Apa itu SEO Internasional – Salah satu dari 4 metode SEO yang terkenal adalah Local SEO. Local SEO sendiri adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Salah satu penerapan daripada teknik ini adalah dengan menggunakan keyword spesifik sesuai dengan lokasi bisnis.
Semisal Anda adalah pebisnis jual beli laptop bekas di Jogja, tepatnya di Sleman. Anda bisa menggunakan keyword Jual Beli Laptop Bekas Sleman. Teknik Local SEO ini sendiri ampuh digunakan untuk meningkatkan konversi bisnis. Terutama konversi yang didapatkan dari target audience terdekat dari lokasi bisnis.
Baca Juga: Panduan Lengkap Local SEO untuk Pemula
Lalu, apakah strategi ini dapat diandalkan untuk pasar yang lebih luas?. Jawabannya, tentu saja tidak. Jika Anda ingin mengembangkan website untuk pasar yang lebih luas atau global, maka Anda perlu menjalankan strategi SEO internasional.
Apa itu SEO internasional?. MinTiv akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu SEO Internasional
SEO internasional atau biasa juga disebut sebagai SEO global adalah lawan dari Local SEO. Teknik ini digunakan untuk dapat meningkatkan visibilitas website pada jangkauan pasar yang lebih luas, termasuk di luar negara. SEO internasional dijalankan dengan melakukan penargetan geografis secara global.
Karena tujuan daripada teknik ini adalah untuk pasar global, maka wajib hukumnya bagi Anda dapat menyesuaikan bahasa yang digunakan untuk konten. Untuk bisa menjalankan SEO internasional ini, jelas bukanlah perkara yang mudah. Tapi tenang, di sini MinTiv akan menjelaskan tentang 7 tips lengkap cara melakukan SEO internasional dengan mudah. Dimulai dari;
Cara Melakukan SEO Internasional
1. Riset Pasar Terlebih Dahulu
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Anda harus dapat menentukan negara manakah yang paling potensial untuk mendongkrak traffic website Anda. Pertimbangkan banyaknya jumlah kunjungan dari negara tertentu sebelum memilih.
Setelah itu, berikan target atau metrik minimal yang harus Anda dapatkan selama masa kampanye SEO internasional berlangsung. Anda bisa memilih untuk langsung mendapatkan target metrik konversi yang maksimal. Tetapi, biasanya website yang memiliki metrik konversi maksimal, adalah website yang sudah memiliki traffic berlimpah.
2. Riset Kata Kunci
Cara yang kedua untuk bisa menjalankan SEO internasional, adalah dengan menjalankan riset kata kunci. Ya, mirip dengan cara kita pada umumnya ketika menjalankan SEO. Anda harus dapat memilih kata kunci yang relevan dengan website bisnis. Pahami dengan baik search intent dari kata kunci yang akan ditargetkan.
Sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan kata kunci jenis short-tail. MinTiv lebih menyarankan kepada Anda untuk gunakan kata kunci jenis long-tail. Lebih spesifik lagi, low-hanging fruit keyword.
3. Kuasai Bahasa Negara yang Menjadi Target Anda
Cara yang ketiga, adalah dengan menguasai bahasa negara yang menjadi target Anda. Untuk cara yang ketiga ini, jelas tidak akan mudah, dan butuh waktu pembelajaran yang tidak sebentar.
MinTiv sendiri menyarankan kepada Anda untuk menguasai bahasa Inggris, bahasa internasional yang banyak digunakan oleh berbagai negara. Gunakan bahasa ini dengan tata cara yang menarik dan tidak terlalu kaku. Anda bisa mengandalkan tools seperti Grammarly, Google Translate dan sejenisnya.
4. Menggunakan Sub-Direktori, Sub-Domain ataupun Country Code TLD
Cara menjalankan SEO internasional berikutnya adalah dengan melakukan modifikasi domain. Anda bisa menjalankan 3 teknik untuk proses modifikasi domain demi SEO internasional ini. 3 teknik tersebut adalah dengan menggunakan;
- Sub-direktori setelah domain utama. Domain utama sendiri dapat kita sebut sebagai gTLD (generic Top Level Domain), dan contohnya adalah .com, .org, .info, .tech, .online, dll. Biasanya, teknik ini digunakan untuk mengarahkan pengunjung dari negara lain ke sub-direktori (sesuai dengan negara pengunjung yang mengakses) daripada ke halaman utama. Contohnya seperti ini mintiv.com/eng.
- Sub-domain sebelum domain utama. Hampir mirip dengan teknik yang pertama, hanya berbeda di tata letak susunan URLnya. Contohnya seperti ini; en.mintiv.com
- Menggunakan CCTLD. Ya, Anda bisa menggunakan domain CCTLD. Teknik ini sendiri biasanya dijalankan berbarengan dengan teknik micro niche site. Meskipun terbilang ampuh untuk perform, nyatanya teknik ini memiliki kelemahan yang cukup besar, terutama soal proses optimasinya yang cenderung ribet. Ini seperti Anda yang mengurus lebih dari 20 anak kucing di rumah.
5. Menjalankan Teknik Link Building
Cara menjalankan SEO internasional yang terakhir adalah dengan menerapkan teknik link building. Ada banyak cabang teknik dari link building yang bisa kita jalankan. Salah satunya adalah dengan menjadi guest blogger di website-website UGC (User Generated Content). Sebisa mungkin untuk mencari website UGC yang memperbolehkan pengunjungnya menanamkan backlink secara gratis.
Adapun rekomendasi dari MinTiv saat ini adalah Medium.com. Ya, setidaknya dengan Anda menjadi guest blogger, Anda sudah menerapkan juga teknik link building lainnya yakni brand mention.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu SEO internasional. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dengan pelayanan lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Rekomendasi Platform Terbaik untuk Blog Marketing
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu SEO internasional? dan Bagaimana Cara Menjalankannya? […]