Apa itu Google EAT – EAT di dalam kata Goggle EAT, bukanlah salah satu jenis makanan yang diproduksi oleh Google. Kepanjangan daripada E-A-T adalah Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness. Bagian ini adalah bagian paling penting dalam penilaian Google menentukan relevansi website Anda terhadap hasil pencarian keyword tertentu. Saking pentingnya Google EAT, Anda akan menemukan kata ini disebut berulang-ulang di dalam Google Quality Rater’s Guidelines.
Sebuah panduan untuk Anda agar konten website tidak menyalahi aturan optimasi website di Google. Lalu apa sih dimaksud dengan Google E-A-T itu sebenarnya?. MinTiv akan membahasnya lengkap di sini, dimulai dari definisi Google E-A-T, fungsinya, dan beserta pengaruhnya di dalam SEO.
Apa itu Google E-A-T?
Google E-A-T adalah salah satu bagian penting untuk memudahkan Google menetapkan relevansi konten website terhadap hasil pencarian keyword tertentu. E-A-T menjadi salah satu panduan bagi webmaster untuk dapat memahami dengan mudah peraturan Google untuk optimasi website. Satu hal, E-A-T ini sering dibahas dalam Google Quality Rater’s Guidelines.
Adapun kepanjangan dari E-A-T telah kita bahas pada intro artikel, yakni Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness. Berikut masing-masing penjelasan dari 3 poin tersebut.
Expertise
Expertise dapat kita artikan sebagai main content creator. Konteksnya adalah konten yang dibuat oleh seseorang yang ahli di bidangnya memiliki nilai lebih di mata Google. Aspek expertise ini akan dievaluasi pada level konten dan bukan pada keseluruhan website.
Di dalam website sendiri terdapat 2 jenis konten umum, yakni YMYL dan juga non YMYL. YMYL adalah singkatan dari Your Money or Your Life, gampangnya website yang kontennya YMYL adalah website yang melibatkan produk, layanan, dan juga materi pembelajaran lengkap. Sedangkan website yang kontennya adalah non-YMYL adalah website yang berisikan tentang blog atau pengalaman pribadi.
Baca Juga: Google Berubah! Dari E-A-T Menuju E-E-A-T
Untuk topik YMYL, penilaiannya akan berkutat pada keahlian formal, kualifikasi, dan jejak pendidikan serta pengalaman dari webmaster. Semisalnya konten yang berkaitan dengan materi digital marketing, tentu akan bernilai harganya jika webmaster sendiri adalah expertis di bidang itu.
Untuk topik non-YMYL, maka expertise-nya webmaster diukur berdasarkan demontrasi atau penjelasannya di dalam konten website yang relevan. Penilaian seperti ini bisa disebut dengan everyday expertise. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang YMYL dari penjelasan Timothy Carter lengkap di Forbes. Klik link-nya
Authoritativeness
Kedua adalah Authoritativeness, atau main content itu sendiri. Masih berkaitan dengan sebelumnya, bagian ini bisa membantu proses optimasi website, apabila konten website Anda banyak dijadikan sebagai referensi.
Untuk menilai authority yang baik dari suatu website, rater’s akan menjelajahi reputasi situs tersebut pada website lain, atau juga bisa melalui review dan juga rekomendasi dari sumber kredibel lainnya.
Trustworthiness
Ketiga adalah Trustworthiness, bagian ini menyangkut kepercayaan atau transparansi dari website Anda sendiri. Penilaian ini berkaitan dengan erat informasi krusial yang mudah didapatkan oleh pengunjung di dalam website Anda.
Semisal website Anda adalah website yang menawarkan jasa konveksi baju, maka nilai website di bagian Trustworthiness akan bertambah jika Anda memberikan keterangan tentang informasi kontak, dan juga disclaimer.
Pengutipan dan juga penyematan external link ikut menjadi hal penting dalam penilaian Trustworthiness.
Apa Fungsi Google E-A-T?
Secar garis besar, E-A-T, berfungsi memberikan good experience yang baik kepada pengguna Google. Artinya ketika mencari suatu informasi berdasarkan keyword tertentu, maka pengguna hanya akan disuguhkan oleh informasi yang relevan dan juga berkualitas dari mereka yang sudah ahli.
Hal ini juga disampaikan langsung oleh Google di dalam laman resminya, yang mengatakan;
Di Google, kami selalu berupaya menghadirkan pengalaman Penelusuran yang lebih baik.
Kami terus bereksperimen dengan ide untuk menyempurnakan hasil yang Anda lihat. Salah satu cara kami mengevaluasi eksperimen tersebut adalah dengan meminta masukan dari Penilai Kualitas Penelusuran pihak ketiga. Penilai Kualitas tersebar di seluruh dunia dan sudah sangat terlatih menggunakan panduan lengkap kami. Masukan mereka membantu kami memahami perubahan mana yang dapat membuat Penelusuran jadi lebih bermanfaat.
Pengaruh Google E-A-T untuk SEO?
Apakah Google menjadikan E-A-T sebagai faktor yang mempengaruhi ranking SEO?.
Dalam sosial media Twitter, Danny Sullivan, seseorang yang memperkenalkan istilah search engine marketing mengatakan bahwa E-A-T bukan merupakan faktor satu-satunya yang mempengaruhi SEO.
Sesuatu dapat menjadi faktor penting ranking SEO apabila memiliki nilai kuantitatif yang dapat dimengerti dan dievaluasi oleh komputer. Salah satu contohnya adalah jumlah backlink yang dimiliki oleh sebuah website. E-A-T tidak demikian karena penilaiannya melibatkan konsep manusiawi.
Ini artinya bahwa E-A-T bukan faktor satu-satunya mempengaruhi rangking SEO, terlebih untuk topik konten website yang berjenis Non-YMYL. Tetapi untuk konten website yang berjenis YMYL, maka E-A-T akan memiliki pengaruh di dalamnya.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu Google EAT, manfaat atau fungsinya, dan pengaruhnya di dalam penilaian SEO Website. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk dapat mengembangkan website yang bisa memenuhi standar E-A-T, Anda bisa memesan jasa SEO Profesional dari Creativism.id.Hubungi nomor 6281 22222 7920, dan dapatkan informasi menarik lainnya tentang digital marketing di Instagram mereka di @creativsim.id
[…] Baca juga: Apa itu Google E-A-T dan Fungsinya untuk SEO […]
[…] Baca Juga: Apa itu Google E-A-T dan Pengaruhnya untuk SEO? […]
[…] Baca Juga: Apa itu Google E-A-T dan Pengaruhnya untuk SEO? […]
[…] Baca Juga: Apa itu Google E-A-T dan Manfaatnya untuk SEO […]
[…] E-E-A-T sendiri adalah algoritma terbaru Google yang punya kepanjangan Experience, Expertise, Authoritativeness, Trust. Definisi dari Google E-E-A-T ini sama dengan definisi yang dimiliki oleh Google E-A-T. […]