Jenis Tools Digital Marketing – Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan jika ingin menjalankan bisnis pada era digital marketing. Bagian yang paling penting tentu saja adalah riset bisnis terlebih dahulu. Melihat apakah terdapat peluang pada target audiens tertentu.
Setelah proses ini selesai, barulah Anda bisa beralih ke tahap berikutnya yakni proses branding atau marketing. Sesuai dengan bahasan kita yakni digital marketing, maka optimasi pemasaran yang dilakukan tentunya tidak akan lepas dari peralatan ataupun tools-tools digital marketing.
Untuk sekarang, Anda akan dengan mudah menemukan berbagai tools digital marketing untuk berbagai jenis keperluan. Mulai untuk keperluan social media marketing, SEO marketing, content marketing, analytics dan lain-lain. Nah, untuk membantu menambah wawasan Anda terhadap tools digital marketing ini, MinTiv akan menjelaskan jenis-jenis tools digital marketing untuk 7 segmen penting dalam proses marketing.
Dimulai dari;
- Social media marketing.
- SEO marketing.
- Content marketing.
- Analisa Bisnis.
- Email marketing
- Landing page.
- Kolaborasi Tim
Jenis-Jenis Tools Digital Marketing
1. Social Media Marketing
Sumber: Hootsuite.com
Yang pertama yang akan kita bahas adalah tools digital marketing untuk keperluan social media marketing. Ya, untuk bisa menjalankan social media marketing secara maksimal, Anda membutuhkan bantuan dari tools-tools digital yang ada.
Baca Juga: Daftar Tools Terbaik untuk Instagram Marketing
Berikut 2 tools digital yang bisa Anda andalkan untuk keperluan social media marketing;
Hootsuite – Ya, Hootsuite. Dari data yang didapatkan dari Blog mereka, tercatat sudah ada lebih dari 16 juta pebisnis yang menggunakan hootsuite untuk media pemasaran di platform sosial media mereka.
Di Hootsuite, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas social media marketing dalam 1 platform. Dimulai dari menerbitkan konten, post scheduling, membuat akses akun lebih mudah, dan lain-lain. Adapun harga yang harus Anda investasikan untuk dapat menggunakan Hootsuite sekitar $99/bulan atau sekitar Rp.1.500.000,00
Brandwatch – Yang kedua adalah brandwatch.
Brandwatch memungkinkan penggunanya untuk melacak keyword, brand mentions dari audiens Anda dalam skala yang besar. Anda bisa dengan mudah melakukan kajian terhadap audiens Anda yang melakukan kontak dengan brand Anda.
2. SEO Marketing
Sumber: SEMrush.com
Berbicara tentang SEO, maka tools yang digunakan tidak akan jauh-jauh dari tools research keyword. Ya, ada banyak memang referensi tools research keyword yang bisa Anda gunakan. Di sini MinTiv akan merekomendasikan kepada Anda 3 tools research keyword, yang rekomendasi ini dapat dikatakan sebagai yang terbaik untuk urusan riset keyword.
Baca Juga: Daftar Tools Terbaik untuk Riset Keyword
3 tools research keyword tersebut adalah;
SEMrush – Tools research keyword ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Anda bisa mendapatkan data keyword baik itu long tail maupun short tail yang relevan dengan konten website Anda. Di sini Anda dapat melacak seberapa signifikan peningkatan traffic yang website Anda alami. Anda juga dapat melakukan audit website dengan melihat gap website Anda dengan website kompetitor.
Seberapa banyak dari konten website Anda maupun website kompetitor yang mampu menempati urutan pertama Google.
Ahrefs – Sama seperti SEMrush, fitur-fitur yang dimiliki oleh Ahrefs terbilang tidak jauh berbeda dengan SEMrush. Di sini Anda juga bisa melakukan riset keyword, audit website, audit backlink, keyword gap dan lain-lain.
Google Keyword Planner – Berbeda dengan dua rekomendasi sebelumnya, rekomendasi yang satu ini bersifat gratis. Dikembangkan oleh Google, dan di dalamnya Anda dapat melakukan keyword research, mengetahui search volume, competition, dan juga forecast nya. Hanya saja memang untuk masalah visualisasi data, tidak selengkap SEMrush dan juga Ahrefs.
Baca Juga: Cara Menggunakan Google Keyword Planner
3. Content Marketing
Sumber: Canva.com
Berikutnya adalah untuk content marketing. Content marketing ini bisa Anda artikan dijalankan dengan media gambar ataupun video.
Baca Juga: 10 Tips Membuat Content Marketing untuk Tingkatkan Engagement
Canva – Dapat dikatakan sebagai alternatif terbaik dari Adobe Photoshop dan juga Illustrator. Anda bisa membuat konten marketing Anda dengan cepat menggunakan template yang sudah ada. Di dalamnya terdapat banyak template konten untuk Facebook, Youtube, Instagram, dan bahkan website.
