Teknik menulis landing page – Salah satu langkah marketing yang paling ampuh digunakan untuk jualan adalah dengan membuat landing page. Anda bisa memanfaatkan landing page untuk mempromosikan jasa maupun produk Anda kepada audiens market Anda. Tentunya, untuk dapat menghasilkan landing page yang mampu menarik minat audiens menjadi pembeli, diperlukan banyak hal. Dimulai dari desain, elemen pendukung lain, seperti video dan grafis, serta elemen yang paling penting yakni teks.
Ya, teks di dalam landing page berbeda dengan teks pada umumnya. Diperlukan teknik menulis landing page yang khusus untuk menjadikan informasi produk atau jasa Anda menjadi menarik. Teknik menulis ini sering juga disebut sebagai Copywriting. Seni menjual melalui tulisan.
Jika mendengar kata Copywriting atau teknik menuliskan, maka teknik yang pertama kali akan Anda dengar adalah AIDA. Faktanya, AIDA yang benar-benar AIDA jarang digunakan dalam iklan. Perkembangan AIDAlah yang justru banyak digunakan untuk teknik menulis iklan termasuk di landing page.
Berikut ini adalah salah satu teknik perkembangan dari AIDA yang banyak digunakan. Kreasi dari Brian Keith Voiles dan teknik tersebut adalah;
A – Attention
Bagian pertama dari teknik menulis iklan di bagian landing page ini adalah dengan memberikan perhatian kepada audiens. Bagian ini sebenarnya mirip dengan teknik Attention pada AIDA sebelumnya. MinTiv dapat berikan salah satu contohnya pada headline landing pages layanan Social Media Management milik Creativism.id
Anda dapat memberikan porsi USP (Unique Selling Proposition) pada headline Anda seperti yang diberikan oleh Creativism dalam landing page mereka.
I – Interest
Yang kedua adalah interest. Anda dapat menjelaskan tepat di bagian ini tentang mengapa audiens harus tertarik dengan produk atau jasa Anda. Anda dapat meniru apa yang sudah dikreasikan oleh tim Copywriting Creativism.id mereka dalam menuliskan copy. Yakni membangun ketertarikan itu dengan sebuah fakta dan juga opini yang logis tentang biaya gaji karyawan.
C – Credibility
Pada bagian ini, Anda dapat menjelaskan tentang siapa Anda kepada konsumen, dan kenapa Anda dapat dipercaya. Bagian ini sangat penting untuk dijelaskan secara gamblang kepada klien untuk menepis trust issues. Bagian yang paling krusial dari Credibility akan berlanjut pada bagian prove. Berikan informasi lengkap tentang alamat kantor perusahaan Anda.
P – Prove
Inilah bagian penting yang tidak boleh terlewatkan setelah bagian credibility. Anda harus dapat menjaga momentum kepercayaan calon pelanggan yang sudah mulai terbentuk, seperti memberikan bukti dengan memberikan hasil review baik pengguna sebelumnya. Memberikan mereka testimoni baik itu dalam bentuk foto ataupun video.
Anda juga dapat melampirkan karya-karya atau portofolio yang sudah Anda kreasikan sebelumnya.
B – Benefit
Bagian kelima dari teknik menulis iklan ini adalah dengan menjelaskan manfaat apa yang akan didapatkan oleh calon pelanggan jika menggunakan produk atau jasa Anda. Anda dapat membuat calon pelanggan Anda lebih mudah memahami kebermanfaatan yang dimanfaatkan dengan membuat menjadi lebih menarik, seperti tabel, atau dengan desain grafis, dan juga video.
S – Scarcity
Adanya bagian scarcity dari teknik menulis iklan ini adalah pengaplikasian yang bagus daripada FOMO Marketing. Teruntuk Anda yang belum tahu apa itu FOMO Marketing, Anda bisa terlebih dahulu membaca artikel di bawah ini;
Baca juga: FOMO Marketing: Pengertian, Contoh dan Cara Menggunakannya
Anda dapat mencontoh teknik copywriting yang digunakan oleh tim Creativsim seperti contoh di atas. Bagian ini tentu akan memberikan sugesti terhadap calon pelanggan tentang apa yang terjadi jika mereka melewatkan peluang yang ada.
A – Action
Bagian ini menjelaskan dengan lengkap tentang apa yang harus dilakukan oleh calon pelanggan untuk segera mendapatkan produk atau jasa Anda. MinTiv berikan contoh lagi dari Creativism.id. Mereka dengan gamblangnya menjelaskan tentang bagaimana calon klien bisa mendapat layanan sosial media mereka dalam belum yang menarik berupa FAQ (Frequently Asked Question).
W – Warning
Warning adalah bagian penting yang sering diterapkan bersamaan dengan bagian scarcity. Bagian ini secara khusus menjelaskan tentang apa yang akan terjadi jika calon pelanggan tidak segera mengambil tindakan terhadap tawaran yang diberikan.
N – Now
Yang terakhir adalah Now. Bagian ini adalah pengembangan dari bagian yang sebelumnya yakni Action. Anda dapat mencampurkan bagian ini dengan memberikan penawaran seperti diskon untuk bulan ini, dan juga beli satu gratis. Semakin Anda mendeskripsikan bagian ini dengan cara yang menarik, maka semakin besar juga peluang purchase yang akan Anda dapatkan.
Baca juga: Strategi Diskon untuk Tingkatkan Penjualan
Inilah teknik menulis landing page yang paling banyak digunakan untuk membuat landing page menjadi lebih menarik. Apabila Anda tidak terbiasa untuk menuliskan kata-kata yang menarik untuk iklan, Anda dapat menghubungi jasa copywriting dan juga jasa landing page di Creativism.id.
Jangan lupa untuk kepoin Instagram mereka di @creativism.id