Tips Membuat Content Marketing – Content Marketing adalah strategi marketing yang efektif digunakan untuk meningkatkan relasi dengan audiens market bisnis Anda.
Strategi marketing ini terbilang hemat biaya untuk dilakukan, terlebih sekarang Anda bisa menemukan banyak aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk proses pembuatan konten. Sebut saja mulai Inkscape, Photopea, CapCut, Canva dan berbagai aplikasi gratis lainnya.
MinTiv akan membahas lebih lengkap tentang aplikasi-aplikasi gratis ini pada artikel tersendiri. Sayangnya berbagai macam aplikasi baik itu gratis maupun yang pro, tidak menjamin kesuksesan Anda untuk menjalankan Content Marketing. Diperlukan pendekatan yang lebih dari sekedar penggunaan aplikasi.
Anda perlu yang namanya perencanaan yang matang agar pilar content marketing, yang terdiri dari kualitas konten dan distribusi konten dapat memberikan Anda engagement yang lebih. Pada akhirnya juga akan berujung pada konversi atau lead.
Untuk itu, MinTiv akan berbagi 10 tips membuat content marketing yang mampu meningkatkan engagement. Tips yang MinTiv tulis ini juga banyak terinspirasi dari pendiri Don Dodds pendiri M16 Marketing, di dalam artikel yang dituliskan di Forbes.com.
Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai 10 tips tersebut..
1. Pastikan Tujuan dari Content Marketing Anda
Pertama adalah menetapkan tujuan daripada Content Marketing Anda terlebih dahulu. Ada banyak tujuan Content Marketing yang umumnya ingin dicapai oleh pebisnis digital. Rocketcontent.com misalnya yang menjelaskan bahwa secara umum tujuan content marketing tersebut terbagi menjadi 6 goals. 6 goals content marketing itu adalah;
- Branding Awareness
- Menarik pelanggan baru
- Strategi brand loyalty
- Bagian dari penerapan SEO Marketing
- Membantu pelanggan untuk terlibat lebih dalam rencana marketing Anda
- Edukasi pelanggan dan calon pelanggan.
Itu adalah 6 tujuan yang umumnya ingin didapatkan dari penerapan content marketing ini. Secara umum, content marketing bertujuan untuk menjadikan pelanggan sukarela memberikan feedback mereka. Menjelaskan tentang apa yang disukai, yang tidak disukai, apa fitur terbaru yang mereka inginkan, dan elemen apa yang mereka ingin tingkatkan.
Content Marketing bertujuan untuk menjadikan pelanggan secara tidak sadar menjadi “tim riset Anda”.
2. Definisikan Audiens Anda
Pernah dengar istilah strategi Blue Ocean & Red Ocean. Istilah ini muncul untuk menjelaskan peta persaingan sebuah bisnis. Red Ocean adalah lahan bisnis yang sangat luas dan semua bisa masuk di dalamnya. Hanya saja, yang menjadi masalah adalah banyak pebisnis yang “koid” di dalam perebutan lahan tersebut.
Berbeda dengan Blue Ocean yang artinya lahan bisnis terbilang cukup luas dengan pesaing di dalamnya yang tidak terlalu banyak namun menjanjikan lead yang banyak. Sebagai pebisnis, apalagi yang baru memulai usahanya, pastinya akan memilih blue ocean, dan hal inilah yang sebenarnya juga harus diterapkan dalam content marketing.
Lakukan riset yang mendalam tentang buyer persona yang ingin Anda dapatkan. Buyer persona sendiri adalah data detail tentang seseorang yang menjadi audiens atau akan menjadi audiens market kamu.
3. Lakukan Riset Persaingan dengan Kompetitor
Ketiga adalah dengan melakukan riset persaingan dengan kompetitor. Anda bisa melakukan riset ini secara manual, mulai dari melihat tema atau niche kompetitor yang memiliki kemiripan, gaya atau looks desain, serta penulisan copy yang diberikan modifikasi.
Buatlah daftar sekitar 5 brand yang menjadi pesaing bisnis Anda, catat setiap keunikan dan kekurangan yang mereka lakukan di dalam strategi content marketing. Selain dilakukan secara manual, Anda juga bisa melakukan riset kompetisi ini dengan cara praktis menggunakan tools SEO marketing.
4. Lakukan Riset Keyword dan Topik yang Menarik
Selanjutnya adalah dengan melakukan riset keyword. Riset keyword ini sebenarnya adalah bagian dari riset sebelumnya, atau bisa dibilang efek domino dari riset persaingan dengan kompetitor. MinTiv akan memberikan contoh mudahnya untuk content marketing basis konten website.
