Berapa Biaya Iklan di Facebook – Salah satu cara untuk dapat memperkenalkan bisnis kepada audiens market adalah dengan strategi PPC (Pay per Click). Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk strategi ini, dan salah satunya yang sedang naik daun adalah Facebook Ads atau iklan di Facebook. Sesuai dengan namanya yakni Pay per Click, artinya setiap klik yang menghasilkan atau menuju tujuan website Anda harus dibayarkan.
Pesan Juga: Jasa Facebook Ads ROI Maksimal
Lalu berapa biaya iklan di Facebook?.
Berikut ini adalah jawaban lengkap mengenai berapa biaya iklan di Facebook yang harus Anda ketahui. Pertanyaan ini akan terjawab apabila Anda mengetahui beberapa hal penting tentang Facebook Ads itu sendiri. Seperti faktor-faktor yang mempengaruhi performa iklan Facebook dan juga jenis-jenis iklan di Facebook.
MinTiv akan menjelaskannya kepada Anda secara lengkap, dimulai dari faktor-faktor yang mempengaruhi performa iklan Facebook.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Performa Iklan Facebook
Sumber: Freepik.com
1. CPM (Cost per Mile)
CPM atau biaya per seribu tayang adalah matriks penting yang harus diperhatikan oleh Facebook Advertiser. Artinya ada nilai minimal jumlah tayangan yang harus Anda penuhi agar iklan Anda tidak memiliki harga konversi yang melambung tinggi. Nilai minimal tersebut adalah 1000x tayang.
Apa jadinya bila nilai CPM pada iklan Facebook Anda kurang dari 1000x tayang?.
Facebook akan kesulitan mencari audiens yang tepat dikarenakan materi iklan Anda yang kurang menarik. Kesulitan Facebook juga akan berdampak kepada nilai konversi yang diberikan, jika iklan Anda mendapatkan sebuah klik. Biasanya nilai konversi yang diberikan pada kampanye yang CPM-nya lebih rendah dari 1000x tayang akan lebih mahal. Bisa saja satu 1x klik iklan berharga Rp.10.000.
Apa yang harus diperhatikan agar iklan Anda mencapai angka CPM minimal 1000x kali tayang?.
Pastikan bahwa materi iklan Anda menarik, dan mengundang orang-orang yang ada di sosial media Facebook ataupun Instagram untuk dapat berinteraksi. Anda bisa menggunakan model iklan berbasis video, serta melakukan sedikit modifikasi pada audience, agar target yang dipilih “tetap luas namun tertarget”.
Pahami dengan baik demografi audiens market Anda, dimulai usia, jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, kebiasaan atau kesukaan serta timing iklan yang tepat.
2. Custom Audience
Mungkin Anda berpikir bisa memenangkan persaingan iklan dengan audiens yang luas dikarenakan modal yang berlimpah.
Kenyataannya, pikiran seperti ini sering membawa Anda menuju boncos. Jangkauan audiens yang luas memang salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari Facebook Ads tetapi, Anda perlu tahu bahwa untuk dapat bersaing di dalam kolam yang besar, Anda perlu kualitas dan kuantitas.
Perlu strategi yang matang dan riset yang tidak sebentar. Daripada menghabiskan waktu untuk bersaing di kolam yang besar atau red ocean, lebih baik fokus untuk bersaing di blue ocean. Anda bisa menerapkan strategi ini dengan menggunakan fitur custom audience.
Meskipun audiensnya yang didapat tidak sebesar iklan Facebook tanpa custom audience, tetapi potensi engagement, dan konversi yang didapatkan akan jauh lebih besar.
3. CTR (Click Through rate)
CTR adalah ukuran rasio antara jumlah klik yang dibagi dengan jumlah impresi. Matriks ini menjadi matriks yang paling sering ditanyakan oleh klien kepada MinTiv. Dan kenyataannya memang semakin tinggi CTR yang dihasilkan maka iklan yang dijalankan dapat dikatakan efektif.
CTR tinggi, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk CPC (Cost per Click) . Cara menghitungnya cukup mudah, yakni apabila jumlah klik menuju landing page Anda mencapai 20, dan impresi Anda adalah 1000, maka CTR Anda adalah 2% dari hasil 20/1000.