Visme – Sama seperti Canva, hanya saja memang untuk saat ini nama Visme masih kalah jauh ketimbang Canva.
Capcut – Aplikasi editing video yang naik daun semenjak adanya fitur ubah wajah menjadi anime ini memang tengah diminati oleh banyak Content Creator. Di dalamnya Anda bisa menemukan berbagai template video siap pakai. Bahkan untuk mengerjakan 1 efek yang biasanya dikerjakan harus dengan 3 atau 4 menu di Adobe Premiere, bisa dilakukan hanya dengan akses 1 menu saja.
4. Analisa Bisnis
Sumber: QlikView.com
Berikutnya untuk segmen analisa bisnis.
Ada banyak tools yang bisa Anda pilih untuk keperluan yang satu ini. Bahkan Anda bisa saja menggunakan SEMrush, dan juga Ahrefs sebelumnya.
Tapi di sini MinTiv akan merekomendasikan 3 tools khusus yang memang diperuntukkan untuk ruang lingkup lebih luas dalam bisnis. 3 tools tersebut adalah;
QlikView – Tools yang memungkinkan penggunanya untuk memvisualisasikan hubungan antara data terkait dan tidak terkait dengan bisnis secara otomatis.
Board – Selanjutnya ada Board. Tools ini memungkinkan penggunanya untuk membuat laporan analisa bisnis lebih interaktif, intuitif dan terstruktur dengan baik. Board mampu menganalisa volume data bisnis dalam skala yang besar.
Splunk – Sama seperti Board, namun Splunk lebih cocok diterapkan pada bisnis skala kecil dan menengah.
5. Email Marketing
Sumber: MailChimp.com
Berikutnya adalah email marketing. Kegiatan pemasaran yang media utamanya memanfaatkan email.
Mailchimp – Layanan SaaS yang memungkinkan penggunanya untuk lakukan otomatisasi email marketing dengan dilengkapi template promosi yang menarik. Mailchimp memudahkan penggunanya untuk membuat email menjadi lebih profesional.
Marketo – Hampir mirip dengan Mailchimp, hanya saja Marketo mengklaim bahwa mereka memiliki pendekatan yang lebih personal. Marketo memudahkan Anda untuk mengelola daftar email tertentu berdasarkan segmentasinya.
6. Landing Page
Sumber: Unbounce.com
Berikut adalah tools digital marketing untuk keperluan landing page. Untuk yang ini Anda bisa mengandalkan banyak tools, tapi di sini MinTiv akan merekomendasikan Anda 3 tools landing page yang keren.
Pesan Sekarang: Jasa Pembuatan Landing Page Profesional
3 tools landing page tersebut adalah;
Linktree – Memungkinkan Anda untuk membuat laman khusus berisikan berbagai link ke berbagai tautan sosial media bisnis yang Anda miliki. Mulai dari website, toko online, YouTube dan lain-lain.
Elementor – Plugin dari WordPress. Anda bisa membuat landing page Anda sendiri menggunakan konsep drag and drop, tanpa harus memahami terlebih dahulu apa itu HTML. Anda bisa memasukkan gambar atau video dengan mudah di tiap section landing page Anda.
Unbounce – Hampir mirip dengan Elementor, hanya saja Unbounce bukan bagian dari Plugin WordPress. Yang paling hebatnya adalah Unbounce memungkinkan penggunanya untuk melakukan A/B testing. Pengujian ini dilengkapi dengan tools analitik yang dimilikinya.
7. Kolaborasi Tim
Sumber: Slack.com
Yang terakhir adalah untuk kolaborasi tim.
Slack – slack adalah aplikasi sosial media layaknya WhatsApp, memungkinkan kita untuk komunikasi satu sama lain, tetapi memilih fitur yang lengkapnya layaknya Discord. Bahkan bisa dibilang tampilannya mirip dengan Discord dengan fitur channel.
Tools inilah yang digunakan oleh tim Creativism dalam berkolaborasi menghasilkan konten-konten berkualitas kepada kliennya.
Airtable – platform kolaborasi dengan basis utamanya cloud. Memungkinkan Anda dan tim untuk mengelola database-spreadsheet hybrid yang saling terhubung dengan informasi bisnis Anda. Airtable memudahkan Anda untuk membuat jadwal pelaksanaan strategi bisnis bersama tim dengan mudah.
Inilah penjelasan lengkap tentang jenis-jenis tools digital marketing untuk berbagai segmen marketing yang ada. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Digital Marketing Terbaik dengan Agency yang Terbaik, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Website Jakarta, Pelayanan Lengkap!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.