Apa itu Content Marketing – Content Marketing adalah salah satu upaya pebisnis untuk dapat memperkenalkan bisnisnya kepada khalayak umum. Atau lebih tepatnya kepada audiens marketnya. Gampangnya Content Marketing adalah strategi jangka panjang yang berguna untuk membangun relasi dengan audiens market bisnis Anda.
Relasi ini sangat diperlukan untuk brand awareness. MinTiv akan menjelaskan apa itu Content Marketing, secara lengkap dan terperinci. So, simak baik-baik materi daging yang satu ini ya;
Apa itu Content Marketing?
Untuk dapat memahami bagaimana cara membuat Content Marketing, maka Anda perlu memahami lebih dalam tentang definisi Content Marketing. Seperti yang MinTiv katakan sebelumnya, Content Marketing adalah strategi jangka panjang yang berguna untuk membangun relasi dengan audiens market bisnis Anda.
Content Marketing adalah nyawa utama penggerak marketing. Bayangkan sebuah marketing tanpa konten?, dari mana dapat mengenal lebih jauh tentang bisnis Anda jika tidak ada content?.
Bahkan reseller pakaian pun juga perlu yang namanya content marketing. Anda pasti pernah melihat banyak reseller yang berjualan produk-produknya di Facebook E-Commerce, IG Shop, TikTok Shop, dan lain-lain.
Semua itu adalah aplikasi dari Content Marketing, baik mereka mengerti akan hal itu atau tidak. Dalam dunia digital marketing, Content Marketing akan jauh lebih kompleks. Setidaknya ada dua pilar utama penggerak Content Marketing.
Baca juga: Apa itu Viral Marketing dan Contohnya
Dua pilar utama tersebut adalah pembuatan konten berkualitas serta distribusi konten.
Kedua hal ini saling berhubungan satu sama lain. Anda tidak bisa hanya mengandalkan pembuatan konten berkualitas untuk hanya disimpan dalam bank konten dan tidak menyebarkannya.
Anda juga tidak bisa sembarangan mendistribusikan konten tanpa memperhatikan kualitas kontennya. Keduanya sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda.
Untuk saat in ada banyak jenis konten yang bisa Anda manfaatkan untuk meraih banyak jangkauan audiens. Anda juga pastinya sadar, banyak ada banyak platform yang dapat digunakan untuk distribusi konten Anda. Sebut saja salah satunya adalah Instagram Marketing.
Manfaat Content Marketing Bagi Kelangsungan Bisnis
Konten adalah penggerak utama daripada marketing, baik itu yang bergerak langsung di bidang maupun yang tidak. Dari sini kita dapat memahami betapa besarnya manfaat Content Marketing bagi bisnis.
Sama seperti pertama kali Anda belajar tentang SEO, maka Anda akan mengetahui istilah bahwa Content is King. Tanpa konten yang berkualitas, dan juga distribusinya kurang, Anda tidak akan mendapatkan website Anda memenuhi standar konten SEO Friendly.
Berikut ini adalah 3 Manfaat daripada Content Marketing untuk kelangsungan bisnis Anda;
1. Membantu Anda untuk Brand Awareness dengan Budget yang Serendah-rendahnya
Berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan Content Marketing?. Jawabannya free alias gratis. Ya, Anda bahkan tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk melakukan Content Marketing. Beda ceritanya jika Anda menggunakan Content Marketing dengan konsep PPC (Pay per Click).
Contohnya seperti Facebook & Instagram Ads. Ada banyak materi yang harus Anda kuasai jika ingin sukses di bisnis PPC, jika tidak, maka siap-siaplah untuk merugi.
Strategi PPC akan sangat ampuh jika memang Anda sudah menguasainya terlebih dahulu, atau bisa juga dengan solusi praktis lain yakni menggunakan jasa iklan digital dari agen terpercaya.
Kembali ke Content Marketing, Anda bisa memanfaatkan banyak aplikasi bersifat gratis untuk membuat konten bisnis Anda. Contohnya saja seperti Canva, CapCut, Inkscape, dan lain-lain.
Penggunaan Content Marketing juga senada dengan kiat sukses pebisnis yakni;
“Meraih untung sebanyak-banyaknya dengan modal sekurang-kurangnya”.
