Strategi Menggunakan Diskon – Salah satu cara untuk dapat meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan diskon. Tetapi dalam pelaksanaannya, strategi diskon tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda harus benar-benar memahami terlebih dahulu risiko yang mungkin terjadi karena adanya pemberian diskon ini. Pemberian diskon yang tidak tepat akan menyebabkan alur proses bisnis Anda melambat.
Bukan untung tapi malah buntung. Oleh sebab itulah, MinTiv akan memberikan tips tepat dalam menggunakan diskon untuk meningkatkan penjualan. Berikut ini adalah 8 strategi diskon yang bisa Anda gunakan, yakni;
1. Bermain Psikologi Harga
Sumber: Freepik
Pernahkah Anda melihat harga suatu barang atau makanan yang ada di dalam menu yang harganya tidak dibulatkan ?. Contohnya ketika Anda mengunjung mall pastinya Anda dapat pernah menemukan baju yang dipampang dengan harga Rp. 149.677, atau dengan harga Rp. 998.909, dan seterusnya.
Pertanyaannya, mengapa penjual melakukan hal itu?. Bukankah itu hanya mempersulit cara menghitung kembaliannya?.
Jawaban yang pasti berkenaan dengan hal ini adalah psikologi harga. Harga 149.677, jelas terlihat lebih murah dibanding dengan harga 150.000, begitu juga dengan Rp. 998.909 yang lebih kelihatan lebih murah daripada Rp.1.000.000.
Strategi diskon dengan cara psikologi harga ini dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan.
2. Menggunakan Diskon dalam Bentuk Persentase
Selain menggunakan cara yang sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan cara lain yakni mempresentasikan jumlah diskon. Anda bisa memberikan persentase diskon dari 5 sampai dengan 20% untuk menambah minat beli calon konsumen terhadap produk Anda.
Strategi ini terbukti berhasil dan telah dibuktikan oleh banyak pebisnis. Dan ya, Anda maupun MinTiv pasti pernah tergiur dengan produk yang diberi label dikson seperti ini.
Anda juga bisa memberikan diskon besar-besaran dari 50% sampai dengan 99% jika Anda berminat untuk menghabiskan stok lama atau cuci gudang. Daripada produk-produk lama terus tersimpan, kualitas semakin menurun, dan juga biaya perawatannya yang kian hari kian bertambah, strategi pemberian diskon besar-besaran ini bisa menjadi solusinya.
3. Promosi Diskon
Yang ketiga adalah promosikan diskon tersebut. Anda bisa melakukan hal ini melalui sosial media bisnis Anda di Instagram, Website, dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan layanan jasa kelola instagram bisnis atau juga jasa video TikTok dari Creativism untuk memaksimalkan strategi ini
Bahkan Anda bisa membuat event tersendiri yang isinya tentang promosi diskon Anda. Strategi semacam ini memang sering diterapkan perusahaan-perusahaan besar, seperti Lazada, Shopee, dan juga Tokopedia.
4. Menetapkan Diskon Waktu yang Tepat (Awal Bulan, Akhir Bulan, Hari Hari Besar)
Sumber: Tokopedia
Berbicara tentang perusahaan-perusahaan besar yang menerapkan strategi diskon, maka akan muncul nama Tokopedia. Ya, Tokopedia bisa menjadi referensi Anda dalam menetapkan strategi diskon di waktu yang tepat. Melalui program mereka yang bernama WIB (Waktu Indonesia Belanja), pengguna E-Commerce yang didirikan oleh William Tanuwijaya itu akan mendapatkan penawaran spesial setiap awal bulan dan akhir bulan.
Sebagaimana yang kita tahu, awal bulan dan akhir adalah masa di mana banyak orang mendapatkan gaji dari perusahaannya atau saat mereka sudah memiliki kemampuan untuk membeli yang cukup.
Anda juga bisa mengikuti strategi Tokopedia yang rutin mengadakan diskon besar-besaran di hari hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru.
5. Diskon Unik
Sumber: Naavagreen
Berikutnya ada diskon unik. Diskon ini sebenarnya hampir sama dengan model diskon yang sebelumnya, hanya saja dengan sebab yang berbeda. Contohnya Anda dapat memberikan diskon sebesar Rp.20.000 atau gratis makanan bagi siapa saja yang berulang tahun di hari ini.
Strategi diskon seperti itu juga akan membantu Anda dalam menerapkan viral marketing. MinTiv akan membahas Viral Marketing pada bahasan tersendiri.
Anda juga bisa memberikan diskon unik lain seperti mereka yang memiliki nama Ayah yang terdapat kata Agus, boleh mengambil 3 porsi nasi ayam gratis setiap hari jum’at, atau siapa saja yang menjalankan puasa senin kamis free Es Teh dan 1 porsi nasi ayam.
Itu hanyalah beberapa contoh diskon unik yang ada dari pikiran MinTiv. Anda pastinya bisa mengkreasikan ide diskon unik tersendiri setelah membaca artikel ini.
6. Strategi diskon menggunakan Cashback dan FreeGift
Berikutnya adalah menggunakan cashback ataupun free gift, atau Beli 1 Gratis 1, Beli 1 gratis 2, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan strategi ini untuk menarik minat belanja yang besar dari calon konsumen.
Apalagi strategi cashback, di mana seseorang bisa mendapatkan hadiah uang tunai atau poin yang dapat ditukarkan layaknya mata uang dalam sistem tertentu dari aktivitas mereka membeli atau menggunakan jasa dari perusahaan.
Bisa MinTiv katakan bahwa cashback adalah variasi diskon yang paling menjanjikan menaikkan penjualan. Tentu saja Anda harus cermat menggunakan trik cashback ini.
7. Menggunakan Strategi Diskon Terbatas Pada Member dan Grup
Selanjutnya adalah dengan memberikan diskon terbatas bagi para member atau orang-orang yang tergabung di dalam grup. Strategi ini sering digunakan oleh Alfarmart ataupun Indomaret, yang karyawannya selalu bertanya
“Ada kartu member, bersedia mendaftar sebagai member dengan keuntungan banyak diskon belanja, bla-bla”.
Ya, apa yang dilakukan oleh mereka adalah pengaplikasian tips diskon yang tepat. Memberikan diskon terbatas juga akan membantu Anda untuk lebih mudah mendapatkan segmen pasar yang tepat. Anda hanya perlu melakukan optimasi pemasaran di segmen tersebut terlebih dahulu, sebelum berpindah segmen pasar yang lain.
8. Melibatkan Unsur FOMO Marketing
Apa itu FOMO Marketing, dan Bagaimana Cara Menggunakannya, telah MinTiv bahas pada artikel sebelumnya. Inti dari FOMO Marketing adalah menciptakan kondisi seolah-olah produk atau jasa Anda tersebut langka, memiliki banyak manfaat.
Kondisi yang dibuat seolah-olah langka tersebut bisa Anda bantu tingkatkan ketakutan akan kehilangan dari calon konsumen dengan adanya diskon.
Inilah 8 tips menggunakan diskon dari MinTiv yang dapat Anda terapkan dalam proses bisnis. Apabila Anda ingin konsultasi masalah bisnis kepada ahlinya, Anda bisa menghubungi Creativism.id di nomor 6281 22222 7920. Jangan lupa untuk kepoin Instagram mereka di @creativism.id
[…] Baca juga: Strategi Diskon untuk Tingkatkan Penjualan […]