peringkat pertama laman Google
Baca juga: Mitos-Mitos SEO yang Sampai Sekarang Masih Dipercaya
4. Jumlah Kata yang Cukup
Artikel SEO-Friendly biasanya memiliki batas minimal, dan batas minimal tersebut sekitar 300an kata. Tetapi bukan berarti artikel yang Anda tuliskan hanya memiliki 300 kata. Anda bisa saja menuliskan lebih dari 300 kata, semisal 500 kata. Jumlah kata yang banyak dikatakan oleh ahli sangat efektif dan sesuai dengan keinginan search engine.
Tentunya kembali lagi pada topik yang Anda angkat di dalam konten. Untuk ukuran maksimal kata-kata yang digunakan tergantung pada cara Anda dalam menjelaskan informasi dalam bentuk konten artikel tersebut.
5. Penjelasan Konten Lengkap dan Mendetail
Selanjutnya adalah penjelasan konten yang lengkap dan mendetail. Terkait hal ini, Anda bisa melakukan sedikit improvisasi dengan menuliskan artikel yang berseries. Ya, artikel series ini sangat cocok digunakan untuk menjelaskan topik yang punya pembahasan yang panjang.
Menuliskan 1 topik yang panjang dalam 1 bahasan, tentu bukan hal yang bijak, mengingat masyarakat kita sendiri yang masih kurang minat terhadap membaca.
6. Keyword yang Tepat
Selanjutnya adalah penggunaan keyword yang tepat. Untuk hal ini Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu search intent dari sebuah keyword. Memahami search intent akan memudahkan untuk membuat peta konten artikel lebih. Anda dapat tahu kapan Anda menuliskan artikel bertemakan soft selling dan juga kapan Anda menuliskan artikel hardselling.
Untuk memahami penggunaan keyword yang tepat, Anda juga harus memahami tepat jenis-jenis keyword. Anda dapat menggunakan banyak tools gratis dari Google, dan salah satunya adalah Google Keyword Planner.
Baca juga: 10 SEO Tools Gratis Tingkatkan Pengunjung Website
7. Media yang Relevan
Poin ketujuh adalah media yang relevan. Anda dapat menggunakan media tambahan seperti gambar ataupun video untuk menjelaskan poin penting dalam artikel Anda lebih mendalam. Tentunya Anda dapat mempertimbangkan kapan Anda harus menggunakan itu dan kapan Anda tidak menggunakan itu.
Semisalnya ketika artikel Anda menjelaskan tentang tutorial menggunakan Google Keyword Planner, maka akan lebih “enak” dibaca dengan dilengkapi gambar-gambar perlangkah ataupun video.
8. URL Pendek
Selanjutnya adalah penggunaan URL(Uniform Resource Locator) yang pendek. Di dalam kaidah penulisan artikel SEO sendiri, Anda juga harus dapat menuliskan url yang mudah dibaca oleh mesin crawling Google. Anda juga bisa menyisipkan kata kunci yang Anda gunakan di dalam url artikel tersebut.
Jadi, pastikan terlebih dahulu pengaturan URL Anda sesuai dengan keyword yang diinginkan. Tetapi, biasanya semua CMS yang saat ini digunakan sudah bisa mengatur URL yang ingin ditayangkan kepada audiens.
9. Internal dan Outbound Links
Terakhir adalah internal dan outbound links. Internal adalah link yang mengarah pada konten website Anda sendiri. Sedangkan outbound links, adalah link yang mengarah pada website atau link lain. Anda dapat menggunakan internal links untuk mengarahkan pembaca untuk membaca artikel lain yang masih “senada” dengan artikel yang sedang dibaca.
Untuk outbound links, Anda bisa gunakan untuk memberikan links kepada website partner ataupun link menuju sosial media Anda.
Itulah 9 ciri-ciri artikel SEO-Friendly yang harus pebisnis ketahui. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan jasa SEO Profesional dari Creativism.id, silahkan hubungi 6281 22222 7920. Jangan lupa kepoin juga Instagram mereka di @creativism.id
[…] Baca juga: Ciri Ciri Artikel SEO Friendly […]
I may need your help. I tried many ways but couldn’t solve it, but after reading your article, I think you have a way to help me. I’m looking forward for your reply. Thanks.