Apa itu Algoritma RankBrain – Menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebagai pebisnis. Terpenting adalah memilih jenis marketing channel yang tepat dengan niche bisnis. Jika niche bisnis Anda menggunakan website sebagai platform utama, maka pilihan untuk menjalankan SEO marketing tentu akan cocok.
Sayangnya, untuk benar-benar bisa menjalankan SEO marketing dengan baik juga bukan perkara yang mudah. Anda diharuskan untuk memahami keempat metode penting di dalam SEO, mulai dari;
Selain memahami keempat metode di atas, Anda juga harus memahami perkembangan algoritma terbaru dari Google. Nah, untuk menambah wawasan Anda akan hal ini, MinTiv berinisiatif akan menjelaskan tentang salah satu algoritma terbaru Google, yakni RankBrain.
Baca Juga: 19 Algoritma Google Terbaru
Apa itu algoritma rankbrain?, jawaban dari pertanyaan Anda ini akan segera terjawab.
Apa itu Algoritma RankBrain?
RankBrain adalah salah satu dari algoritma yang digunakan oleh Google untuk mencari hasil pencarian yang paling relevan dengan search intent keyword pengguna.
Apa yang MinTiv terangkan ini sebenarnya adalah hasil pemahaman MinTiv terhadap definisi RankBrain dari Gary Illyes. Gary Ilyess sendiri adalah seorang analyst di Google. Ia mengatakan bahwa RankBrain adalah;
“RankBrain adalah sebuah komponen machine learning terkait ranking yang menggunakan data historis pencarian untuk memprediksi apa yang akan user klik untuk query yang sebelumnya tidak pernah dicari”.
Algoritma ini bekerja dengan memanfaatkan teknologi machine learning. Adanya machine learning inilah yang kemudian memudahkan Google mencari informasi website yang memiliki isi konten relevan dengan search intent keyword tertentu.
Baca Juga: Apa itu Search Intent? Pelajari Jenis-Jenis Search Intent di Sini!
Selain memahami search intent keyword tertentu, RankBrain juga bekerja dengan memahami faktor penting lainnya seperti lokasi user, settingan browser, kesamaan makna. Contohnya bisa Anda lihat pada hasil pencarian di bawah ini;
Sumber: Google.com
Di mana keyword dengan situs belajar copywriting akan menghasilkan hasil pencarian dengan konten website yang relevan. Di mana kata situs juga dipahami oleh Google sebagai kata ganti dari website.
Cara Kerja Algoritma RankBrain
Secara umum, algoritma RankBrain bekerja dengan membedakan 2 peran utama. 2 peran utama tersebut adalah;
- Memahami search intent keyword tertentu.
- Bekerja dengan menganalisis tingkat kepuasaan pengguna.
Untuk peran kedua sendiri, Google menggunakan banyak faktor penilaian. Dimulai dari;
- Bounce rate. Semakin tinggi bounce rate yang didapatkan suatu website maka semakin kecil website tersebut dapat perform sebagai hasil pencarian di halaman pertama Google dari keyword tertentu.
- Dwell time. Dwell time sendiri adalah waktu yang dihabiskan pengguna selama berada di website Anda. Semakin lama, semakin bagus.
- Pogo-sticking. Hampir mirip dengan pengertian bounce rate, hanya saja pogo-sticking memiliki waktu kunjung yang lebih cepat dan dia (pengunjung) kembali ke laman Google dengan kata kunci yang baru.
- CTR (Click Through Rate). Jumlah klik yang menuju website Anda. Semakin tinggi, maka semakin baik.
Metode Kerja RankBrain
Selain bekerja dengan menggunakan 2 peran tersebut, kita juga dapat memahami bahwa RankBrain juga memiliki metode kerja melibatkan 5 langkah penting. 5 langkah penting itu adalah;
- Menggunakan machine learning. Machine learning digunakan untuk mempelajari perilaku pengguna termasuk pola pencarian mereka.
- Menerjemahkan pertanyaan pengguna. RankBrain akan menerjemahkan pertanyaan pengguna ke dalam konsep yang lebih abstrak dan kemudian menemukan konten yang relevan.
- Menilai serta memperhitungkan konteks. Seperti yang sudah MinTiv katakan sebelumnya, RankBrain bekerja dengan memperhatikan beberapa faktor penting layaknya lokasi, settingan browser dan bahkan perangkat yang digunakan.
- Penilaian terhadap kualitas konten. Penilaian ini melibatkan banyak faktor penting, mulai dari bounce rate, dwell time, CTR, Pogo-sticking dan lain-lain.
- Pembaruan hasil pencarian. RankBrain dapat memperbarui hasil pencarian berdasarkan tren terbaru. Contohnya bisa Anda lihat pada hasil pencarian dengan keyword Strategi Terbaik SEO 2023 di bawah ini;
Sumber: Google.com
Pengaruh RankBrain Pada Ranking SEO
Di tahun 2016, Andrey Lipattsev, Google Search Quality Senior di Google, menyampaikan bahwa RankBrain adalah satu dari 3 sinyal ranking paling penting. 2 sinyal ranking lainnya adalah konten dan juga link.
RankBrain tidak dapat dioptimasi, namun terpaut kuat dengan 2 sinyal ranking lainnya, yakni konten dan juga link. Jadi jika ingin “mengoptimasi RankBrain”, lakukan optimasi terlebih dahulu pada konten Anda. Buatlah konten yang kaya akan informasi dan mudah dipahami oleh user (manusia).
Persis seperti apa yang diungkapkan oleh Gary Illyes.
Optimasi konten Anda untuk user dan barulah untuk RankBrain. Hal ini tidak pernah berubah (dahulukan user, baru mesin).
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu algoritma RankBrain. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa SEO Terbaik yang up to date dengan perkembangan algoritma Google, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.