Semisal niche bisnis Anda adalah penyedia PC rakitan, dan pesaing Anda memiliki niche yang sama. Pesaing Anda memilih untuk melakukan content marketing basis konten website dengan jenis keyword bertipe short tail keyword seperti Jual PC Rakitan, maka Anda bisa menggunakan versi long-tail keyword yang lebih spesifik, semisal Jual PC Rakitan Jogja. Baca jenis-jenis keyword di sini
5. Buat Konten Anda, Perhatikan Kualitas Jangan Hanya Kuantitas
Tips membuat Content Marketing selanjutnya dan yang sudah pasti dilakukan adalah membuat kontennya. Riset yang berkepanjangan tanpa action tentu bukan hal yang baik. Anda harus siap action!!!.
Tetapi, perlu diperhatikan bahwa untuk dapat membuat content marketing Anda benar-benar bisa menarik perhatian audiens, diperlukan ketelitian yang mendalam, terutama terkait kualitas. Anda harus memahami desain atau pola standar yang umumnya digunakan di dalam konten berbentuk visual, semisal memperhatikan persentase penggunaan teks dan juga visual yang sesuai.
Jika itu artikel, maka Anda bisa menulis artikel tersebut dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti, dan juga sesuai dengan kaidah yang ada dari Yoast SEO.
6. Review Lagi Konten Anda
Keenam, adalah melakukan review konten. Jangan terburu-buru untuk langsung upload konten Anda. Pastikan bahwa apa yang telah Anda desain dan tuliskan tersebut minim dan tidak kesalahan yang mendasarkan. Jangan sampai pesan marketing yang ingin Anda sampai justru membuat ambigu audiens.
Hindari typo dan juga peletakkan visual yang tepat. Anda bisa melakukan proses review bersama dengan rekan bisnis Anda.
7. Rencanakan di Waktu yang Tepat
Selanjutnya ada merencanakan kapan konten tersebut akan dipublish. Anda bisa menggunakan banyak tools untuk dapat memudahkan Anda melakukan penjadwalan serta posting konten otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tools-tools itu seperti Meta Business Suite, Hootsuite, Facebook Creator Studio, dan lain-lain.
Anda juga bisa merencanakan sebuah konten dengan memanfaatkan sesuatu yang sedang viral, contohnya dengan menggunakan hashtags #MurahBanget, yang di awal tahun kemarin viral. Banyak pebisnis-pebisnis yang menggunakan hashtags untuk mendeskripsikan produk mereka murah tapi gak murahan, alias berkualitas.
8. Produksi Konten, Simpan di Bank Konten
Kedelapan adalah dengan memproduksi banyak konten berkualitas untuk kemudian di simpan di dalam bank konten. Konten berkualitas ini akan lebih tepat digunakan untuk tema edukasi bisnis Anda. Selain tidak terikat oleh waktu (tidak bergantung momen viral), konten seperti ini bisa digunakan untuk kapanpun.
Jika seandainya ada trend yang lagi viral, maka Anda bisa menunda terlebih dahulu konten yang sudah ada di dalam bank konten.
9. Lakukan Promosi Konten
Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan banyak promosi konten. Anda bisa saja menggunakan strategi giveaway, diskon terbatas dan lain-lain dalam promosi Anda. Apabila Anda memiliki dana berlebih, Anda bisa menggunakan strategi Search Engine Marketing/ PPC, menggunakan Facebook Ads dan Google Ads.
Pastikan juga bahwa promosi konten Anda tepat sasaran sesuai dengan buyer persona yang sudah ditetapkan pada langkah yang kedua.
10. Lakukan Monitoring Hasil, Catat Kekurangan dan Kelebihan yang Ada
Terakhir adalah dengan melakukan pengecekkan hasil content marketing. Anda bisa melakukan pengecekkan hasil content marketing ini secara berkala, mulai dari seminggu sekali atau 1 bulan sekali. Apabila Anda melakukan content marketing ini di dalam platform Instagram ataupun TikTok, maka Anda bisa memanfaatkan fitur akun bisnisnya untuk memudahkan monitoring hasil.
Apabila Anda melakukan content marketing ini pada website, maka bisa mengintegrasikan Google Analytics di dalam website. Semua data yang ada, baik Account Reach, Account Engaged, jumlah Traffic, dan pertumbuhannya, bisa menjadi landasan yang kuat untuk Anda lebih mudah menentukan rencana marketing yang lebih powerfull kedepannya.
Itulah tips membuat content marketing untuk tingkatkan engagement. Jika Anda kesulitan menjalankan tips ini, dan memerlukan partner yang profesional, Anda bisa menghubungi agen digital terbaik bernama Creativsim.id. Anda bisa menghubungi mereka di nomor 6281 22222 7920 . Jangan lupa juga untuk kepoin Instagram mereka di @creativism.id.
[…] hanya itu saja, Instagram menjadi favorit banyak pebisnis untuk melakukan banyak strategi content marketing. Ya, melalui fitur Instagram bisnis dan integrasinya dengan Facebook Ads, Anda bisa dengan mudah […]
[…] banyak alasan mengapa Instagram Marketing, menjadi opsi terbaik untuk pebisnis lancarkan strategi content marketing […]
[…] Baca Juga: 10 Tips Membuat Content Marketing untuk Tingkatkan Engagement […]