2. Bantu Anda untuk Membangun Relasi dengan Audiens
Apa pentingnya relasi pebisnis dengan audiens marketnya?.
Relasi pebisnis dan audiens yang baik menjadi pertanda bisnis yang dijalankan itu baik. Audiens market yang mendapatkan pelayanan terbaik dari Anda, tidak akan segan-segan untuk memberikan feedback yang positif.
Seperti apa yang didapatkan oleh Agen Digital Profesional Creativism ketika mengelola Content Marketing berbentuk konten Instagram milik klien.
Mereka mendapatkan banyak testimoni positif dari pengelolaan Content Marketing milik klien. Tidak hanya feedback positif yang kemudian bisa dijadikan sebagai testimoni. Relasi pebisnis dan audiens juga memperbesar branding Anda.
Audiens juga akan senang hati membagikan konten Anda kepada audiens lain yang bahkan bukan termasuk target market Anda. Dan bisa jadi dari aktivitas sharing konten ini, audiens market Anda semakin meluas.
3. Konversi Meningkat, Bisnis Semakin Maju
Sesuai dengan namanya, Content Marketing, ada kata marketingnya. Artinya setiap konten yang dikreasikan digunakan untuk menjual. Baik itu sifatnya soft selling ataupun hard selling. Konten yang Anda kreasikan akan membantu meningkatkan penjualan Anda.
Dalam bahasa marketing-nya, bantu Anda untuk meningkatkan konversi. Tentu saja ini adalah hasil dari kualitas konten dan juga distribusi yang tepat. Sehingga engagement yang tercipta bisa membantu bisnis Anda terus up, dan menarik perhatian audiens untuk bekerja sama.
Untuk hal ini, Anda perlu mempelajari lebih dalam lagi tentang apa itu Copywriting. Poin terpenting agar Content Marketing benar-benar bisa menjual. Jangan lupakan juga untuk mencari Call to Action yang menarik.
Cara Menjalankan Content Marketing
Secara teknis, Anda bisa menjalankan Content Marketing ini di segala platform media sosial. Mulai dari website, sosial media, email, ebook, webinar, podcast, infografis, radio, dan lain-lain.
Kunci untuk menjalankannya secara teknis, sudah MinTiv sebutkan berkali-kali. Yakni pembuatan konten berkualitas dan juga distribusi konten.
Ada banyak cara untuk melakukan itu secara teknis. Sayangnya banyak dari pebisnis yang melupakan bagaimana caranya menjalankan Content Marketing secara fundamental.
Hal ini penting dilakukan agar Content Marketing yang Anda jalankan tepat sasaran. Aplikasi editing bagus dan hasil yang wow sekalipun tidak akan menjamin Content Marketing berjalan dengan sukses.
Berikut ini adalah 3 cara untuk menjalankan Content Marketing secara fundamental;
1. Memperhatikan Buyer Persona
Buyer Persona adalah data detail tentang seseorang yang menjadi audiens market kamu. Artinya Anda menggambarkan secara terperinci seperti apa ciri-ciri orang yang menjadi audiens market kamu. Anda bisa mendapatkan data-data ini dengan mudah dengan mendata setiap data pada pelanggan yang datang.
Semisal nama, keinginan, masalah, minat, umur, dan juga detail-detail kecil lainnya. Semakin banyak data yang didapatkan maka akan semakin baik Anda menjalankan Content Marketing yang lebih tertarget.
Baca juga: Apa itu FOMO Marketing dan Contohnya?
Sebagai informasi tambahan, data buyer persona ini juga bisa Anda dapatkan otomatis menggunakan tools yang ada pada PPC di Facebook & Instagram Ads.
2. Memantau KPI (Key Performance Indicators)
Yang kedua adalah memantau KPI (Key Performance Indicators). Anda dapat melihat poin-poin penting dalam kampanye Content Marketing Anda, jika Anda sudah memiliki tujuan yang jelas. Adapun KPI akan mengikuti tujuan besar dari Content Marketing yang dilakukan.