4. Tayang Halaman & Klik Outbound
Terakhir ada tayang halaman dan klik outbound. Klik outbound adalah jumlah klik yang membawa pengunjung keluar dari Facebook. Sedangkan tayang halaman atau Landing Page View, akan jumlah pengunjung yang mendarat sempurna di landing page Anda.
Baca Juga: Kunci Sukses Facebook Ads yang Sering Dirahasiakan!
Semakin besar nilai outbound bukan menjadi pertanda bagus atau tidaknya iklan Anda. Karena faktanya outbound pasti lebih besar ketimbang nilai Landing Page View. Pastikan bahwa hasil dari Landing Page View/klik outbound mencapai nilai 50%.
Semisal klik outbound Anda adalah 12, maka nilai Landing Page View yang didapatkan maksimal adalah 6 atau 4. 12/6 = 50%.
Sebenarnya masih banyak matriks-matriks penting yang harus diperhatikan untuk meningkatkan performa iklan. Tetapi 4 bagian di atas inilah yang memiliki pengaruh kuat terhadap biaya atau jawaban tentang berapa biaya iklan di Facebook. Semakin maksimal performa iklan Anda di 4 bagian ini, maka harga yang harus dibayarkan relatif lebih murah.
Jenis-jenis Iklan di Facebook
Sumber: Freepik.com
Bagian kedua yang harus mengetahui jenis-jenis iklan di Facebook. Perkembangan Facebook yang sekarang memungkinkan Anda untuk dapat menjalankan banyak model iklan di Facebook. Setidaknya sampai sekarang, ada 10 jenis iklan di Facebook.
Di sini MinTiv hanya akan menjelaskan tentang 5 jenis iklan saja, untuk 5 yang lain akan MinTiv bahas lengkap pada artikel mendatang berjudul 10 Jenis Iklan di Facebook yang Harus Digital Marketer Ketahui.
1. Facebook Feed Ads
Yang pertama adalah Facebook Feed Ads. Tampilan iklan ini akan muncul di timeline beranda Facebook. Jenis iklan ini dapat berupa gambar ataupun video.
2. Facebook Stories Ads
Kedua ada Facebook Stories Ads. Fitur ini terbilang baru di Facebook Ads dan memungkinkan Anda untuk menayangkan iklan di bagian stories.
3. Carousel Ads
Ketiga, adalah Carousel Ads. Sama seperti jenis iklan yang pertama, bedanya, kamu bisa memasang lebih post gambar dalam satu iklan. Anda juga bisa menggunakan satu iklan tersebut dengan postingan “campur”, menggunakan postingan gambar ataupun video.
4. Right Column Ads
Keempat adalah right column ads, jenis iklan Facebook yang hanya akan muncul pada Facebook website. Iklan ini akan muncul pada bagian kolom kanan Facebook website.
5. Instant Article Ads
Yang terakhir adalah Instant Article Ads. Jenis iklan ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan traffic pengunjung yang lebih banyak pada artikel hard-selling atau soft selling Anda.
Mengetahui jenis-jenis ini sangatlah penting. Anda harus dapat memilih jenis model iklan yang tepat untuk strategi marketing, karena setiap jenis iklan yang ada pastinya akan menghasilkan konversi yang berbeda. Lagi-lagi, masalahnya adalah bagaimana Anda menghadirkan materi iklan yang menarik.
Jadi, Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Iklan di Facebook?
Berapa biaya yang diperlukan untuk iklan di Facebook?, sebenarnya tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Setiap iklan pastinya memiliki hasil yang berbeda-beda. Tetapi, apabila Anda memaksimalkan matriks-matriks penting di atas, maka biaya yang diperlukan untuk iklan di Facebook relatif lebih murah.
Itulah penjelasan lengkap mengenai jawaban pertanyaan ini. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan insight yang lebih jauh atau bahkan mencari agen digital yang tepat untuk jasa Facebook Ads, maka Anda bisa menghubungi nomor Creativism.id di 6281 22222 7920. Jangan lupa kepoin juga Instagram-nya di @creativism.id
[…] Baca juga: Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Iklan di Facebook? […]