Tujuan Content Marketing sendiri bergantung pada bisnis Anda, namun pada umumnya, tujuan Content Marketing dapat dipahami menjadi 7 tujuan, yakni;
- Meningkatkan traffic website
- Meningkatkan konversi dan prospek penjualan
- Menciptakan nilai suatu brand
- Mendapatkan interaksi dan menaikkan engagement
- Mengurangi Customer Acquisition Cost (CAC)
- Membangun relasi yang baik dengan customer
- Mendapatkan feedback yang positif
Seperti yang MinTiv katakan, KPI akan mengikuti tujuan besar Content Marketing yang dilakukan. Semisal tujuan Anda adalah untuk meningkatkan traffic website, maka Anda perlu tahu dari website Anda diakses. Apakah langsung dari pencarian keyword Google, direct link, redirect link, backlink, atau dari sosial media.
3. Lakukan Riset Konten dan Kata Kunci
Yang terakhir adalah dengan melakukan riset jenis konten dan juga kata kunci yang cocok untuk bisnis Anda. Langkah ini sering diabaikan oleh pebisnis dengan anggapan bahwa konten akan menjadi berkualitas dengan sendirinya, jika distribusinya dilakukan terus menerus.
Padahal Anda perlu melakukan riset yang mendalam tentang jenis konten yang satu niche dengan bisnis Anda. Hal ini penting untuk membangun citra brand Anda pada niche tertentu. Seperti Jasa Sosial Media, maka Anda akan ingat dengan nama Creativism.id
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu Content Marketing, manfaat, dan bagaimana cara membuatnya.
Apabila Anda berminat untuk menjalankan Content Marketing ini dengan agen digital terpercaya, maka Anda bisa menghubungi Creativism. Agen digital profesional yang bisa Anda hubungi melalui nomor 6281 22222 7920
Kepoin juga Instagram mereka di @creativism.id
[…] audiens. Bahkan sebuah studi dari situs Buffer mengatakan bahkan video marketing adalah strategi content marketing paling ampuh saat […]
[…] yang memang harus Anda ketahui. Sebelumnya kita telah belajar tentang apa yang dimaksud dengan content marketing, viral marketing dan juga FOMO […]
[…] Baca juga: Apa itu Content Marketing dan Tips Menjalankannya […]
[…] Tindakan yang dimaksud tersebut seperti melakukan klik, melakukan sharing, menghubungi Anda, dan terakhir melakukan pembelian terhadap penawaran tersebut. Perkembangan copywriting memang selalu menarik disimak, terlebih lagi copywriting bisa diterapkan di seluruh aspek content marketing. […]
[…] Baca Juga: Apa itu Content Marketing dan Contohnya Secara Lengkap? […]
[…] yang pernah mendengar frasa ini?. Frasa ini memang benar adanya terlebih bagi Anda yang menjalankan content marketing menggunakan perantara website. Pilar konten di dalam website sendiri adalah artikel, tapi apakah […]
[…] memang mengetahui bahwa Content Marketing yang dijalankan melalui website memiliki pilar utama yakni konten artikel. Tetapi konten artikel […]
[…] untuk dapat menjalankan content marketing yang dapat mencapai tujuan, Anda perlu sebuah pedoman. Pedoman inilah yang dapat kita artikan […]
[…] pilihan konten yang lebih beragam daripada TikTok. Ya, dengan Instagram Anda dapat mendistribusikan content marketing melalui story, live, feed, fitur IG Shop, dan juga […]
[…] tentang social media marketing, maka kita juga akan berbicara tentang content marketing. Yaps, sosial media adalah bagian dari pillar content marketing terutama untuk distribusi konten. […]
[…] data di atas tentunya menarik Anda untuk segera mengoptimalkan Content Marketing menggunakan konten visual. Sayangnya untuk dapat memaksimalkan konten visual tersebut tidaklah […]
[…] Content marketing. […]
[…] saat ini pebisnis tidak kekurangan pilihan untuk jenis konten yang ingin dijalankan dalam strategi content marketing menggunakan platform media sosial. Pebisnis juga tidak perlu pusing memilih media sosial mana yang […]
[…] yang menjadi inspirasi terbesar dari banyak strategi marketing, terutama yang menyangkut strategi content marketing. Namun perlu diketahui, tidak semua kampanye dari content marketing berarti brand […]